[What's On] JULY: Agenda Event Seru Bulan Ini

 
 
 

July is coming! Jogja kembali bergeliat dengan sejumlah aktivitas wisata menarik di pertengahan tahun setelah jeda Ramadan dan Lebaran. Simak beberapa event pilihan yang bisa Anda saksikan dan ikuti di Kota Gudeg hingga akhir bulan ini.

PASAR_KANGEN_JOGJA

PASAR_KANGEN_JOGJA

Pasar Kangen

Mengunjungi event tahunan ini wajib bagi Anda yang pernah tinggal di Jogja dan punya kenangan tentang kota ini, dari jajanan tradisionalnya, mainan masa kecil, hingga pernak-pernik antik yang sekarang susah ditemukan. Pasar Kangen Jogja ini mengajak Anda kembali ke masa lalu, lewat kuliner tempo dulu, seperti tiwul, sate kere, sawut telo, ketan srundeng, klepon, dan puthu.

Bagi yang tak punya memori di Jogja, Anda tetap bisa mengunjungi event
yang digelar sepekan ini untuk sekadar icip-icip makanan, atau berburu barang-barang vintage seperti kaset lawas, buku lawas, dan wayang kardus. Semua yang jadul-jadul dijamin ada di sini!

Venue: Taman Budaya Yogyakarta, 22-29 Juli, buka pk. 10.00-22.00.

HTM: Gratis

JOGJA_BEACH_RUN

JOGJA_BEACH_RUN

Jogja Beach Run

Penyuka wisata olahraga sebaiknya tak melewatkan event sport tourism ini. Jogja Beach Run merupakan tipe off-road run yang memanfaatkan area berpasir di pantai selatan sebagai track lari menggantikan lintasan konvensional.

Lomba ini bisa diikuti oleh keluarga maupun pelari profesional. Anda bisa memilih nomor lomba, 2,5K (family run), 5K (fun run), 10K (open run). Rute terpanjang lomba adalah Pantai Parangtritis, Pantai Cemara Sewu, Pantai Depok, Gumuk Pasir, dan Pantai Pelangi. Olahraga sembari menikmati suasana pantai di pagi hari, pasti seru kan?

Venue: Pantai Parangtritis, Minggu, 30 Juli, pk.06.00.

Registration fee: Rp150.000-Rp250.000, info www.jogjabeachrun.com.

Baca juga: Mandiri Jogja Marathon 2017, Berlari dan Menikmati Keindahan Prambanan

MUD_WARRIOR_INDONESIA

MUD_WARRIOR_INDONESIA

Mud Warrior Obstacle Course Racing

Event ini juga masih seputar lomba di alam terbuka yang sedang digandrungi banyak orang. Mud Warrior Obstacle Course Racing lebih menantang karena memadukan konsep balapan lari, halang-rintang, dan social sport. Peserta akan menjelajah Hutan Bunder dengan panorama Sungai Oyo, melewati medan berlumpur, dan menaklukkan berbagai rintangan, seperti perosotan, kolam air, ayunan, dan sebagainya.

Lomba dibagi dalam katagori Elite Runner 10K dan Competitive Runner 10K untuk perorangan, Community/Corporate Team Challenge 5K untuk tim (6 orang), dan Warrior Runner 5K untuk perorangan dan tim. Jika Anda menyukai aktivitas outdoor yang super seru dan berani kotor-kotoran, yuk segera daftar!

Venue: Taman Hutan Raya Bunder, Gunungkidul, Minggu, 23 Juli, pk.07.00-15.00.

Registration fee: Rp299.000-699.000, info http://sportshangout.id

STAND_UP_GUNUNG_2017

STAND_UP_GUNUNG_2017

Stand Up Gunung

Nah, event unik yang satu ini sangat pas bagi para penggemar Stand Up Comedy. Anda tak akan menyaksikannya di studio atau teater pertunjukan, melainkan di lereng gunung.

Anggap saja Anda seperti menyaksikan pertunjukan api unggun saat berkemah! Bedanya, pengunjung disuguhi lawakan para komika, seperti Abdur Arsyad, Ernest Prakasa, Ge Pamungkas, Mosidik, Mukti Entut, dan Mc Danny, yang akan tampil di atas panggung di alam terbuka.

Panitia akan menyediakan fasilitas tenda dan makan tiga kali yang sudah dimasukkan dalam harga tiket pertunjukan – pengunjung hanya perlu membawa matras alas tidur. Sedangkan untuk fasilitas transport pulang-pergi Jogja-Merapi dikenai biaya tambahan Rp 50.000-70.000.

Venue: Lereng Merapi Sleman, 29-30 Juli.

Ticket: Rp150.000-300.000, info Twitter dan Instagram, 0822-3612-9171.

FESTIVAL_KESENIAN_YOGYAKARTA_KE-29

FESTIVAL_KESENIAN_YOGYAKARTA_KE-29

Festival Kesenian Yogyakarta

Event ini merupakan agenda wisata rutin yang tahun ini digelar untuk ke-29 kalinya, mengusung tema ‘Umbar Mak Byar’. Festival ini merupakan etalase seni budaya yang menampilkan berbagai format seperti seni rupa, seni pertunjukan, dan kriya, yang semuanya merupakan kreasi para seniman Jogja.

FKY tahun ini akan disemarakkan dengan tiga kegiatan utama, yaitu Pameran Perupa Muda, Bioskop FKY, dan Pasar Seni yang menyediakan stand-stand produk dan kerajinan artistik khas Jogja. Acara juga akan dimeriahkan oleh penggung pertunjukan seni.

Venue: Planet Pyramid, Jalan Parangtritis Km 5,5, Bantul, 27 Juli-13 Agustus, pk.09.00-21.00.

HTM: Gratis, info www.infofky.com.

BOROBUDUR_INTERNATIONAL_FESTIVAL_2017

BOROBUDUR_INTERNATIONAL_FESTIVAL_2017

Borobudur International Festival

Agenda empat tahunan ini digelar untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Borobudur, yang merupakan landmark ikonis Jawa Tengah. Pagelaran ini menyajikan pertunjukan seni, seperti wayang padat, festival gamelan, parade adat Nusantara, festival permainan tradisional, dan berbagai atraksi seni Magelang yang kaya dengan kesenian rakyat. BIF juga akan menampilkan pertunjukan seni dari mancanegara yang kali ini melibatkan seniman dari Tiongkok, Jepang, dan Belanda.

Venue: Komplek Wisata Candi Borobudur, 28-30 Juli, pk.09.00-22.00.

HTM: Gratis, info http://visitjawatengah.jatengpemprov.go.id.

Baca juga: [Candi Borobudur] Menyaksikan Ribuan Lampion Terbang di Malam Waisak

Jika Anda tertarik datang ke salah satu event tersebut, segera pesan kamar di GAIA Cosmo Hotel Jogja untuk menginap. Anda bisa melakukan online booking melalui www.gaiacosmo.com. Selain pelayanan yang ramah, hotel baru dengan desain modern-stylish dan Instagrammable ini sangat pas untuk memanjakan liburan Anda di Jogja.

Selain kolam renang, GAIA Cosmo Hotel juga dilengkapi dengan Semeja Asian Kitchen, Inspira Roasters Artisan Coffee, dan Naicla Skybar Lounge, yang sangat cocok bagi Anda terutama generasi milenial yang selalu identik dengan aktivitas traveling and photography.

 
 

RELATED ARTICLES