[Milas dan Kolondjono] Menu-menu Organik yang Cocok untuk Gaya Hidup Sehat

 
 
 

Jika merasa lelah dan lapar usai berolahraga, berarti saatnya Anda mengembalikan energi dengan asupan bergizi dan rendah kalori. Hindari dulu aneka fast food, makanan instan, dan kuliner tinggi lemak jika ingin mempertahankan gaya hidup sehat.

Ada dua resto di Jogja yang menawarkan menu sehat vegetarian dan organik yang sangat baik dikonsumsi sesaat setelah berolahraga. Sekitar 30 menit setelah Anda latihan keras – seperti latihan cardio yang menguras tenaga – merupakan fase metabolic window, di mana tubuh akan menyerap nutrisi seperti protein dan karbohidrat yang bermanfaat bagi peningkatan massa otot.

MILAS__RESTO_VEGETARIAN._FOTO_VIA_info-jogja.com

MILAS__RESTO_VEGETARIAN._FOTO_VIA_info-jogja.com

Milas

Terletak di kampung turis Prawirotaman, Milas didirikan tahun 1997 oleh anak-anak muda pekerja sosial di Jogja yang kesulitan mencari makanan vegatarian di Jogja. Milas sendiri berasal dari kata Mimpi Lama Sekali, yang berarti mimpi sejak dulu untuk menikmati menu vegetarian.

Tak ada menu daging dan ikan di resto yang berkonsep kebun ini, semuanya terbuat dari bahan pangan nabati hasil budidaya tanaman organik. Semua makanan juga dimasak tanpa menggunakan vetsin.

Beberapa menu favorit di sini adalah steak tempe dan burger tempe. Tempe, yang terbuat dari kedelai tinggi protein, digunakan untuk mengganti daging steak dan disajikan dengan jamur, bawang bombai, kentang, wortel, dan guyuran saus lada hitam. Seperti daging, potongan tempe yang dibakar cukup membuat efek kenyang bagi perut Anda. Rasanya juga gurih dan lezat.

MENU_VEGETARIAN_MILAS._FOTO_VIA_yogya-backpacker.com

MENU_VEGETARIAN_MILAS._FOTO_VIA_yogya-backpacker.com

Coba juga rosti, kentang sisir dengan salad keju, omelet khas Milas, dan spinach pancake. Atau jika Anda menginginkan menu yang agak ringan, bisa mencicipi sate jamur, sate tempe, dan bruschetta – roti panggang dengan tomat dan basil.

Ada lebih dari 40 menu makanan, dan 14 minuman sehat di resto ini. Salah satu yang digemari adalah kombucha, teh fermentasi dari Asia Timur yang rasanya asam dan menyegarkan – biasanya difermentasi dengan rumput laut kombu, atau jamur Manchuria. Di Milas, kombucha disajikan dengan madu untuk menetralkan rasa asam. Ada juga jus anti stress yang terbuat dari wortel, jeruk nipis, jahe, dan madu.

Setiap Rabu dan Sabtu pukul 10.00-13.00, ada pasar organik di Milas. Berbagai sayur, buah, dan jajanan organik bisa Anda beli dan bawa pulang. Semuanya masih segar dan langsung dipasok dari petani organik di Jogja dan sekitarnya.

Alamat: Jl Prawirotaman 4 No. 127 B

Buka: Selasa-Jumat, pk. 03.00-21.00, Sabtu-Minggu 12.00-21.00

KOLONDJONO._FOTO_INSTAGRAM__KEDAIKOLONDJONO

KOLONDJONO._FOTO_INSTAGRAM__KEDAIKOLONDJONO

Kolondjono

Bagi Anda yang masih belum bisa lepas dari menu-menu berbahan protein hewani, tak perlu khawatir. Langsung saja menuju Kedai Organik Kolondjono. Di sini semua bahan pangan, termasuk daging ayam, diproduksi tanpa bahan kimia sehingga lebih menyehatkan.

MENU_ORGANIK_KOLONDJONO._FOTO_INSTAGRAM__KEDAIKOLONDJONO

MENU_ORGANIK_KOLONDJONO._FOTO_INSTAGRAM__KEDAIKOLONDJONO

Kolondjono berarti jenis rumput tropis yang biasa digunakan sebagai pakan ternak, yang kemudian dimakan manusia. Filosofinya, resto ini ingin memberi manfaat bagi manusia dan lingkungan melalui pangan berkualitas. Kedai organik ini berdiri sejak 2011, dan awalnya sebagai private lunch and dinner resto yang hanya buka tiap Selasa.

SALAD_KOLONDJONO._FOTO_INSTAGRAM__KEDAIKOLONDJONO

SALAD_KOLONDJONO._FOTO_INSTAGRAM__KEDAIKOLONDJONO

Menu-menunya lezat. Beberapa yang favorit adalah nasi merah goreng, yang berbahan beras merah organik yang sangat tinggi serat dan bergizi. Ada juga chicken/fish katsu dengan sambal matah, daging ikan/ayam yang digoreng tepung dan disajikan bersama sambal khas Bali.

Jika ingin menu western, silakan cicipi greenbean chicken steak dan spaghetti dengan saus jamur. Coba juga gado-gado mentah dan mixed organic vegetables, yang berbahan sayur yang bebas pestisida. Semua menu di sini juga bebas monosodium glutamat (MSG), pewarna buatan, dan pemanis buatan.

MENU_IKAN_KOLONDJONO._FOTO_INSTAGRAM__KEDAIKOLONDJONO

MENU_IKAN_KOLONDJONO._FOTO_INSTAGRAM__KEDAIKOLONDJONO

Untuk minumannya, tersedia berbagai fresh juice dari buah-buahan segar dan juga green juice yang merupakan campuran aneka sayuran pilihan Anda sendiri.

Berbeda dengan Milas, Kolondjono merupakan resto dengan konsep modern dengan suasana yang cozy. Karenanya, kedai ini lebih cocok untuk makan sambil nongkrong bersama teman-teman seusai berolah raga.

Alamat: Jl Nusa Indah 37, Gandok Baru, Deresan, Condongcatur
Buka: Senin-Sabtu, pk. 12.00-23.00

Jika menginap di GAIA Cosmo Hotel, Anda juga bisa mencicipi aneka menu sehat dan sayuran di Semeja Asian Kitchen seperti pecel jawa, karedok, gudeg, tempe mendon, nasi kemangi ayam, dan nasi liwet ikan asin. Selain itu, ada pula menu-menu Asia yang rasanya juara, namun dengan harga yang terjangkau untuk kelas resto hotel berbintang. Yuk, makan sehat!

 
 

RELATED ARTICLES