#CityGuide: 7 Destinasi Wisata Seru Sambil Gowes

 
 
 

Ada masanya Jogja pernah dikenal sebagai kota sepeda, orang orang dari desa pergi ke kota dengan sepeda ontel. Setiap pagi mereka memenuhi ruas-ruas jalan menuju kota. Demikian pula pada sore hari, jalan-jalan penuh oleh mereka yang pulang kerja dan sekolah.

Zaman berubah. Kini bersepeda cukup menjadi hobi di akhir pekan. Sejumlah komunitas maupun kelompok-kelompok gowes pun bermunculan di Jogja. Menyusuri jalan jalan dan pedesaan yang masih hijau.

Banyak destinasi menarik di Jogja yang bisa kita kunjungi dengan gowes bersama teman. Anda bisa memanfaatkan jasa sewa sepeda yang sudah cukup banyak di kota ini.

Daftar destinasi wisata gowes berikut adalah yang tidak jauh dari pusat Kota Jogja, dan rutenya tidak terlalu menanjak.

Jembatan Gantung Selopamioro

Jembatan gantung ini menjadi favorit para "goweser". Berada di Imogiri, Bantul, jembatan ini membentang di atas Sungai Oyo. Menghubungkan dua desa; Selopamioro dan Sriharjo, kita akan bisa memperoleh pemandangan yang indah di sini.

Persawahan yang menghijau dan tebing-tebing yang indah, berdiri di atas jembatan bersama sepeda akan memberikan kesan yang nostalgia di pedesaan Jawa. Jembatan Selopamioro yang dibuat dari baja, dengan panjang sekitar 70 meter menjadi ikon Selopamioro, Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

CANDI_ABANG_VIA_pustakadigitalindonesia.blogspot.co.id

CANDI_ABANG_VIA_pustakadigitalindonesia.blogspot.co.id

Candi Abang

Candi yang berada di Berbah ini merupakan salah satu tujuan favorit pesepeda. Candi Abang adalah candi yang unik karena seluruh bangunannya kini ditumbuhi rerumputan hijau. Karena itu candi ini terlihat seperti bukit.

Banyak orang menyebutnya dengan bukit teletubies, sebagian lagi membayangkan bawah bukit Candi Abang ini menyerupai wallpaper
Windows XP. Dari sini kita dapat menyaksikan sunset yang indah.

Letaknya 1,5 kilometer sebelah Barat Jalan Raya Jogja-Piyungan.

TEBING_BREKSI_VIA_sewasepedajogja.com

TEBING_BREKSI_VIA_sewasepedajogja.com

Tebing Breksi

Tebing bekas penambangan disulap rupa menjadi objek wisata yang menarik. Tebing-tebing ini memberikan pemandangan yang indah. Kita akan melewati beberapa jalan yang menanjak sebelum sampai di Tebing Breksi.

Tebing Breksi tidak jauh dan sejalur dengan Candi Ijo, di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Rute menuju Tebing Breksi mudah dijangkau di jalur utama jalan Prambanan-Piyungan sekitar 1 km sebelum Candi Ijo

SPOT_RIYADI_VIA_diditds.wordpress.com

SPOT_RIYADI_VIA_diditds.wordpress.com

Spot Riyadi: Candi Prambanan, Candi Plaosan, Candi Sojiwan dan Candi Ratu Boko.

Candi-candi yang ada di timur Kota Jogja ini menarik sebagai tujuan
goweser. Rute yang dilewati tidak menanjak. Titik istirahat dari rute ini adalah Spot Riyadi, di mana kita bisa menyaksikan pemandangan Candi Prambanan dari atas dan hamparan hijau Jogja timur.

Dari sini, kita bisa melanjutkan gowes ke Candi Ratu Boko, Candi Ijo, Candi Barong, Candi Sojiwan, atau Candi Kalasan. Ada banyak rute alternatif melalui area persawahan dan pedesaan di Jawa.

PLUNYON_VIA_jogjagowes.com

PLUNYON_VIA_jogjagowes.com

Plunyon, Kaliurang

Kaliurang menjadi destinasi favorit para pesepeda. Di rute Kaliurang ini, ada Warung Ijo Pakem yang menjadi langganan para goweser Jogja untuk istirahat.

Anda bisa ke Jembatan Plunyon Kalikuning, salah satu kawasan di lereng Gunung Merapi yang tetap bertahan setelah bencana erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Bangunan Jembatan Plunyon masih berdiri meskipun diterjang awan panas Gunung Merapi

Termasuk gowes up hill alias rutenya cukup menanjak, tapi Anda akan memperoleh pemandangan yang menyegarkan dan suasana pegunungan yang sejuk.

CURUG_PULOSARI_VIA_sepedasehat.com

CURUG_PULOSARI_VIA_sepedasehat.com

Curug Pulosari

Berjarak sekitar 18 kilometer dari Kota Jogja, Curug Pulosari adalah air terjun mini karena ketinggiannya hanya sekitar 5 - 7 meter. Curug ini berlokasi di Desa Wisata Krebet, Bantul. Kita akan menyusuri hutan jati, sungai dan di jalan di pinggiran jurang.

SAYEGAN_GOWES_VIA_sepedasehat.com

SAYEGAN_GOWES_VIA_sepedasehat.com

Hamparan Sawah Hijau di Sayegan

Jika rute gowes sebelumnya ke timur Kota Jogja, kemudian ke Kaliurang di utara Kota Jogja dan ke Bantul di selatan Jogja, maka Anda bisa menjajal rute gowes ke barat kota Jogja, tepatnya di daerah Sayegan.

Baca juga: Bersepeda di Yogyakarta, Berwisata Sambil Olahraga

Hamparan sawah yang menghijau, dan aliran selokan Mataram akan menjadi pemandangan yang menyejukkan. Rutenya pun tak menanjak, jadi Anda tak perlu esktra tenaga untuk mengayuh sepeda.

Anda bisa mampir ke destinasi kuliner Raja Durian yang menyediakan aneka jenis durian.

Bagi Anda para tamu GAIA Cosmo Hotel yang berniat menyusuri Jogja dengan sepeda, bisa memanfaatkan program Bike Rental for Guest yang ada di hotel.

 
 

RELATED ARTICLES