Wisata Kuliner dalam Nuansa Budaya Jawa di Rumah Joglo

 
 
 

Yogyakarta menyediakan banyak pilihan wisata kuliner. Tergantung selera dan apa yang sedang ingin Anda makan. Jika ingin gudeg, kita tinggal memilih mau makan di mana, makan di lesehan, restoran, atau hotel. Demikian pula, kalau ingin makanan yang spesifik seperti soto atau ingkung ayam, ada banyak pilihan tempat makan yang bisa kita tuju.

Bila Anda tak sekadar mempertimbangkan menu dan rasa, tapi juga mementingkan tempat yang nyaman dan bernuansa tradisional, makan di rumah makan berbentuk joglo adalah pilihan yang pas.

Apalagi, jika perjalanan ke Jogja juga dalam rangka agenda bisnis. Pembicaraan bisnis bisa dilakukan sambil menikmati sajian yang "maknyus" dan merasakan kenyamanan joglo, khas rumah Jawa.

Berikut ini beberapa rumah makan joglo yang recommended:

INGKUNG_JOGLO

INGKUNG_JOGLO

Ingkung Joglo

Seperti namanya, ingkung merupakan menu andalan rumah makan ini. Ingkung adalah ayam yang dimasak secara utuh. Selain dimasak secara tradisional dengan tungku, ayam yang digunakan adalah ayam asli jawa dengan bahan bumbu khas Ingkung Joglo.

Selain memesan ingkung, kita juga bisa memesan menu lainya, seperti gudeg manggar, gulai nila, nilai goreng/bakar, lele goreng, cah kangkung, oseng daun pepaya.

Alamat: Jl. Pajangan Kalakijo, Guwosari, Pajangan, Bantul.

Joglo Resto

Joglo Resto menawarkan konsep foodcourt. Ada 12 gerai makanan disini, yang menawarkan aneka kuliner Nusantara seperti ayam kampung, sop buntut, masakan khas Aceh, seafood, masakan khas Lombok, dan masakan khas Makasar. Joglo resto juga bisa digunakan untuk menggelar even bisnis seperti launching produk

Alamat: Jl. Colombo No. 9 A

Joglo Mak uyut

Meski menggunakan rumah joglo, Joglo Mak Uyut justru menyajikan makanan khas Padang. Kita bisa memesan Nasi Rendang Mak Uyut yang menjadi salah satu andalannya. Bumbu rendang yang digunakan sama dengan rsep rendang lainnya, tapi ditambah dengan campuran kacang merah di dalamnya. Ada juga ikan teri, sambal brandan, dan lalapan. Nasi Empal Mak Uyut, Capcay, cumi goreng tepung, dan beberapa menu lainnya.

Alamat: Jl. Palem Raya, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman

Joglo Mlati Traditional Restaurant

Rumah makan ini mempunyai empat bangunan joglo yang tiga di antaranya sudah berusia puluhan tahun, yakni dibangun pada 1934 di Jepara, daerah yang terkenal ukiran kayu di Jawa Tegah. Lalu ada Joglo Satru yang dibangun pada 1899 di Kudus, Jawa Tengah. Selanjutnya ada Nogosari dan Rejoso yang dibangun pada 1954.

Joglo Mlati menyuguhkan sejumlah paket makan istimewa. Sambil menikmati makanan, Anda akan disuguhkan pertunjukan Sendratari Ramayana dan dengan diiringi alunan musik Traditional gamelan dan "tembang" merdu seorang sinden. Makanan disajikan di atas tampah yakni alat penampi beras.

Alamat: Jl. Palem Raya, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman

BALE-RAOS1

BALE-RAOS1

Bale Raos

Boleh jadi inilah tempat makan yang "sebenar-benarnya Jawa". Selain karena tempatnya yang berada di dalam lingkungan Keraton Yogyakarta, juga karena sajiannya yang merupakan warisan para raja Yogyakarta.

Bale Raos Restaurant menyajikan hidangan yang menjadi kegemaran Raja-raja Yogya, dari menu wajib Sri Sultan Hamengku Buwono VIII hingga Sri Sultan HB X. Bale Raos digagas oleh Gusti Kanjeng Ratu Hemas, istri Sri Sultan HB X, sebagai cara untuk melestarikan kuliner keraton.

Menunya antara lain, kapiratu, hidangan pembuka khas keraton yang bentuknya menyerupai lumpia basah, merupakan hidangan ringan kegemaran Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, (1921-1939). Dibuat dari daging sapi giling, digulung dengan dadaran telur, disajikan dengan acar ketimun dan wortel

Alamat: Jl. Magangan Kulon No. 1

LINK SUMBER
Foto 1: baleraos.co.id
Foto 2: indonesia-feature.blogspot.co.id
Foto 3: ingkungjoglo.com

 
 

RELATED ARTICLES