#FoodHunting: 10 Sate Klatak Paling Enak di Jogja

 
Sate_klatak_Pak_Bari_via_sewamotordijogja.com.jpg
 
 

Sate Klatak, nama ini seolah telah menjadi ikonik bagi dunia kuliner Jogja. Datang ke Jogja jangan lupa makan sate klatak. Tidak jelas kapan persisnya, kuliner ini tiba-tiba mendadak populer, sate klatak menjadi perbincangan, ditulis diberbagai blog dan media sosial dan menjadi kuliner wajib bagi para pelancong.

Padahal, menurut penuturan Pak Bari, salah satu nama tersohor dalam jagat sate klatak, ia sendiri adalah generasi ketiga yang meneruskan usaha simbahnya, Mbah Ambyah yang berjualan sate di Wonokromo, Pleret Bantul, tepatnya di Pasar Jejeran sejak tahun 1940an.

Pasar Jejeran tak bisa dilepaskan dari sate klatak. Dari pasar inilah orang kemudian tahu cikal bakal kemunculan sate klatak. Karena pasar ini berada di Jalan Imogiri Timur, orang lantas menyebutnya sate klatak Imogiri. Padahal, Pleret dan Imogiri adalah dua kecamatan yang berbeda.

Demikian pula dengan namanya, Sate Klatak, juga tak jelas mengapa diberi nama seperti itu. Setiap pedagang, punya versi ceritanya masing masing mengapa sate ini diberi nama sate klatak.

Ada yang bilang karena saat sate dibakar, keluar bebunyian klatak... klatak. Kenapa bunyinya klatak klatak? Katanya dari bumbu garam yang sebelumnya telah dilumuri di daging kambing, ada juga yang bilang klatakklatak itu karena sate ini menggunakan jeruji sepeda. Versi lainnya, bunyi klatak klatak itu karena biji melinjo yang ditempelkan di daging sate.

Mana yang benar? Sebagai pencinta kuliner nusantara anggap saja itu bagian dari kekayaan kuliner Indonesia. Sekarang mari kita jelajahi 10 sate klatak yang menjadi rekomendasi banyak pencinta kuliner nusantara.

Baca juga6 Tempat Makan yang Buka Malam Hari di Jogja

Nama nama penjual sate klatak berikut hampir sebagian besar berada di Pasar Jejeran, Wonokromo, Pleret Bantul. Atau sebagiannya menyebutnya dengan Pasar Wonokromo.

Bisa dibilang, inilah pusatnya sate klatak. Beberapa penjual sate klatak di Kota Jogja atau daerah lainnya di Jogja, tetap harus menyebutkan bahwa sate klataknya asli Jejeran. Tanpa atribut itu, sata klataknya bisa dibilang belum sah sebagai sate klatak.

1. Sate Klatak Pak Bari

Semakin menjulang ketika menjadi lokasi shooting Film AADC? 2, Dipercaya sebagai perintis sate klatak. Berada di dalam pasar, sehingga tempatnya cukup sempit. Tapi di sinilah keaslian sate klatak Pak Bari.

  • Pasar Jejeran, Wonokromo, Pleret Bantul
  • Jam Buka: pk. 18.30-01.00
SATE_KLATAK_PAK_PONG_VIA_bonvoyagejogja.com

SATE_KLATAK_PAK_PONG_VIA_bonvoyagejogja.com

2. Sate Klatak Pak Pong

Warung sate klatak Pak Pong cukup luas karena terdiri atas beberapa area: area dalam, saung, dan semi terbuka. Banyak para pencinta kuliner yang membanding-bandingkan cita rasa Sate Klatak Pak Pong dan Pak Bari.

  • Sebelah barat pasar Wonokromo, arah stadion Pacar Bantul. sebelah utara pasar Wonokromo
SATE_KLATAK_PAK_JUPAINI_VIA_foody.id

SATE_KLATAK_PAK_JUPAINI_VIA_foody.id

3. Sate Klatak Pak Jupaeni

Oleh para para pencinta sate klatak, Pak Jupaeni dimasukkan sebagai tiga besar sate klatak terenak. Padahal, konon katanya, dari Pak Jupaeni kemudian melahrkan pedagang sate klatak lainnya.

