5 Rekomendasi Tempat Makan di Prawirotaman

 
 
 

Prawirotaman, dikenal sebagai kampung turis di Jogja, salah satu tempat yang disukai pelancong asing, selain Sosrowijayan. Di sepanjang Jalan Prawirotaman yang terletak di selatan benteng Keraton Yogyakarta ini, terdapat banyak tempat makan yang mayoritas memiliki menu western food. Berikut ini beberapa resto dan kafe yang paling direkomendasikan oleh para pencinta kuliner.

WARUNG_HERU._FOTO_VIA_putrinyanormal.com

WARUNG_HERU._FOTO_VIA_putrinyanormal.com

Warung Heru

Ini merupakan warung sederhana yang menyediakan kuliner nusantara. Seperti namanya, warung pindahan dari Bugisan ini milik Heru Wahyono, vokalis band asal Jogja, Shaggydog. Sajiannya adalah aneka menu rumahan.

Ada beragam kuliner tradisional, mulai dari gado-gado, mangut lele, hingga bakmi goreng. Tetapi, menu spesial yang paling terkenal dan banyak dicari adalah rawon. Para penggemar rawon khas Jawa Timur merekomendasikan Warung Heru karena rasa rawonnya paling autentik di Jogja.

Juru masaknya tidak pelit kluwak (kepayang) sebagai bumbu utama kuah yang hitam pekat serta potongan daging empuk yang melimpah, apalagi ditambah telur asin dan tempe kering sebagai pelengkap taoge segar. Rasa pedas sambal rawonnya juga juara.

Banyak turis asing yang nongkrong, dan balik lagi makan di sini. Alasannya selain rasa yang mantap dan harga reasonable, warungnya bersuasana rumah dan unik, terutama meja-meja yang terbuat dari potongan kayu dan ornamen nyeleneh seperti tulisan “Save water, drink beer”.

Kisaran harga: Rp20.000- Rp30.000
Alamat: Jalan Prawirotaman No.33
Jam buka: pk.10.00-23.00

AGLIOO_PIZZA___PASTA._FOTO_VIA_CATPERKU

AGLIOO_PIZZA___PASTA._FOTO_VIA_CATPERKU

Aglioo Pizza and Pasta

Dari namanya, sudah bisa ditebak bahwa resto ini menawarkan kuliner khas Italia, dari pasta – spaghetti, – dengan beragam saus seperti bolognaise, carbonara, gamberi, tuna, sampai aneka pizza. Ada juga lasagna, zuppa, salad insolata, dan sirloin steak.

Salah satu menu istimewanya adalah Turkey pizza, yaitu roti pizza yang gurih dengan topping daging kalkun panggang yang empuk berbalut keju mozzarella yang meleleh, jauh lebih tasty dibanding pizza yang dijual di gerai cepat saji. Selain itu ada Aglioo Pizza yang bertabur smoked beef yang tak kalah lezat.

Resto ini mengklaim semua menunya bebas MSG, sehingga aman bagi Anda yang sensitif sodium atau natrium. Sebagai gantinya, sebagaimana masakan Italia, Aglioo banyak menggunakan minyak zaitun untuk mendapatkan sensasi gurih.

Ruang restonya juga nyaman dan cocok untuk meeting tim kecil. Dengan konsep open kitchen, yang terbuat dari kontainer bekas yang dipermak, Anda bisa menyaksikan juru masak membuatkan pesanan Anda.

Kisaran harga: Rp40.000-75.000
Alamat: Jalan Prawirotaman No. 43
Jam buka: pk.10.00-00.00

Il Tempo del Gelato

Ini adalah kafe es krim paling happening di Jogja. Kafe ini tak pernah sepi dari pengunjung yang rata-rata anak muda, dari siang hingga malam hari. Selain rasa es krimnya yang superlembut dan yahudsetting Kafe juga sangat Instagramable.

Ada lebih dari 20 pilihan rasa gelato yang menggoda. Untuk satu cone dengan dua rasa, harganya Rp25.000, dan satu cup Rp20.000-Rp65.000, tergantung ukuran dan jumlah rasa. Anda bisa memadukan gelato dengan sorbet rasa aneka buah-buahan segar.

Alamat: Jalan Prawirotaman No.43
Jam buka: pk.11.00-22.00

Milas Resto

Ini merupakan resto vegetarian dan penyuka makanan organik yang paling direkomendasikan di Yogyakarta. Resto ini tidak menyajikan makanan berbahan daging serta dijamin bebas MSG. Bahan utama masakannya adalah tempe, kentang, jagung, jamur, dan beragam sayuran bebas pestisida dan pupuk kimia.

Resto ini tidak membuat daging tiruan dengan bahan protein nabati untuk memanipulasi lidah para vegan. Semuanya menu asli berbahan non-daging. Beberapa menu yang paling populer adalah steak tempe, burger jagung, dan rosti. Aneka jus buah segar juga tersedia sebagai minuman.

Harga: mulai Rp30.000
Alamat: Jalan Prawirotaman 4 No.127B
Jam buka: pk.15.00-21.00 (Selasa-Jumat), pk.12.00-21.00 (Sabtu-Minggu)

BREAKFAST_AT_VIAVIA_JOGJA__PRAWIROTAMAN._FOTO_VIA_mygola.com

BREAKFAST_AT_VIAVIA_JOGJA__PRAWIROTAMAN._FOTO_VIA_mygola.com

ViaVia Resto and Bakery

Resto ini juga sedang hits di Jogja, apalagi sejak setting adegan Rangga dan Cinta di film Ada Apa Dengan Cinta 2. Viavia dibuat oleh para traveler Belgia dua dekade lalu sebagai tempat berkumpul dan bertukar cerita, sebelum kemudian dikembangkan menjadi resto dua lantai dengan desain yang cozy.

Resto ini menyediakan beragam western food dan bakeri, ada juga makanan lokal. Menu andalannya selalu berubah setiap dua-tiga minggu untuk mengatasi kebosanan pengunjung. Beberapa di antaranya yang pernah populer adalah Indian Vegie Curry, Middle Eastern mezzeAfrican chicken stew, Norwegian salmon, Australian Steak, dan Flemish beef stew.

Harga: Rp13.000-115.000
Alamat: Jalan Prawirotaman No.30
Jam buka: pk.07.30-23.00

 
 

RELATED ARTICLES