#101Travel: 15 Tips Mudik Saat Lebaran

 
 
 

Lebaran datang lagi. Waktunya mudik pulang ke kampung halaman. Tradisi tahunan yang dirayakan dengan sukacita. Orang Jawa menyebutnya sebagai Sangkan paraning dumadi, perjalanan mengingat asal usul dan tujuan hidup.

BREBES_TIMUR_indowarta.com

BREBES_TIMUR_indowarta.com

Karena itulah, meski harus bermacet-macet di jalan, berdesak-desakan di stasiun, terminal dan bandara, orang-orang dengan sukaria menjalaninya. Tak sekadar berlibur, merayakan kemenangan usai menjalani ibadah puasa, tapi juga ada kerinduan ingin segera ditunaikan, bertemu keluarga, handai-taulan dan kawan lama.

Itulah yang membuat perjalanan mudik, perjalanan di hari raya lebaran selalu dinanti. Tapi, tetap bagaimanapun, mudik dan liburan saat lebaran haruslah direncanakan sejak jauh hari dan disiapkan dengan detail.

MUDIK_DI_BANDARA_solopos.com

MUDIK_DI_BANDARA_solopos.com

Berikut ini sejumlah tips yang sebaiknya perlu diperhatikan agar perjalanan mudik dan liburan lebaran Anda lancar jaya dan nyaman.

1. Tentukan moda transportasi yang akan Anda dan keluarga gunakan. Menggunakan mobil pribadi, sewa kedaraan, naik pesawat, naik kereta yang sekarang gerbongnya sudah cantik nyaman, atau bis dua tingkat yang kabinnya sekelas pesawat? Semuanya ada plus minus, perhitungkan jumlah rombongan keluarga dan biaya.

2. Jika Anda menggunakan transportasi publik, pesawat dan kereta, pesanlah tiket jauh-jauh hari. Jika tiket kereta api sudah bisa dipesan 90 hari sebelumnya, pemesanan tiket pesawat biasanya dua bulan sebelum keberangkatan.

3. Manfaatkan online travel agent yang menyediakan banyak tiket pesawat setiap hari dengan harga lebih murah. Mereka juga memberikan potongan harga jika pembelian menggunakan aplikasi. Serta potongan yang diberikan lewat promo kartu kredit. Yang harus Anda ingat, harga tiket pesawat bakal jauh lebih mahal jika kita pesan mendadak.

4. Meski pulang ke kampung halaman, Anda sebaiknya tetap perlu booking hotel. Lakukan reservasi hotel sejak jauh hari. Di GAIA Cosmo, Anda bisa melakukan reservasi online dengan mudah dan tidak ribet. Kunjungi gaiacosmo.com, karena ada banyak keuntungan yang bisa Anda manfaatkan.

5. Rencanakan dan susun itinerary liburan lebaran Anda dengan detail. Kini di setiap daerah di Indonesia selalu punya destinasi wisata yang baru. Cukup mengetik Yogya atau Jogja di Instagram, akan tersedia banyak referensi destinasi wisata. Jika belum bisa menentukan pilihan, setidaknya Anda sudah punya list beberapa tempat wisata.

6. Buatlah estimasi biaya. Mulai dari biaya hotel, perjalanan, masuk ke tempat wisata, berburu kuliner yang sudah Anda nanti-nanti dan membeli oleh-oleh. Jangan sampai sehabis pulang libur lebaran, Anda terkejut karena tabungan Anda terkuras habis.

7. Siapkan fisik. Perjalanan mudik dan liburan pada saat lebaran berbeda dengan momen liburan lainnya. Jalanan akan lebih crowded dan macet, jalanan ramai dengan orang yang hendak liburan, silaturahmi ke sanak kerabat. Tak hanya wisatawan, tapi warga lokal juga turut berwisata pada momen lebaran.

8. Jika Anda memilih menggunakan kendaraan pribadi, service terlebih dulu mobil Anda ke bengkel langganan. Saat mudik, bawalah air mentah sekitar lima liter yang berguna untuk mengisi radiator kendaraan.

9. Pelajari peta mudik, Anda bisa memperoleh jalur mudik di sini.

10. Peta jalan tol. Tahun ini pemerintah gencar membangun jalan tol, Anda bisa membuka akun instagram Kementerian Pekerjaan Umum @kemenpupr untuk mengetahui jalan-jalan tol yang meski belum selesai 100 persen, tapi sudah bisa difungsikan untuk mudik.

11. Berangkatlah pada pagi hari, Berangkatlah sekitar pukul 06.00 WIB saat kondisi tubuh masih prima. Anda bisa memulai perjalanan dengan segar dan terhindar dari kemacetan.

12. Jangan lupa bawa obat-obatan dan perlengkapan P3K. Minimal bawalah obat masuk angin yang bisa dengan cepat memulihkan kondisi tubuh.

13. Pelajari kondisi jalan menuju tempat tujuan wisata. Jika tempat tujuan cukup terjal, jangan sampai libur lebaran Anda gagal gara-gara kendaraan mogok di jalan.

14. Manfaatkan teknologi, Google Map, Waze, Sygic, Wisepilot, dan aplikasi GPS lainnya dapat membantu Anda mengetahui kondisi jalan yang akan ditempuh. Selain itu, dengan aplikasi-aplikasi tersebut, Anda dapat mencari jalan alternatif sehingga terhindar dari kemacetan.

15. Perubahan iklim kerap kali membuat cuaca dengan mudah berubah. Follow akun @infoBMKG dan @bmkgjogja untuk mengetahui update perubahan cuaca. Aplikasi BMKG di app store dan google play telah menyediakan informasi soal cuaca jalur mudik, cuaca bandara & maritim.

MUDIK_BLOG.traveloka.com

MUDIK_BLOG.traveloka.com

Dan pastinya, Jangan lupa berdoa di setiap saat memulai perjalanan. Semoga Tuhan senantiasa memberi kelancaran dan memberkati perjalanan Anda.

 
 

RELATED ARTICLES