Trail Run, Olahraga Lari Outdoor yang Sedang Digemari di Jogja

 
 
 

Olahraga lari di alam terbuka dengan lintasan off-road saat ini sedang digemari di Jogja. Aktivitas sport tourism ini tidak hanya dipercaya menyehatkan raga dengan membakar kalori dan melatih endurance, tetapi juga sarana refreshing untuk menyegarkan jiwa.

TRAIL_RUN_1

TRAIL_RUN_1

Sepanjang tahun 2017, ada sejumlah lomba lari dengan berbagai medan alam, seperti coast to coastbeach run, dan trail run. Agenda terdekat adalah trail run yang bertajuk Sleman Temple Run pada 16 Juli selain lari pantai Jogja Beach Run pada 30 Juli mendatang.

TRAIL_RUN_1

TRAIL_RUN_1

Berbeda dengan beach run dengan lintasan pasir yang landai dan kondisi pantai yang kaya oksigen, trail run lebih menantang karena memiliki medan yang beragam seperti jalan setapak, berbatu, rumput, tanah dan kerikil, dengan kontur berupa tanjakan, turunan, dan tebing.

TRAIL_RUN_2

TRAIL_RUN_2

Selain itu, trail run dilakukan di daerah pegunungan atau dataran tinggi yang memiliki cadangan oksigen tipis sehingga lebih cepat menguras stamina. Olahraga ini pada dasarnya memadukan lari dan hiking, karenanya sering juga disebut mountain run.

Sleman Temple Run kali ini digelar untuk ketiga kalinya sejak 2015 oleh Trail Runners Yogyakarta, komunitas pecinta lari lintas alam dan olah raga outdoor di Jogja yang kini anggotanya di dunia maya mencapai lebih dari 2.000 orang.

TRAIL_RUN_4

TRAIL_RUN_4

Baca juga: #101Travel: Destinasi dan Tips Olahraga di Bukit-Bukit Jogja

Lomba dibagi dua katagori yaitu 13K dengan elevasi lintasan 651 mdpl dengan batas waktu tempuh 4 jam, dan 25K dengan elevasi lintasan 1.000 mdpl dengan batas waktu tempuh 7 jam. Rute lomba menggunakan jalur pedesaan di wilayah Sambirejo, Prambanan, dengan mengambil start dan
finish di kawasan wisata alam Tebing Breksi.

TRAIL_RUN_5

TRAIL_RUN_5

Sesuai namanya, selain jalan setapak bukit dan hutan, pelari akan melewati situs-situs purbakala peninggalan peradaban Hindu dan Buddha dengan pemandangan yang eksotis, di antaranya Candi Banyunibo, Candi Plaosan, Candi Barong, Candi Ratu Boko, dan Candi Ijo.

Jika lelah, Anda bisa menurunkan tempo langkah kaki Andi di sini sembari beristirahat atau berfoto selfiedengan latar candi. Karena lomba dimulai pagi hari sekitar pukul 6.00 WIB, Anda masih mendapat panorama candi di pagi hari yang keren.

TRAIL_RUN_7

TRAIL_RUN_7

Nah, bagi Anda sudah mendaftar lomba, selain kekuatan fisik dan stamina, sebaiknya persiapkan perlengkapan yang perlu anda pakai/bawa saat lomba.

  • Karena berlari di jalur mendaki dan menurun tidak semudah di jalur rata, Anda sebaiknya menggunakan sepatu khusus trail run, yang merupakan perpaduan sepatu lari dan adventure – ringan dan fleksible namun dengan sol yang bisa mencengkeram segala medan, terutama jika melewati lintasan miring dalam keadaan basah atau hujan.
  • Untuk pakaian, gunakan celana dan baju yang ringan dengan bahan yang breathable untuk mengeluarkan keringat, dan bisa juga ditambah legging untuk melindungi kaki di jalur semak dan juga topi untuk pelindug kepala.
  • Anda bisa membawa tas ransel mini yang menempel punggung dan berisi perlengkapan darurat, seperti ponsel, peta rute lomba, dompet, makanan ringan atau snack bar, air minum, obat P3K, jas hujan/payung ringan, dan peluit jika diperlukan saat tersesat.
  • Bawalah air minum minimal satu liter dari garis start dan juga saat meninggalkan water station atau titik hidrasi – terlalu banyak akan membebani punggung dan memperlambat gerak, dan terlalu sedikit akan menyebabkan Anda kekurangan cairan.

Bagi yang tertarik dan ingin mencari informasi pendaftaran, Anda bisa mengunjungi www.templerun.race.id.

Jika ingin menginap di Jogja untuk mengikuti event tahunan ini, pastikan Anda memesan kamar hotel yang bisa membuat Anda nyaman beristirahat sebelum mengikuti lomba. Anda bisa melakukan room bookingGAIA Cosmo Hotel di www.gaiacosmo.com.

TRAIL_RUN_8

TRAIL_RUN_8

GAIA Cosmo, hotel stylish bergaya industrial-modern, ini sangat cocok bagi Anda yang muda, aktif, dan sportif. Hotel berbintang ini dilengkapi kolam renang cantik yang bisa Anda gunakan untuk membantu menjaga kebugaran, Semeja Asian Kitchen, Inspira Roasters Artisan Coffee, dan Naicla Skybar Lounge, yang akan memberikan pengalaman menginap berbeda saat di Jogja.

Kredit foto: www.templerun.race.id

 
 

RELATED ARTICLES