[Kopi Klotok] Merasakan Suasana Jawa Tempoe Doeloe

 
 
 

Ada Sate Klatak, Ada Kopi Klotok. Semunya bisa kita temukan di Jogja. Bila yang pertama berpusat di selatan Jogja, di Imogiri. Maka yang kedua, ada di utara Kota Jogja, persisnya di daerah Pakem arah menuju kawasan wisata Kaliurang.

Sebenarnya, kopi klotok bukanlah khas Jogja. Kopi ini dipilih sebagai nama sebuah warung , yang salah satu menu khasnya adalah kopi klotok. Karena itu, meski namanya Warung Kopi Klotok, tempat ini sebenarnya bukanlah tempat untuk ngopi-ngopi.

LATAR_DEPAN_WARUNG_KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

LATAR_DEPAN_WARUNG_KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

Warung Kopi Klotok atau lebih dikenal dengan nama "kopi klotok" berada di sebuah kawasan pedesaan di mana kanan-kirinya masih berupa hamparan sawah. Dari namanya saja, kita sudah merasakan sensasi tradisional Jawa yang menjadi ciri khas kopi klotok.

Ya, tradisionalitas inilah yang dirindukan oleh banyak wisatawan yang tak henti-hentinya berkunjung ke kopi klotok, dari pagi hingga malam hari. Berada di Kopi Klotok, kita seolah merasakan suasana Jawa tempoe doeloe.

AREA_DEPAN_KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

AREA_DEPAN_KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

Bagunan Joglo Tempo Doeloe

Kesan itu langsung terasa begitu kita melihat bangunan utama warung kopi klotok, sebuah joglo dengan desain yang sengaja menampilkan nuansa Jawa di pedesaan, dengan bangunan joglo yang hanya bisa kita temukan di pedesaan di Jogja, lengkap dengan lantai yang masih menggunakan tegel.

Suasana yang hendak dibangun di dalam joglo ini pun seolah-olah membuat kita sedang berada di dalam rumah Jawa di desa, bukan di rumah makan, restoran atau bahkan warung makan. Kursi dan mejanya pun semuanya masih menggunakan model kuno.

MENU_KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

MENU_KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

Bagian dapur yang berada di dalam joglo kian menambah suasana rumahan. Bahkan bagian dapur ini menyatu dengan tempat makan. Dapurnya pun masih menggunakan luweng, ya kompor zaman baheulaberbentuk kotak besar dengan bahan bakar kayu. Semuanya terbuka, berkonsep open kitchen.

Selain di bagian belakang yang menyatu dengan dapur, Kita juga bisa memilih makan di area depan joglo yang menghadap ke Gunung Merapi, lalu di bagian joglo. Bila ingin merasakan semilir angin, Anda bisa memilih area halaman yang sejuk, yang dipenuhi rerumputan dengan pemandangan sawah yang menghampar cantik.

MENU_MENU_KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

MENU_MENU_KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

Menu makanan rumahan

Ya, menu yang disajikan adalah menu tradisional dan rumahan. Lihatlah menu-menu berikut ini: nasi putih sepuasnya, lodeh tempe lombok ijo, lodeh kluwih, lodeh terong, sayur asem, sambel dadak, gereh layur. Yang agak sedikit istimewa adalah sego megono.

Lauknya? ada tahu bacem, tempe garit, telor dadar, pindang goreng. Disini juga tersedia jadah goreng, pisang goreng. Selain kopi klotok, minumannya yang spesial dari kopi klotok adalah teh tubruk gulo batu dan wedang jahe gepruk.

HALAMAN_KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

HALAMAN_KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

Semuanya disajikan ala prasmanan, Kita tinggal ambil sesuka hati mana yang kita suka. Penyajiannya pun sangat tradisional. Semua menu itu ditaruh di dalam baskom besi besar.

Ada beberapa menu favorit yang menjadi kesukaan para pengunjung kopi klotok. Telur dadar crispy yang punya rasa gurih dan sangat renyah ini jadi penantian banyak pengunjung. Seringkali Anda harus menunggu agak lama untuk menunggu telur dadar ini digoreng.

KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

KOPI_KLOTOK_VIA_2jogja.com

Kopi Klotok dan Pisang Goreng Spesial

Pisang gorengnya juga jadi menu favorit di sini. Bila Anda yang belum pernah ke sini, tentu saja agak heran, jauh-jauh ke sini cuma ingin makan pisang goreng? Ya, pisang gorengnya digoreng krispi dan selalu jadi incaran. Perpaduan yang pas dengan segelas kopi klotok.

Sebelum memesan kopi klotok, Anda harus tahu apa itu kopi klotok. Perbedaannya dengan kopi lainnya, adalah pada proses penyeduhannya. Kopi dimasukkan ke dalam air mendidih, dimasak hingga kopinya menjadi bubuk lagi. Setelah itu air yang mendidih dimasukkan lagi. Anda bisa mememasukkan geprekan jahe ke dalamnya.

PISANG_GORENG_KOPI_KLOTOK_VIA_kopiklotok.blogspot.com

PISANG_GORENG_KOPI_KLOTOK_VIA_kopiklotok.blogspot.com

Baca juga: Belajar Seluk-Beluk Kopi di Kelas Kopi GAIA Cosmo

Soal harga? Tak usah ditanya. Paket superlengkap dengan lauknya yang aneka rupa hanya Rp11. 500. Segelas kopi klotok Rp5.000.

Dibuka pada 2015, Warung Kopi Klotok langsung menjadi destinasi para wisatawan dan warga Jogja sendiri. Jadi, Anda mungkin harus siap antre bila datang ke sini. Untuk menuju ke sini, tak sulit. Arah wisata Kaliurang, nanti ada plang Kopi Klotok ke timur, sekitar 500 meter Anda sudah sampai di Kopi Klotok.

Jalan Kaliurang Km. 16, Pakembinangun, Pakem, Sleman, DIY.
Jam Buka: 08.00 - 22.00 (Setiap Hari)
Kontak: 0815-688-4080

 
 

RELATED ARTICLES