Wisata Religi Beziarah ke Makam Raja Mataram dan Gua Maria

 
 
 

Ziarah, telah menjadi tradisi hampir semua masyarakat di berbagai belahan dunia. Tradisi itu tidak hilang meski kemajuan teknologi sudah berkembang pesat. Setiap tahun, sepanjang hari, ribuan orang dari berbagai penjuru tempat di mendatangi tempat tempat suci seperti Mekkah, Madinah, Yerussalem dan Vatikan.

Di Indonesia, dalam skala yang lebih kecil, ada banyak tempat suci atau yang disucikan, yang ramai dikunjungi setiap tahun. Mereka ingin memperoleh berkah sekaligus kedamaian dengan berziarah ke tempat tempat suci yang diantaranya sudah berusia ratusan tahun.

Jogja juga menyimpan tempat tempat situs yang menjadi jujugan para umat beragama. Mereka tak ingin terputus dari masa lampau, dari para leluhur dan perintis penyebaran agama di tanah Jawa. Hampir semua agama mempunyai tempat-tempat berziarah dan destinasi wisata religi.

Di Jogja, Anda mungkin bisa mampir ke tempat-tempat berikut!

Makam Pajimatan Girirejo Imogiri


Pemakaman ini merupakan tempat bersemayamnya para raja-raja Kerajaan Mataram Islam yang kini diteruskan oleh Keraton Yogyakarta dan Keraton Surakarta. Makam ini dibangun oleh Raja Mataram terbesar dan legendaris Sultan Agung.

Terletak di gugusan Pegunungan Seribu yang masuk ke dalam wilayah Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, disinilah raja-raja Yogyakarta dan Surakarta di makamkan.

Tempat ini sering didatangi peziarah, baik dari kerabat keraton maupun warga biasa. Setiap hari Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon pada bulan Sura dalam penanggalan Jawa digelar prosesi ritual Nguras Enceh atau gentong di mana warga akan memperebutkan berkah dari air kurasan gentong.

Alamat: Imogiri, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55782

HASTORENGGO

HASTORENGGO

Makam Hastorenggo

Masih merupakan pemakaman yang berkaitan dengan Kerajaan Mataram Islam. Berada di wilayah Kotagede, Yogyakarta, di Makam Hastorenggo ini bersemayam jasad Danang Sutowijowo atau yang dikenal dengan nama Panembahan Senopati, yang tak lain adalah pendiri Kerajaan Mataram Islam.

Di makam ini terdapat pohon beringin yang telah berusia lebih dari 500 tahun dan konon katanya ditanam langsung oleh tangan Sunan Kalijaga seorang anggota Wali Songo yang termashur. Terdapat tempat pemandian yang airnya dipercaya bisa membuat awet muda. Hmm, patut dicoba!

Alamat: 50 m sebelah selatan Pasar Gede, Kecamatan Kotagede

NUR_IMAN

NUR_IMAN

Dusun Mlangi

Desa wisata tak melulu menyajikan sesuatu yang tradisional. Desa Wisata Religi Dusun Mlangi yang terletak di Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman terkenal sebagai desa para santri. Di sana, terdapat sejumlah pesantren yang mendidik santri dari berbagai jenjang usia.

Baca juga: Outbound dan Bertani, Berkunjung ke Desa-desa Wisata di Jogja

Mengunjungi dusun ini, kita juga bisa berziarah ke makam Kyai Nur Iman yang merupakan tokoh penyebar agama Islam di Jogja. Kyai Nur Iman, adalah kakak Sri Sultan Hamengku Buwono I dan mempunyai nama asli Pangeran Hangabehi Sandiyo.

Alamat: Dusun Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman

SENDANG_SONO

SENDANG_SONO

Sendang Sono

Meski menjadi tempat berdirinya Kerajaan Mataram Islam, Jogja juga mempunyai banyak tempat ziarah bagi umat Katolik. Salah satunya adalah Sendang Sono. Pada 1904, Romo Van Lith datang dan membaptis 173 warga Kalibawang Kulonprogo dengan air sendang atau mata air. Sejak saat itulah, tempat ini menjadi tempat perziarahan umat Katolik. Kompleks ziarah Sendang Sono ini terdiri atas kapel-kapel kecil, lokasi Jalan Salib, goa Maria, pendopo, sungai, dan kios penjualan perlengkapan doa.

Alamat: Desa Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Banjaroyo, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672

GUA-MARIA

GUA-MARIA

Gua Maria Tritis

Gua Maria Tritis merupakan salah satu tempat wisata rohani favorit. Gua Maria Tritis ini merupakan goa alami lengkap dengan stalaktit dan stalagmit. Dinamakan Tritis karena selalu ada air yang menetes (tumaritis)
dari stalaktit yang ada di langit-langit gua. Terletak di daerah Paliyan, Gunungkidul, Gua ini mulai dikenal sejak 1974, saat digunakan sebagai tempat Ekaristi Natal.

Alamat: Jl. Sapto Sari, Dusun Bulu, Paliyan, Giring, Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871

LINK SUMBER:

Sumber foto
1. jogjaland.net
2. wikimapia.org
3. instagram @bolakbalik
4. sabdatamatours.wordpress.com
5. njogja.com

 
 

RELATED ARTICLES