[What's On] Menikmati Malam di Jazz Mben Senen

 
 
 

Komposer Amerika, George GershSwin pernah berucap bahwa hidup ini tak ubahnya seperti alunan musik jazz, menjadi jauh lebih menantang jika kita melakukan improvisasi. Jazz Mben Senen ingin mengajak Anda berimprovisasi, keluar dari rutinitas sehari hari.

Begitulah. Jazz Mben Senen yang artinya jazz setiap Senin ingin menjadi penanda untuk memulai rutinitas dengan semangat baru. Anda bisa merasakan, Jazz Mben Senen adalah sebuah pertunjukan musik jazz yang elegan namun merakyat, sesuatu yang menjadi khas Kota Jogja.

Diselenggarakan oleh Komunitas Musik Jazz Jogja, Jazz Mben Senen diadakan di halaman Bentara Budaya, salah satu gedung kebudayaan di Jogja yang terletak di Kotabaru. Disamping menjadi tempat berkumpulnya para pencinta musik jazz, kegiatan ini juga memiliki tujuan memasyarakatkan musik jazz.

Bagi Anda yang sedang melancong ke Jogja, acara ini menjadi salah satu alternatif menghabiskan malam sambil menikmati Jazz di tengah-tengah keramahan Jogja. Anda bisa nge-jam sambil duduk santai menikmati permainan musik dari para musisi Jazz.

JAZZ-MBEN-SENEN_2

JAZZ-MBEN-SENEN_2

Jazz Mben Senen berawal dari acara Jazz On the Street di Boulevard UGM depan gedung Purna Budaya Yogyakarta di era 2007. Selanjutnya, acara ini hijrah ke halaman Bentara Budaya Yogyakarta. Tahun ini merupakan tahun ketujuh penyelenggaraan Jazz Mben Senen.

Digagas dengan semangat komunal, kegiatan ini diikuti 25 hingga 40 musisi yang aktif terlibat di setiap event, semisal nama-nama Dani Eriawan Wibowo (bassist profesional), Harli Yoga Pradana (bassist), Anggrian Hida (drummer), Riri (penyanyi), dan Diwa Utomo (penyanyi).

Acara ini dimulai setiap pukul 20.00 WIB hingga selesai. Jazz Mben Senen mungkin ibarat layar tancap, Anda cukup datang dan duduk, tanpa perlu membayar. Dengan sebuah panggung yang sederhana, Anda bisa duduk lesehan, Di tempat acara juga tersedia beberapa sajian menu tradisional dan angkringan.

Beberapa tahun belakangan, berbagai event Jazz digelar di Jogja. Jogja seperti menjadi surga bagi para penikmat Jazz. Jazz yang selama ini dikesankan sebagai musik elitis yang hanya bisa dinikmati sedikit orang, mampu dikemas menjadi milik semua.

JAZZ-MBEN-SENEN_3

JAZZ-MBEN-SENEN_3

Semuanya mampu disajikan dengan nuansa khas Jogja yang penuh dengan nuansa budaya. Seperti pagelaran Ngayogjazz yang diadakan di antara pemukiman warga di desa desa di pelosok Jogja.

Ada pula pagelaran jazz yang diadakan secara rutin setiap tahun di Candi Prambanan. Kampus Universitas Gadjah Mada bahkan tidak ketinggalan ikut berperan serta mengadakan event Jazz; Economics Jazz yang diadakan setiap tahun.

Tahun ini, event Jazz yang digelar sejak 1987 oleh ekonom terkenal Tony Prasetyantono itu mendatangkan vokalis lagu film-film produksi Walt Disney, Peabo Bryson. Penyanyi asal Amerika Serikat itu adalah Grammy Award.

Komunitas Jazz Mben Senen pun tahun ini pada Januari mengadakan acara jazz di Pantai Watu Kodok, namanya Sarapan Jazz. Dikemas dengan konsep berkemah di pinggir pantai. Bangun pagi, orang sudah disuguhi alunan musik jazz. Seperti tulisan di sebuah kaos Dagadu: Jogja Everyday is holiday.

LINK SUMBER:
foto 1: yogyakarta.panduanwisata.com
foto 2: bentarabudaya.com
foto 3: bentarabudaya.com

 
 

RELATED ARTICLES