#FoodHunting: 10 Tempat Kuliner Enak di Jogja yang Masih Buka Saat Sahur

 
 
 

Jogja terkenal sebagai surga kuliner malam. Saat bulan Ramadan, tak sulit mencari tempat makan untuk santap sahur karena kuliner bulan Ramadan di Jogja juga seru. Berikut 10 destinasi kuliner enak di Jogja dan selalu ramai saat sahur yang bisa Anda coba, dari street food sampai hotel berbintang:

GUDEG_PAWON._FOTO_VIA_anishidayah.com

GUDEG_PAWON._FOTO_VIA_anishidayah.com

1. Gudeg Pawon, Janturan

Bagi pencinta kuliner manis, warung gudeg yang berlokasi di Jalan Janturan 36-38 Warung Boto, Umbulharjo, ini cocok untuk santap sahur. Disebut Gudeg Pawon karena Anda akan dilayani oleh si penjual gudeg, Mbah Prapto, langsung dari pawon (dapur). Sepiring nasi gudeg dengan krecek, opor ayam, dan tahu-tempe, cukup mengenyangkan sebagai bekal puasa seharian. Harganya Rp11.000-24.000, tergantung lauk yang Anda nikmati. Gudeg Pawon buka pukul 22.00 hingga pagi. Sangat disarankan datang lebih awal jika tidak ingin antre panjang.

NASI-KUNING-BU-TUMINEM_KRANGGAN._FOTO_VIA_makanjogja.com

NASI-KUNING-BU-TUMINEM_KRANGGAN._FOTO_VIA_makanjogja.com

2. Nasi Kuning, Kranggan

Nah, kalau ingin yang gurih-gurih, warung tenda Bu Tuminem di Jalan Kranggan ini layak dicoba. Ada menu nasi kuning komplet dengan suwiran ayam, abon, kentang kering, kacang, sambal dan telur bacem. Selain enak dan mengenyangkan, harganya pun murah, Rp12.000 untuk seporsi. Buka dari pukul 22.00 dan mulai ramai saat jam sahur.

ANEKA_LAUK_SOTO_SAMPAH._FOTO_tribunnews.com

ANEKA_LAUK_SOTO_SAMPAH._FOTO_tribunnews.com

3. Soto Sampah, Kranggan

Disebut Soto Sampah karena kecambah yang berantakan seperti sampah. Namun, soto ini terkenal enak karena kuahnya menggunakan gajih sapi. Dengan kuah panas, soto ini pas untuk santap sahur dengan pilihan lauk sate telur, perkedel, dan gorengan. Warung yang bernama Rames dan Soto Si Mak ini buka 24 jam, namun paling ramai saat malam hari, pengunjungnya penuh hingga lesehan di pinggir jalan.

SEGO-MACAN-NASI-BAKAR._FOTO_VIA_makanjogja.com

SEGO-MACAN-NASI-BAKAR._FOTO_VIA_makanjogja.com

4. Sego Macan, Klebengan

Anda yang butuh karbo lebih saat puasa agar tak lemas, sebaiknya meluncur ke Sego Macan di Klebengan, di sisi selokan Mataram persis di depan Fakultas Peternakan UGM. Warung ini sudah cukup terkenal dengan nasi bakar dan nasi kucing porsi besar, karenanya disebut Sego Macan. Ada juga kopi klotok sebagai teman makan bagi Anda yang terbiasa membutuhkan kafein untuk melek saat sahur. Sego Macan merupakan salah satu favorit mahasiswa karena lokasinya di sekitar kampus selain harganya yang terjangkau kantong pelajar.

NASI-CAMPUR-DEMANGAN._FOTO_VIA_santapjogja.com

NASI-CAMPUR-DEMANGAN._FOTO_VIA_santapjogja.com

5. Nasi Campur, Demangan

Berani mencoba yang pedas saat sahur? Datang saja ke Demangan, tepatnya di depan Toko Tekstil Prima. Nasi Campur Demangan ini menjajakan aneka menu sayur rumahan yang serba pedas, seperti oseng, teri pedas, kering tempe, dengan berbagai lauk. Pilih sendiri menu Anda seperti layaknya sahur di rumah. Harganya murah meriah, mulai Rp7.500.