Pasar Wonokromo

SATE_KLATAK_PAK_JONO_VIA_detik.com

SATE_KLATAK_PAK_JONO_VIA_detik.com

4. Sate Klatak Pak Jono

Menjadi alternatif bila Sate Klatak Pak Bari ramai pembeli atau sedang tutup. Soal rasa, tak usah khawatir, Pak Jono katanya masih kerabat Pak Bari.

  • Area parkir pasar jejeran
  • Jam buka: pk.18.30-02.00
SATE_KLATAK_PAK_UNTUNG_VIA_panduaji.net

SATE_KLATAK_PAK_UNTUNG_VIA_panduaji.net

5. Sate Klatak Pak Untung

Tak usah khawatir bila Anda kehabisan sate klatak di Pak Bari, Pak Pong atau Pak Jupaeni. Sate klatak racikan Pak Untung juga mampu menjawab rasa penasaran Anda terhadap sate klatak.

  • Jl. Imogiri Timur Km.9 , Bantul
SATE_KLATAK_PAK_JEDE_VIA_TRIPADVISOR

SATE_KLATAK_PAK_JEDE_VIA_TRIPADVISOR

6. Sate Klatak Pak Jede

Jika merasa jauh ke Imogiri, Anda bisa datang ke sate klatak Pak JeDe yang berada di utara Kota Jogja. Untuk menjamin bahwa rasa yang Anda nikmati, Pak JeDe menyebut sate klataknya khas Jejeran. Tempatnya cukup luas.

  • Jl. Nologaten no 4enam, Depok Slemanl, Utara Ambarukmo Plaza
  • Jam buka: pk. 11.00 - 23.00
SATE_KLATAK_PAK_DAKIR_VIA_yogyadise.com

SATE_KLATAK_PAK_DAKIR_VIA_yogyadise.com

7. Sate Klatak Pak Dakir

Meski tak berada di Imogiri, warung sate kambing ini cukup legendaris karena telah berusia hampir setengah abad. Menu andalan warung ini adalah sate kambing klatak dan nasi goreng pliket

  • Jl. HOS Cokroaminoto 75 depan Pasar Klithikan Yogyakarta.
  • Jam buka: pk.17.00-22.00.
SATE_KLATAK_PAK_YAKUT_VIA_makandijogja.com

SATE_KLATAK_PAK_YAKUT_VIA_makandijogja.com

8. Sate Klatak Pak Yakut

Pak Yakut ingin menunjukkan bahwa untuk memperoleh sate klatak asli jejeran tak harus ke Pasar Jejeran di Jalan Imogiri. Sate klatak Pak Yakut ada di Jalan Wates.

  • Jl. Wates KM.3 (Ruko Griya Alvita)
SATE_KLATAK_PAK_JEJE_VIA_hungerranger.com

SATE_KLATAK_PAK_JEJE_VIA_hungerranger.com

Sate Klatak Pak Jeje

Meski tak menjual sate klatak di pusatnya, Sate Klatak Pak Jeje layak Anda coba. Jangan khawatir soal rasa,Pak Jeje menjamin sate klataknya asli Jejeran. Daging satenya juga dijamin empuk.

  1. Jl. Magelang Km. 6,5 Jombor, Yogyakarta
  2. Telp: 081328239807
SATE_KLATAK_BU_JAZIM_VIA_liputanukm.com

SATE_KLATAK_BU_JAZIM_VIA_liputanukm.com

Sate Klatak Bu Jazim

Bu Jazim mendobrak dominasi bapak bapak dalam dunia kuliner sate klatak. Bila yang lain penjualnya bapak bapak, Bu Jazim berbeda sendiri. Berdiri sejak 1982, kini usaha sate klatak diteruskan oleh anaknya.

Jalan Imogiri timur Km 9,5.

 
 

RELATED ARTICLES