Kolaborasi GAIA Cosmo Hotel X Jogja Festivals 2017

 
 
 

Jogja itu nyeni! Hanya di kota ini, trotoar, jalanan, dan plaza menjadi tempat para seniman berekspresi. Dan hanya di Jogja, seni tak lagi disekat-sekat dalam ruang pamer yang eksklusif. Setiap sudut kota adalah ruang publik yang bisa disulap menjadi galeri, tempat festival, dan panggung konser.

Saking banyaknya ruang publik yang ramah seni, seorang seniman dan peneliti dari Osaka, Tomoko Hayashi, menyebut Jogja sebagai kota yang paling nyaman bagi seniman. Jogja juga menjadi pusat seni kontemporer Indonesia sekaligus magnet yang menarik minat seniman luar kota untuk hijrah dan berkarya di sini.

ARTJOG._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

ARTJOG._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

Di Jogja, tak hanya galeri, museum, dan monumen yang bisa menjadi art space, tetapi juga hotel. GAIA Cosmo Hotel adalah salah satunya. Hotel yang juga nyeni dan berkonsep urban style ini tak hanya sebagai tempat menginap, tetapi juga menjadi galeri alternatif dan ruang apresiasi seni. Interior hotel, seperti pada lobby, didesain secara artistik sehingga selaras dengan konsep seni rupa kontemporer.

Baca juga: Konsep Hip dan Industrial Arsitektur GAIA Cosmo Hotel

FESTIVAL_LAYANG-LAYANG._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

FESTIVAL_LAYANG-LAYANG._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

Manajemen GAIA Cosmo telah membuka diri untuk bekerja sama dengan para seniman. Selain menyediakan ruang teater untuk pertunjukan seni yang bisa menampung 200 orang, manajemen hotel juga sedang merancang ruang galeri seni rupa modern yang bisa digunakan para seniman Jogja untuk menggelar art exhibition.

Tidak hanya sebagai ruang pamer, seniman juga bisa memanfaatkan galeri itu sebagai tempat menawarkan karyanya kepada para pencinta seni, terutama para tamu hotel.

“Prinsipnya, GAIA Cosmo terbuka untuk bekerja sama dengan seniman yang membutuhkan ruang display. Kami juga siap memberikan support bagi event seni di Jogja,” kata General Manager GAIA Cosmo Hotel Jogja, Ivan Andries.

PESTA_BONEKA._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

PESTA_BONEKA._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

Jogja Festivals

Sebagai hotel MICE, GAIA Cosmo juga mendukung sejumlah festival di Jogja, melalui sponsorship, penyediaan venue untuk acara, press conference, dan launching, serta penawaran special rate bagi para tamu seniman atau peserta festival dari luar kota dan luar negeri.

“GAIA Cosmo ikut berkontribusi dalam Kustomfest tahun lalu melalui
sponsorship. Sekarang kami sedang mendukung acara Biennale Jogja 2017,” ujar Ivan.

KUSTOMFEST._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

KUSTOMFEST._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

Biennale merupakan event pameran seni rupa kontemporer dua tahunan yang digelar seniman Indonesia dan seniman dari negara-negara ekuator, yang tahun ini mengundang perupa dari Brazil. GAIA Cosmo Hotel menjadi sponsor event pembuka atau pra-Biennale yang digelar di UGM, 20-25 Maret.

GAIA Cosmo Hotel juga ambil bagian dalam upaya mendorong Jogja menjadi salah satu Kota Festival Dunia, seperti Berlin, Edinburg, dan Singapura, dengan ikut membidani lahirnya Jogja Festivals – sebuah platform strategis yang menyatukan 15 festival besar di Jogja, yaitu Festival Gamelan, Contemporary Music Festival, Pesta Boneka, Kustomfest, Jogja Blues Explosion, Jogja-Netpac Asian Film Festival, Cellsbutton, Festival Musik Tembi, Festival Layang-layang, Festival Film Dokumenter, Biennale Jogja, Bedhog Art Festival, Asia Tri Jogja, Ngayogjazz, dan ArtJog.

BIENNALE._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

BIENNALE._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

"Jogja Festivals adalah platform kerjasama antar-festival unggulan di Jogja, yang sebelumnya berjalan sendiri-sendiri tanpa koordinasi. Tujuannya bukan membuat acara baru, tetapi mensinergikan dan menguatkan
branding festival yang sudah ada. Jadi, ini semacam forum festival," ujar Direktur Jogja Festivals, Heri Pemad dari ArtJog.

"Kami mengusung tagline 'Experience Diversity', konsep yang mewadahi keberagaman festival yang juga terinspirasi dari keberagaman Jogja saat ini."

Bertempat di GAIA Cosmo Hotel, 9 Maret 2017, 15 promotor festival mengukuhkan diri untuk bergabung dalam Jogja Festivals. Platform kerja sama ini akan menjadi rumah besar bagi seniman, pegiat event, dan promotor dalam mengembangkan festival, termasuk merumuskan peta festival Jogja untuk menarik lebih banyak wisatawan.

BEDHOG_ART_FESTIVAL._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

BEDHOG_ART_FESTIVAL._FOTO_VIA_jogjafestivals.com

“Kami sudah menggagas kerjasama ini selama dua tahun, dan akhirnya bisa terwujud sekarang. Agenda besarnya adalah membuat Jogja menjadi kota festival andalan,” lanjut Heri.

Bagi GAIA Cosmo, kerja sama dengan Jogja Festivals ini menjadi langkah strategis untuk ikut aktif mempromosikan Jogja sebagai destinasi utama Indonesia sekaligus meningkatkan angka kunjungan wisata.

“Kami melihat pentingnya usaha bersama untuk menggagas Jogja sebagai Kota Festival, sehingga kami sangat mengapresiasi kerja sama ini. GAIA Cosmo sepenuhnya siap mendukung dan menjadi partner setiap event Jogja Festivals ke depan,” kata Ivan.

 
 

RELATED ARTICLES