Berkunjung ke Destinasi Wisata Kreatif Jogja

 
 
 

Liburan ke Jogja, selain menghasilkan koleksi foto selfie dan kenangan seru, ada banyak buah tangan yang bisa kita bawa untuk dibagi-bagikan kepada kerabat dan teman. Mulai dari bakpia berbagai rasa, gudeg yang kini bahkan lebih praktis berkat kemasan kaleng, hingga kain batik.

Selain berkunjung ke pantai, Malioboro atau ke Borobodur dan Prambanan, ada banyak destinasi wisata kreatif yang bisa kita singgahi. Salah satunya adalah mampir ke pabrik tas Dowa, tas rajutan yang sudah merambah pasar internasional. Tak perlu ke Orchad Road Singapura, untuk membawa oleh-oleh berkelas dunia, cukup datang ke Jalan Godean.

Dowa Bag and Factory

Berada sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Jogja, showroom Dowa di Jalan Godean tampil dengan desain yang mewah. Berkunjung ke sini, kita akan betah berlama-lama untuk melihat aneka produk Dowa. Tak hanya tas, tapi juga produk-produk lainnya, seperti dompet, tas laptop, hingga pouch untuk smartphone.

Anda juga bisa melihat bagaimana berbagai produk Dowa dihasilkan dengan kelihaian tangan. Salah satu nilai jual Dowa adalah tas ini dibuat dengan teknik rajut dan handmade . Tas-tas Dowa ini sudah terpajang di berbagai butik di mancanegara, salah satunya di Fifth Avenue, New York. Di Amerika, nama ini berganti jadi The Sak, sedangkan untuk pasar eropa, brand ini berada di bawah bendera The Read’s.

Tepat di sebelah outlet, Anda bisa melihat proses pembuatan tas tersebut hingga menjadi produk siap pakai. Kini, selain di Jalan Godean, showroom Dowa juga terdapat di Jalan Mangkubumi dan Kota Solo. Setelah mengelilingi gerai Dowa, melihat-lihat aneka produk Dowa, sampai Anda bingung memilih yang mana, kita akan dimanjakan dengan aneka jajanan pasar tradisional dan minuman ringan. Tas Dowa dibanderol paling murah Rp800 ribu.

Alamat: Jl. Godean KM. 7, Godean, Sidomoyo, Godean, Kabupaten Sleman, +62 274 6497555

YOGYATOURIOUM

YOGYATOURIOUM

Yogyatourium

Saat mendengar nama ini pertama kali, sudah terasa ada nada bermain-main, pelesetan khas Jogja. Ini adalah pusat penjualan berbagai produk Dagadu Djogja, sebuah nama yang juga menjadi penanda kota ini. Ini bukan sekadar tempat jualan, tempat wisatawan menemukan kaus Dagadu yang asli, tapi juga adalah ruang publik yang penuh dengan semangat kreativitas, sesuai kepanjangan namanya; Yogyakarta Tourism Laboratorium.

Di sini, Anda juga bermain-main sambil menikmati berbagai wallpaper lucu yang terpasang di seluruh dinding bangunan berlantai tiga. Usai berbelanja, Anda bisa mencoba permainan bola lempar, roda berputar, lempar cincin, serta tiga set "Kotak Silang Kota" dengan pertanyaan seputar wisata di Yogyakarta.

Juga terdapat taman dan beberapa stand angkringan dan makanan ringan yang bisa dicicipi. Yogyatourium menjadi one stop shopping destination, sebuah tempat berbelanja sekaligus destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Alamat: Jl. Gedongkuning Selatan, +62 274 373441

KAMPUNG-KEPARAKAN-PUSAT-KERAJINAN-KULIT

KAMPUNG-KEPARAKAN-PUSAT-KERAJINAN-KULIT

Kampung Industri Kulit Keparakan

Keparakan adalah kampung yang terletak di pinggir Kali Code. Sudah sejak lama kampung ini dikenal sebagai pusat industri kerajinan kulit. Produk-produk sepatu, tas, sandal, dan jaket kulit yang diproduksi kampung ini sudah diekspor hingga ke luar negeri, seperti Eropa dan Jepang.

Di kampung ini terdapat sekitar 25 showroom yang memamerkan produk-produk kerajinan kulit. Kita bisa menyaksikan langsung proses produksi di bengkel kerajinan. Selain kulit, pengrajin di Keparakan juga mengembangkan produk kerajinan dari eceng gondok atau serat alami.

Alamat: Jl. Kol. Sugiyono, Mergangsan, Keparakan, Mergangsan

LINK SUMBER
Foto 1: www.diahdidi.com
Foto 2: twitter.com/dagadudjokdja
Foto 3: jogjasignature.com

 
 

RELATED ARTICLES