#FoodHunting: Menjajal 5 Mie Ayam Enak di Jogja

 
 
 

Seperti halnya kuliner lainnya, mie ayam di Indonesia juga mempunyai banyak aneka rasa dengan berbagai cara penyajian. Makanan yang berasal mula dari dataran Tiongkok ini kemudian berkembang sedemikian rupa di bumi Nusantara.

Di Jogja, Anda juga bisa menemukan aneka cita rasa mie ayam. Mari kita mulai jelajahi satu per satu.

BU_TUMINI

BU_TUMINI

1. Mie Ayam Bu Tumini

Semua orang hampir bersepakat bahwa ini adalah mi ayam yang lezat dan maknyus. Berdiri lebih dari 20 tahun lalu, di warung mie ayam yang punya nama lengkap Bu Tumini Sari Rasa Jati Ayu ini, Anda bisa memesan mie ayam dengan berbagai varian, ada mi ayam ceker, mie ayam jumbo, mie ekstra ayam atau sawi.

Oleh para pemburu kuliner, Ceker di Bu Tumini juara, sangat empuk, dan lembut. Bakminya yang tebal dan kenyal disiram dengan kaldu pekat kental bercita rasa manis dan gurihnya rempah. Belum lagi potongan ayamnya cukup melimpah dan menggugah selera.

Jalan Imogiri Timur Nomor 187, Umbulharjo sebelah utara Terminal Giwangan.

Buka 10.00 – 17.00 WIB

MIE-AYAM-TUNGGAL-RASA

MIE-AYAM-TUNGGAL-RASA

2. Mie Ayam Tunggal Rasa

Yang istimewa dari mie ayam ini adalah mangkuknya yang edible karena terbuat dari pangsit. Jadi bukan mangkuk kaca. Tunggal Rasa menyajikan dua menu utama yakni mie putih dan mie hijau yang menjadi andalan warung yang berada di kawasan Kotabaru ini.

Mie ayamnya terdiri atas potongan ayam, sawi hijau, bakso, pangsit basah dan pangsit kering. Anda bisa memesan mie ayam dengan porsi standar atau porsi jumbo.

Jalan Serma Taruna Ramli Nomor 3, Kotabaru depan SD Ungaran
Buka 09.00 – 17.00 WIB

SEYEGAN

SEYEGAN

3. Mie Ayam Goreng Seyegan

Disebut sebagai pelopor mie ayam goreng di Jogja. Mienya disajikan tanpa kuah dan cenderung kering seperti digoreng. Dibuat sendiri oleh penjualnya, mie-nya relatif lebih besar dari mie ayam biasanya.

Tidak dibumbu bacem seperti lainnya, Topping ayamnya berupa ayam panggang. Anda juga bisa memesan ceker lembut sebagai tambahan topping. Mie yang disajikan seperti mie goreng ini punya cita rasa panggang yang kuat. Letaknya cukup jauh dari pusat Kota Jogja, tapi rasa penasaran Anda akan terbayar tuntas.

Jalan Kebon Agung, Pasar Srikaton, Margoagung, Seyegan, Sleman.
Buka 09.00 – 14.00 WIB



4. Mie Ayam Pak Waldi

Menyediakan varian mie ayam balungan yang istimewa. Mie Ayam Pak Waldi adalah salah satu mie ayam wonogiri yang dicari para wisatawan dan pemburu kuliner Jogja. Kuah mie ayamnya bening dan gurih. Tapi yang istimewa di sini adalah Anda bisa memesan mie ayam balungan.

Jalan Perumnas Seturan
Buka 09.00 – 17.00 WIB

MIE_AYAM_BANDUNG

MIE_AYAM_BANDUNG

5. Mie Ayam Bandung 59 Beskalan.

Sarapan dengan mie ayam? Anda bisa mencoba mie ayam asli Kota Kembang. Di sini terdapat beberapa varian rasa mie ayam, seperti mie ayam manis pedas, asin pedas, mie ayam asin, atau mie ayam manis. Mie ayam pedas manisnya menjadi rekomendasi banyak pencinta kuliner.

Datang ke sini jangan lewatkan untuk mencicipi kerupuk oncomnya yang punya rasa istimewa. Kerupuk diberi sambal di atasnya, rasa oncomnya membuat menu sederhana ini terasa begitu lezat dan menggigit ketika disantap.

Jalan Beskalan Nomor 35, Pathuk Belakang Ramai Mall Malioboro
Buka 06.00 – 11.00 WIB

LINK SUMBER:
foto 1: ceritamakan.com
foto 2: ngadem.com
foto 3: ceritamakan.com
foto 4: ngadem.com
foto 5: ngadem.com

 
 

RELATED ARTICLES