[What's On] Pompa Adrenalin dengan Flying Fox Super Panjang di Gunungkidul

 
 
 

Mencari tempat wisata baru di sekitar Jogja yang memompa adrenalin? Datang saja ke Gunungkidul. Selain tempat panjat tebing, surfing, dan paralayang di pantai-pantai selatan serta tempat caving di gua-gua eksotis dengan arus sungai bawah tanahnya yang menantang, kabupaten di tenggara Kota Jogja ini punya destinasi baru yang sedang hits, yaitu flying fox di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari.

Wahana flying fox ini sudah ditunggu-tunggu para wisatawan sejak akhir tahun lalu, dan baru resmi dibuka 22 April lalu setelah melalui uji coba dan soft opening. Ratusan pengunjung rela mengantre setiap harinya hanya untuk menikmati sensasi "terbang" di ketinggian sekaligus menikmati panorama perbukitan hijau dari atas. Benar-benar pecandu adrenaline!

FLYING-FOX-GEDANGSARI._FOTO_VIA_yogyakarta.panduanwisata.com

FLYING-FOX-GEDANGSARI._FOTO_VIA_yogyakarta.panduanwisata.com

Permainan meluncur dengan bergantung pada sling ini memiliki lintasan terpanjang kedua di Asia Tenggara, dengan lintasan 625 meter dan kecepatan luncur 80 kilometer per jam – terpaut 125 meter dari Tretes Treetop di Pasuruan yang merupakan flying fox terpanjang. Bernyali untuk mencoba?

Syaratnya cukup mudah. Jika Anda memiliki berat badan 40-100 kg, tidak punya riwayat penyakit jantung, dan membayar tarif meluncur Rp100.000 – sudah termasuk asuransi – Anda sudah bisa meluncur di udara dan berteriak sekencangnya atau sambil selfie. Tak perlu khawatir, pengelola wahana ini menggunakan fasilitas dan peralatan dengan standar keamanan nomor satu di dunia agar terhindar dari risiko kecelakaan.

GEDANGSARI._FOTO_VIA_tigakali.com

GEDANGSARI._FOTO_VIA_tigakali.com

Flying fox ini mengadopsi teknologi Prancis, dengan menggunakan sling
dan tali pengaman dari Inggris yang sudah teruji kualitasnya keamanannya,” ujar Cahyo Alkantana, salah satu anggota tim perancang wahana, yang juga pengelola wisata susur gua (caving) Goa Jomblang di Gunungkidul.

Baca juga: Menelusuri Cahaya Surga di Goa Jomblang

Lintasan flying fox ini juga menggunakan sling ganda sejajar untuk menahan beban peluncur, sehingga lebih aman dibanding sling tunggal. Selain membagi berat badan, lintasan ganda itu juga berfungsi sebagai pengaman. Jika salah satu sling putus, peluncur masih bisa bergantung di sling lainnya.

SUNSET-DI-GREEN-VILLAGE-GEDANGSARI._FOTO_VIA_pengendolan.com

SUNSET-DI-GREEN-VILLAGE-GEDANGSARI._FOTO_VIA_pengendolan.com

Wahana juga dilengkapi penangkal petir di beberapa titik untuk mengantisipasi cuaca yang kurang bersahabat, mengingat flying fox ini berada di puncak Green Village Gedangsari yang berada di ketinggian sekitar 500 mdpl, area terbuka yang tak luput dari risiko sambaran petir.

Green Village Gedangsari merupakan zona ekowisata dengan hamparan perbukitan hijau dan pedesaan. Sebelum ada flying fox, destinasi ini lebih dulu dikenal sebagai tempat wisata gratis tanpa tiket masuk. Wisatawan hanya dikenai tiket parkir kendaraan.

PUNCAK_GREEN_VILLAGE_GEDANGSARI._FOTO_VIA_INSTAGRAM__WONDERFULJOGJA

PUNCAK_GREEN_VILLAGE_GEDANGSARI._FOTO_VIA_INSTAGRAM__WONDERFULJOGJA

Semakin sore, hingga menjelang hari gelap, puncak Green Village semakin ramai, karena tempat ini merupakan salah satu favorit wisatawan yang gemar berburu sunset. Panorama senja di sini sangat indah dan romantis!

Dari puncak, bentang alam sebagian Jogja, Klaten, Solo, dan Sukoharjo tampak gemerlap dari jauh di malam hari. Gazebo dan gardu pandang di puncak semakin memanjakan wisatawan yang mencari spotfoto yang keren. Namun, untuk menuju puncak, pengunjung harus berjalan kaki menapaki tangga berpagar sembari ditemani semilir angin dan pemandangan perbukitan hijau.

GREEN-VILLAGE-GEDANGSARI._FOTO_VIA_gedangsari.com

GREEN-VILLAGE-GEDANGSARI._FOTO_VIA_gedangsari.com

Dari Jogja, Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam, bisa melalui jalan Jogja-Wonosari atau jalur Jogja-Solo. Ikuti rambu menuju Gedangsari, dan lokasi Green Village mudah ditemukan. Namun, Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau rental, karena jalan menuju pedesaan tidak dilewati bus besar. Anda juga bisa memilih agen wisata yang memasukkan Green Village Gedangsari sebagai destinasi.

Nah, jika Anda ingin ingin pelesir ke tempat-tempat yang keren di Gunungkidul, pastikan Anda juga mendapat akomodasi yang keren selama di Jogja. Anda bisa memesan kamar di GAIA Cosmo Hotel melalui website www.gaiacosmo.com atau berbagai channel online. Mudah kan?

SUNSET_DI_GREEN_VILLAGE_GEDANGSARI._FOTO_VIA_jarwadi.me

SUNSET_DI_GREEN_VILLAGE_GEDANGSARI._FOTO_VIA_jarwadi.me

Dengan desain hotel bergaya urban-industrial, Anda akan mendapatkan pengalaman menginap yang menyenangkan dan membuat betah seperti di rumah sendiri. GAIA Cosmo dilengkapi kolam renang yang berdesain cantik, yang bisa digunakan untuk menjaga kebugaran di sela aktivitas liburan Anda. Yuk, berlibur!

 
 

RELATED ARTICLES