#101Travel: Destinasi dan Tips Olahraga di Bukit-Bukit Jogja

 
 
 

Sambil berwisata ke tempat-tempat yang tinggi nan indah, Anda bisa menjalankan olahraga yang menantang adrenalin. Deretan bukit yang mengelilingi Daerah Istimewa Yogyakarta kini berubah menjadi tempat wisata favorit para pelancong. Jogja tak ubahnya sebuah cekungan yang dikitari oleh deretan bukit.

Mulai dari perbukitan di Imogiri di selatan yang tersambung hingga Pegunungan Sewu di Gunungkidul. Di utara ada kawasan dataran tinggi yang menjadi bagian dari Gunung Merapi, dan di barat Jogja ada perbukitan Menoreh.

Oleh warga yang penuh semangat dan daya kreasi yang tinggi, menyulap bukit bukit itu menjadi tempat tempat yang Instragammable, indah dan memesona.

Dari tempat tempat tinggi yang diliputi awan tipis itu Anda juga bisa menjalankan kegiatan olahraga. Mari kita jelajahi mulai dari kaki Merapi.

Downhill di Bukit Klangon Merapi

Dari bukit ini Anda bisa mendapatkan spot foto dengan latar puncak Gunung Merapi. Anda bisa menjajal trek downhill dengan menggunakan mountain bike. Puncak bukit ini telah menjadi pilihan para bikers.

Turun dari puncak bukit, trek di Bukit Klangon memberikan tantangan dan memacu adrenalin mulai dari tikungan tajam, jurang bekas aliran lava di kanan kiri yang hanya beberapa meter dari jalur trek, hingga kawasan hutan, perkebunan, serta perkampungan warga.

Quick tips:

  1. Cari tahu kontur medan yang ada di perbukitan ini.
  2. Atur kecepatan sepeda Anda dan selalu waspada juga sebaiknya kamu lakukan.
  3. Lengkapi dengan helm, pelindung siku, lutut dan juga kacamata.
  4. Jangan menjajal trek tanpa didampingi yang sudah profesional.
  5. Jangan hawatir, ada porter sepeda yang akan membawa sepeda Anda ke titik start.


Lokasi: Desa Glagaharjo Kecamatan Cangkringan, Sleman, DIY

SANDBOARDING

SANDBOARDING

Mercusuar Pantai Pandansari dan sandboarding di Pantai Parangkusumo

Pantai Patehan atau juga dikenal dengan Pantai Pandansari berada berdekatan dengan Pantai Parangkusumo. Menikmati Jogja dari ketinggian tidak selalu dari bukit, tapi juga bisa dari mercusuar.

Dari Pantai ini kita bisa menuju Pantai Pandansimo yang letaknya berdekatan, Disini Anda bisa menjajal Sandborading mirip skateboard tapi di hamparan gumuk pasir, serupa padang pasir.

Lokasi: Desa Gadingsari, kecamatan Sanden, kabupaten Bantul

PARALAYANG

PARALAYANG

Paralayang di Bukit Gupit

Setelah bermain air di Pantai Parangtritis yang tersohor itu, Anda boleh mencoba view baru di Bukit Gupit yang berada di sisi timur pantai. Meski pantainya masuk Kabupaten Bantul, bukit ini sudah masuk wilayah Gunungkidul.

Dengan menyewa peralatan seharga Rp375 ribu untuk wisatawan lokal, dan Rp475 ribu untuk wisatawan asing, Anda bisa terbang dengan Paralayang.

Quick tips:

  1. Ingatlah bahwa kegiatan ini tanpa asuransi, maka Anda harus menandatangani surat pernyataan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  2. Pakailah pakaian yang nyaman dan praktis. Helm dan perangkat pendukung akan disediakan oleh tim.
  3. Jika kalian ingin selfie dan foto-foto saat diudara Anda bisa bawa kamera sendiri.


Lokasi: Desa Giricahyo Gunungkidul.

KALIBIRU

KALIBIRU

Bersepeda menuju Kalibiru

Sebelum menikmati indahnya Kalibiru dan damainya Waduk Sermo, Anda bisa bersepeda menyusuri keindahan alam Kulon Progo, wilayah yang berada di Barat Kali Progo.

KALIBIRU_2

KALIBIRU_2

Anda akan dimanjakan dengan keindahan alam Pegunungan Menoreh. Anda juga bisa mencoba berbagai kuliner khas Kulonprogo yang ada. Setelah itu bersiaplah menikmati keindahan Kalibiru dari ketinggian.

Try these: kopi menoreh, minuman legen, gula semut, geblek, dan olahan daging kambing

Lokasi: Kalibiru, Kulon Progo

LINK SUMBER:
foto 1: youtube.com
foto 2: tegaramarizan.blogspot.co.id
foto 3: ennaytraveller.blogspot.co.id
foto 4 dan 5: denmasbrindhil.wordpress.com

 
 

RELATED ARTICLES