Baca juga: Demangan, Destinasi Belanja dan Pusatnya Kuliner Seru

6. Semeja Asian Kitchen

Sahur di hotel juga merupakan pilihan yang asyik. Semeja Asian Kitchen di GAIA Cosmo Hotel tetap buka selama bulan Ramadan. Mulai 25 Mei-24 Juni, ada program buka puasa KURMA (Kuliner Ramadan), sedangkan untuk sahur tersedia menu buffet di resto dari pukul 3.00-5.00. Ada beberapa sajian Timur Tengah selama bulan puasa yang wajib Anda coba. Cicipi juga signature menu Nasi Kebuli, Mini Kebab, dan Puding Kurma di Semeja Asian Kitchen.

SOTO_TEA_SALMON_DI_INSPIRING_DINING._FOTO_VIA_ciamikindonesia.wordpress.com

SOTO_TEA_SALMON_DI_INSPIRING_DINING._FOTO_VIA_ciamikindonesia.wordpress.com

7. Inspiring Dining

Resto fusion yang mengusung konsep healthy and halal ini buka 24 jam (kecuali Jumat) dan sangat asyik untuk nongkrong. Tidak hanya desain restonya yang bergaya industrial, melainkan juga menunya yang merupakan campuran antara western food dan lokal. Ada pasta dan steak, tetapi diolah dengan bumbu rempah Indonesia. Cobalah Soto Tea, semangkuk nasi dengan potongan salmon dan rempah dengan kaldu yang disiram green tea, yang memberikan rasa segar dan lezat. Resto yang dulu bernama Sepiring ini terletak di Jalan Kaliurang km 5.

LEGEND-COFFEE-JOGJA._FOTO_VIA_tempatwisatajogja.net

LEGEND-COFFEE-JOGJA._FOTO_VIA_tempatwisatajogja.net

8. Legend Coffee

Siapa bilang nongkrong di kafe harus mahal? Cobalah ke Legend Café di Kotabaru, persisnya di sekitar Stadion Kridosono. Harga menu di sini mulai Rp5.000-20.000. Kafe 24 jam yang berkonsep game and community café ini juga menyediakan aneka game seperti Playstation, Nintendo, dart games, karambol, mini bilyard, dan sebagainya. Selain aneka kopi, Anda bisa memesan makanan berat untuk sahur seperti bakmi godog, bakmi goreng, sop buntut, bubur ayam, nasi goreng, dan spaghetti. Kafe ini selalu penuh setiap malam.

HOUSE_OF_RAMINTEN._FOTO_VIA_telusurindonesia.com

HOUSE_OF_RAMINTEN._FOTO_VIA_telusurindonesia.com

9. House of Raminten

Resto 24 jam ini juga berlokasi di Kotabaru, di Jalan FM Noto 7. Konsepnya adalah kafe angkringan, alias resto yang menjual aneka kuliner rakyat, seperti nasi kucing, nasi liwet, aneka wedang rempa, dalam sebuah rumah bergaya Jawa. Penataan resto yang nyentrik dan nama-nama menu yang unik menjadikan House of Raminten selalu penuh pengunjung.

SATE_SAMIRONO._FOTO_VIA_makanjogja.com

SATE_SAMIRONO._FOTO_VIA_makanjogja.com

10. Sate Samirono

Warung sate legendaris ini terletak di Jalan Kolombo 105/38, persisnya di depan GOR UNY, dan buka 24 jam. Bagi penyuka aneka daging, kuliner ini sangat cocok untuk sahur. Konon daging kambing dipercaya membuat perut lebih lama kenyang saat menjalani puasa. Selain sate kambing, Anda bisa memesan sate ayam, sate sapi, tongseng, sate bebek, gulai, tengkleng, dan sate buntel. Sambal kecap dan sambal kacangnya sama-sama enak, dengan resep turun-temurun sejak 1977. Harga mulai Rp10.000.

 
 

RELATED ARTICLES