Things to Do in Jogja Amid Your Business Trip

 
 
 

Punya rencana mengunjungi Jogja untuk urusan bisnis? Atau kantor Anda ingin mengadakan rapat, workshop, atau training di kota ini? Tak ada salahnya bekerja sambil berlibur asal tak mengganggu waktu produktif Anda. Namun jika kelewat sibuk dengan agenda kerja yang superpadat, Anda tak perlu cemas tak bisa plesir di Jogja.

Ada beberapa aktivitas wisata di tengah kota yang bisa Anda lakukan untuk refreshing di tengah urusan kerja tanpa banyak menghabiskan waktu. Coba kunjungi atau lakukan ini:

FOTO_VIA_SIWOLES

FOTO_VIA_SIWOLES

Gowes pagi

Bangunlah lebih awal dan luangkan waktu untuk berolah raga sebelum memulai hari. Anda bisa bersepeda santai ke rute "goweser" Jogja yang terkenal, seperti Pakem, Kaliurang, Merapi, Tebing Breksi dan Candi Ijo. Tetapi jika tidak cukup waktu karena punya agenda kerja di pagi hari, Anda tetap bisa berkeliling ke sudut kota Jogja yang populer, seperti Tugu Mangkubumi, Alun-alun Kidul, atau Pojok Benteng Keraton. Beberapa hotel biasanya menyediakan sepeda untuk tamunya. Jika tidak, Anda bisa menyewanya. Selain membakar kalori dan membuat jantung sehat, Anda bisa menikmati suasana Jogja di pagi hari.

MASANGIN._FOTO_VIA_JEJAKTRAVELING

MASANGIN._FOTO_VIA_JEJAKTRAVELING

Mencari udara segar

Berjalan-jalan sejenaklah di Tamansari, destinasi paling populer dan ikon Kota Jogja selain Tugu Mangkubumi. Tamansari merupakan istana air yang dibangun abad ke-18 dan memiliki arsitektur yang indah dan unik, perpaduan gaya Jawa, China, Islam, Budha, Hindu, dan Eropa. Di komplek ini ada kolam pemandian, danau buatan, Sumur Gumuling, masjid bawah tanah dan lorong-lorong rahasia. Istana ini dulu digunakan oleh Sultan Yogyakarta sebagai tempat istirahat, meditasi, persembunyian, dan juga pemandian istri, selir dan putra-putri raja.

SUASANA_MALAM_DI_ALUN-ALUN_KIDUL._FOTO_VIA_JEJAKTRAVELING

SUASANA_MALAM_DI_ALUN-ALUN_KIDUL._FOTO_VIA_JEJAKTRAVELING

Untuk menjelajah kompleks ini dan berfoto-foto untuk Instagram, Anda hanya butuh waktu paling lama satu jam. Anda bisa menyisipkan kunjungan ini saat istirahat makan siang.

Alamat: Jl. Taman, Keraton (belakang Pasar Burung Ngasem)
Buka: pk. 09.00-14.00, tiket Rp 3.000/7.000

MIROTA_BATIK_MALIOBORO._FOTO_VIA_TELUSURINDONESIA

MIROTA_BATIK_MALIOBORO._FOTO_VIA_TELUSURINDONESIA

Cuci mata dan belanja

Anda belum ke Jogja jika belum menyusuri lapak-lapak pedagang di emperan Jalan Malioboro. Meski tempat ini sudah sangat umum, tapi Malioboro merupakan tempat paling nyaman untuk berbelanja dalam waktu singkat. Mencari cendera mata atau sekadar jalan-jalan bisa Anda lakukan sore hari. Jangan sungkan menawar harga jika ingin membeli apa pun di sini, entah itu baju, sandal, tas, atau kerajinan. Rumus umumnya, tawar dulu di bawah setengah harga, sebelum Anda menaikkannya.

MIROTA_BATIK._FOTO_VIA_TELUSURINDONESIA

MIROTA_BATIK._FOTO_VIA_TELUSURINDONESIA

Harga yang akan Anda dapat sangat tergantung keterampilan menawar. Namun jika Anda bukan seorang negosiator ulung, tak perlu khawatir. Anda bisa langsung menuju ke Mirota Batik di ujung selatan Malioboro, atau tepatnya di seberang Pasar Beringharjo. Toko “palugada” ini tak hanya menyediakan baju batik, tetapi juga pernak-pernik, kerajinan, lukisan, dan segala buah tangan khas Jogja.

Harganya? Tak perlu repot-repot menawar, Mirota Batik punya reputasi sebagai toko yang lengkap dengan harga yang miring. One stop shopping store ini juga menjadi favorit wisatawan asing tempat mereka mencari suvenir.

Alamat: Jl.Ahmad Yani No 9
Buka: pk. 09.00-21.00

SALAH_SATU_DISTRO_DI_DEMANGAN._FOTO_VIA_CLOTHINGJOGJA.FILES.WORDPRESS

SALAH_SATU_DISTRO_DI_DEMANGAN._FOTO_VIA_CLOTHINGJOGJA.FILES.WORDPRESS

Kuliner dan menyelusuri pusat distro

Malam hari di Jogja adalah waktu yang tepat untuk jalan-jalan sembari menikmati kuliner, salah satunya di Demangan yang merupakan pusat distribution outlet (distro) dan resto. Bagi Anda penggemar apparel
berlabel indie yang tak pasaran, jalan-jalan di Demangan tentu menyenangkan. Ada banyak outlet dengan produk dan harga yang beragam, seperti Nimco, Starcross, Troystore, Crowd, dan Mailbox. Jika lapar, tinggal pilih tempat makan di sekitar yang sesuai dengan selera Anda, ada resto Italia, Aceh, juga foodcourt dengan aneka menu.

Alamat: sepanjang Jl. Cendrawasih dan Demangan Baru

SUMUR_GUMULING__SARI._FOTO_VIA.

SUMUR_GUMULING__SARI._FOTO_VIA.

Wisata malam

Pilihan lain wisata malam Jogja adalah Alun-alun Kidul. Anda bisa mencoba permainan masangin di sini, yaitu berjalan di antara dua pohon beringin dengan mata tertutup. Konon, menurut mitos yang dipercayai, jika Anda berhasil melewati kedua beringin kurung, keinginan Anda bakal terkabul. Sepertinya mudah berjalan melewati celah lebar beringin kembar, tetapi kenyataannya banyak sekali yang gagal karena berjalan melenceng keluar jalur. Mau coba?

Setelah puas bermain masangin, Anda bisa menikmati suasana malam sambil mencicipi wedang ronde hangat di pinggir alun-alun sebelum kembali ke hotel.

Alamat: Alun-alun Kidul Keraton Yogyakarta

 
 

RELATED ARTICLES