Senam Zumba di GAIA Cosmo

 
 
 

Di GAIA Cosmo kita bisa melakukan apa saja, mulai dari hang out di Inspira Roasters, mendengar ilmu tentang kopi, sampai kini mengikuti kelas Zumba, salah satu jenis senam yang beberapa tahun terakhir makin populer di Indonesia.

Kelas Zumba sendiri berawal dari sejumlah karyawan GAIA yang ingin mengadakan kegiatan olahraga bersama, terutama para pegawai perempuan, karena pegawai laki-laki sudah ada jadwal main futsal. "Jadi kami bikin kelas Zumba," kata Dewi Noor Zarista, Assistant Front Office Manager GAIA Cosmo.

Dewi yang sehari-hari akrab disapa Zee ini lantas mengajak teman-teman lain untuk mengikuti sesi tersebut. Kelas yang dimulai sejak pekan kedua Januari ini juga bisa diikuti masyarakat umum tiap Selasa sore. Kelas Zumba akan dipandu oleh instruktur zumba terkenal di Jogja, Zin Zee & Team.

Olah tubuh dari Amerika Selatan

Kenapa Zumba? Menurut Zee, senam ini bisa dilakukan dengan hati riang, karena memang menggabungkan aerobik, fitness, serta tarian latin, seperti salsa dan merengue. Jadi sembari menjaga kesehatan tubuh, juga untuk meredam stres. Zumba mampu membakar 400-1000 kalori per satu sesi Zumba selama satu jam.

Zumba sendiri berasal dari kata "zum-zum" yang berarti gerakan cepat. Kombinasi gerakannya sendiri bermula dari Brasil, lalu berkembang di Kolombia di era 1990-an, sampai kemudian dipatenkan Alberto Perez, seorang koreografer tari yang akhirnya jadi Creative Director Zumba Fitness sebagai program kebugaran.

Meski kelihatannya seru, Zumba tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Gerakannya merupakan kombinasi dari 70 persen dansa dan 30 persen fitness. Karena kekayaan asal usul dan aktivitasnya yang unik itulah Zee dan kawan-kawan di GAIA memilih Zumba. Menurut mereka, dengan Zumba, mereka bisa olahraga bersama sambil enjoy the music!

Mengenal beberapa jenis Zumba

Ada beberapa jenis kombinasi gerakan Zumba yang bisa dilakukan, berikut ulasannya:

Zumba Fitness, yang memiliki tempo musik untuk memacu gerakan cepat yang terbukti efektif membakar kalori pada tubuh.

Zumba Gold, sejenis fitness tapi dengan irama musik bertempo lebih lambat. Kombinasi gerakannya dirancang untuk memperkuat tulang sekaligus melenturkan tubuh kita.

Zumba Toning, merupakan jenis yang menggunakan marakas, alat musik perkusi khas Amerika Selatan, sebagai pendukung kombinasi gerakan. Di Indonesia, jika tidak ada marakas, biasanya bisa digantikan dengan dumbbell berbobot 1kg.

Zumbatomic, yang dirancang khusus untuk anak-anak berusia 4 sampai 12 tahun. Pola gerakannya memang lebih sederhana, tapi lucu dan asyik untuk diikuti.

Zumba Sentao, yang untuk melakukannya membutuhkan alat bantu kursi. Aktivitas ini cocok untuk membakar lemak di paha, bokong, dan juga perut; serta diketahui baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Apapun kombinasi yang dipilih, semuanya menyehatkan dan menyenangkan untuk diikuti. Tak heran kalau sejumlah selebritas dunia seperti Jennifer Lopez, Madonna, sampai Pitbull gemar mengikuti sesi goyang Zumba. Bahkan pesepak bola terkenal asal Inggris, Wayne Rooney pun menyukai Zumba sebagai salah satu caranya menjaga kesegaran tubuh.

Nah, bagaimana, tertarik ber-Zumba ria di GAIA? Anda bisa datang langsung ke GAIA dan menghubungi nomor +62 274 530 7777 . Untuk saat ini, sembari menunggu ruang khusus gym rampung, Zumba akan diadakan di ruang-ruang meeting yang ada di GAIA. Cukup dengan Rp20 ribu per sesi, atau Rp50 ribu dengan tambahan akses swimming pool, dari pukul 17.00-18.00 WIB, setiap Selasa.

 
 

RELATED ARTICLES