5 Akun Twitter untuk Rekomendasi Kuliner Jogja

 
 
 

Industri kuliner tumbuh seiring dengan perkembangan Kota Yogyakarta sebagai salah satu destinasi utama pariwisata di Indonesia. Kota ini tidak hanya identik dengan makanan tradisionalnya, tetapi juga kuliner modern yang dipengaruhi oleh beragamnya manusia dan budaya yang mewarnai Yogyakarta masa kini.

Kuliner bukan hanya soal urusan perut lagi, tetapi sudah menjadi bagian gaya hidup kaum urban. Bahkan, bagi para generasi milenial yang tak lepas dari dunia maya, kuliner menjadi salah satu cara untuk eksis di media sosial – foto dulu, unggah kemudian, makan belakangan.

FOTO_VIA_PEXELS.COM

FOTO_VIA_PEXELS.COM

Pelaku industri kuliner akhirnya merasa perlu mempermak wajah resto atau kafe miliknya agar memenuhi kriteria instagramable atau setidaknya menarik untuk difoto dan dibagikan ke pengguna Instagram, Twitter, dan Facebook. Cita rasa saja tak akan cukup untuk membuat tempat makan dan menu mereka viral dalam waktu cepat.

Banyak akun Twitter yang membagikan informasi tentang kuliner di Yogyakarta dan ikut membuat sebuah tempat makan terkenal. Mereka juga menjadi tempat rujukan seputar tempat makan enak di Kota Pelajar. Dari sekian banyak, berikut beberapa akun yang masih aktif, updated, dan punya banyak follower.

FOTO_VIA_PIXABAY.COM

FOTO_VIA_PIXABAY.COM

@jogjafood

Akun @jogjafood merupakan bagian dari @jogjaupdate yang khusus membagikan informasi tentang ragam kuliner di Yogyakarta melalui Twitter. Dengan memiliki lebih dari 8.600 follower dan cuitan lebih dari 3.600 kali, akun ini termasuk cukup aktif menulis tweet soal makanan hampir setiap hari.

Akun ini juga meneruskan informasi dari netizen yang mengirimkan foto dan info kuliner dengan mention akun pengirim. Anda pun bisa berbagi pengalaman tentang menu dan resto dengan cara mention ke salah satu akun di atas, dan admin akan menyebarkan ke netizen lainnya.

Sebagian besar cuitannya menyebutkan secara rinci menu dan tempat makan, harga, dan juga foto yang eyecatching – foto close up makanannya, bukan foto selfie. Jenis makanannya cukup beragam, segala jenis yang enak dan bisa dinikmati siapa saja, dengan harga terjangkau, dari ayam goreng, sop buntut, bakmi nyemek, mie ongklok, hingga es krim.

@makandijogja

Berikut ini akun yang memiliki follower 1.500-an, dengan cuitan lebih dari 3.000. Akun ini membagikan info kuliner yang kebanyakan berasal dari vendor makanan langsung, bukan dari netizen. Ia membagikan tautan dari Instagram dengan foto-foto cantik makanan yang dirilis langsung dari resto dan kafe..

Admin akun ini lebih banyak menulis cuitannya dengan bahasa persuasif yang langsung ditujukan pada netizen untuk menjajal sebuah tempat makan dan menunya. Akun ini juga menginformasikan pembukaan resto dan kafe baru di seputaran Yogyakarta.

@eatjogja

Click before you eat! Begitu bio akun yang punya sekitar 500 follower ini. Sebenarnya @eatjogja lebih sering menulis cuitan pendek soal kuliner di Yogyakarta, dan mencantumkan tautan dari laman eatjogja.com yang mengulas panjang lebar tentang tempat makan, menu, harga, dan rasa.

Singkatnya, tweet ini hanya merupakan pancingan agar netizen tertarik untuk megunjungi dan membaca laman cerita kuliner yang dikelola admin akun ini. Meski demikian, Anda sudah bisa tahu sekilas jenis makanan dan restonya, dengan melihat info dan foto yang tercantum di setiap cuitan.

@kulineranjogja

Akun ini hampir mirip dengan @makandijogja, namun admin lebih sering meneruskan informasi kuliner Yogyakarta dengan cara me-retweet dari cuitan asli akun vendor makanan. Sehingga, jika tertarik dan ingin tahu lebih jauh, follower akun ini dengan mudah bisa langsung mengklik akun resto atau café yang menulis cuitan. Akun ini punya 690 follower dan menulis twit lebih dari 1.600 kali, kebanyakan terkait kuliner.

@jajan_jogja

Akun ini merupakan referensi yang paling komplet. Sebab, @jajan_jogja tidak hanya mencuit kuliner Yogyakarta dengan tautan ke situs jajanjogja.com, tapi juga didukung dengan aplikasi Jajan Jogja yang bisa diunduh di ponsel Android lewat Google play.

Akun ini juga memberikan panduan rute jajan 10 tempat autentik makan pagi, 10 tempat autentik makan siang, 10 cemilan autentik sore hari, 10 tempat makan malam autentik, dan 10 tempat makan larut malam. Melalui Twitter dengan 2.800 follower dan 6.000 cuitan, admin juga sering menulis twit soal sejarah kuliner, seperti yang terkhir kali tentang "sego gurih" (nasi uduk) Sekaten.

Foto: Dok. Pixabay, pexels.com

 
 

RELATED ARTICLES