Jogja International Air Show, Sport Tourism yang Selalu Ditunggu

 
 
 

Punya waktu luang di akhir bulan ini? Atau mungkin punya agenda bisnis di Jogja? Jika ya, sebaiknya Anda sempatkan menyaksikan salah satu event olahraga dirgantara terbesar di Indonesia bertajuk Jogja International Air Show (JIAS) yang digelar 26-30 April 2017.

JIAS_2

JIAS_2

Event sport tourism ke-12 ini menyuguhkan pertunjukan kepiawaian para atlet olahraga adrenalin, seperti terjun payung, paralayang, paramotor, gantole, hingga microlight. Tahun ini, Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dan TNI Angkatan Udara sebagai penyelenggara menjanjikan gelaran yang lebih seru dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Selain membludaknya minat peserta dari luar negeri – hingga awal April lalu tercatat 62 atlet dari sembilan negara yang sudah mendaftar – event ini menggunakan lebih banyak lokasi dengan memanfaatkan open area di Kota Jogja, Sleman, Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo.

JIAS_3

JIAS_3

Yang istimewa, kali ini panitia juga akan mengambil lokasi dropping zone untuk terjun payung di Candi Borobudur dan Candi Prambanan.
Spot pendaratan di kawasan UNESCO world heritage ini menarik minat penerjun asing lebih dari perkiraan, meskipun pihak panitia tetap memberlakukan kuota agar atlet terjun payung FASI bisa ikut berpartisipasi.

Panitia juga memberlakukan kualifikasi sangat ketat bagi peserta, terutama unsur profesionalisme yang diukur dari jam terbang yang tercatat dalam logbook. Ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan yang mungkin saja terjadi.

JIAS_4

JIAS_4

Selain candi, Pantai Parangtritis dan Depok (Bantul) juga akan tetap digunakan sebagai lokasi utama JIAS, di samping lapangan udara Gading (Gunungkidul), alun-alun utara Jogja, dan alun-alun Wates (Kulonprogo).

Tak hanya olahraga udara, event ini juga dimeriahkan dengan berbagai acara, seperti karnaval, lomba aeromodelling, balap mobil (drag race), lomba menembak di Adisutjipto Shooting Range, hingga turnamen sepak bola Piala Dirgantara di Stadion Maguwoharjo yang diikuti delapan klub dari kompetisi Liga 1 dan 2.

JIAS_5

JIAS_5

Wisatawan juga akan dimanjakan dengan pertunjukan aerobatic Tim Jupiter dan Tim Pegasus TNI AU dengan berbagai atraksi dan manuver di udara yang memukau. Gelaran JIAS kali ini juga menampilkan pemecahan rekor nasional formasi besar terjun payung yang melibatkan 30 penerjun dengan pesawat Hercules, rekor terbang massal paramotor dan chuck glider. Tahun 2016 lalu, JIAS berhasil menyedot jumlah wisatawan lebih dari 50.000 orang.

JIAS_7

JIAS_7

Things to Prepare:

  • Payung atau topi. Jika Anda juga tertarik menyaksikan, Anda perlu mempersiapkan diri untuk berpanas-panasan di pantai dan lapangan.
  • Siapkan pula kamera untuk mengabadikan momen ini, karena biasanya setiap tahun ada lomba foto terbuka untuk umum. Siapa tahu jepretan Anda layak dipamerkan.
  • Jika ingin merasakan sensasi terbang tandem, Anda juga bisa mendaftar lebih dulu ke panitia JIAS, tetapi kuota yang tersedia sangat terbatas.
  • Dan yang terpenting adalah memesan hotel sesegera mungkin untuk memastikan Anda tidak kehabisan kamar pada saat event besar ini. The newest boutique hotel, GAIA Cosmo Hotel, siap menyambut dan memberikan layanan akomodasi selama Anda berada di Jogja.


Hotel di tengah kota yang berkonsep urban style ini memiliki fasilitas kolam renang dengan desain yang unik, yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan kebugaran setelah seharian lelah beraktivitas dan berwisata menyaksikan JIAS. Nikmati pula pengalaman menginap di kamar yang didesain untuk membuat Anda merasa nyaman dan betah.

JIAS_8

JIAS_8

GAIA Cosmo Hotel juga memberikan Anda kemudian dalam memesan kamar via internet. Selain melaluionline travel agent, Anda bisa booking
dengan memanfaatkan fasilitas web reservation di www.gaiacosmo.com. Keuntungannya, Anda akan mendapatkan rate yang lebih murah dengan metode ini karena tidak akan dikenakan channel fee seperti di agen. So, tunggu apa lagi, yuk ke Jogja!

Baca juga: Direct Booking via Website di GAIA Cosmo, Simple dan Menguntungkan

Foto-foto: Instagram dan Twitter @JogjaAirShow

 
 

RELATED ARTICLES