Jogja's Top Spots Curated by @yuayuyuk

 
 
 

Kata penyair Joko Pinurbo, Jogja terbentuk dari rindu, pulang, dan angkringan. Nggak percaya? Datanglah ke kota ini, niscaya Anda akan dimabuk rindu untuk kembali. Seperti pengalaman Ayunda Rachmi, seorang traveler dan instagrammer, yang telah dibuat kangen oleh suasana Jogja, Anda pun bisa mempertimbangkan tempat-tempat menarik di Jogja, pilihan pemilik akun @yuayuyuk ini.

PUNTHUK_SETUMBU._FOTO_VIA_bestindonesiatourism.top

PUNTHUK_SETUMBU._FOTO_VIA_bestindonesiatourism.top

Nature and Adventure

Bicara kecantikan alam, destinasi favorit Ayunda adalah deretan pantai-pantai Gunungkidul, Goa Jomblang dan Grubug, Merapi, hingga Punthuk Setumbu. Tempat-tempat ini menawarkan panorama eksotis hingga petualangan yang seru bagi traveler.

Gunungkidul kaya akan pantai berpasir putih nan indah yang tidak hanya layak untuk liburan keluarga, tetapi juga wisata adrenalin. Jika bernyali, cobalah panjat tebing di Pantai Siung, berselancar di Pantai Krakal, paralayang atau gantole di Bukit Gupit, atau bergantung dengan gondola di Pantai Timang.

PANTAI_POK_TUNGGAL__GUNUNGKIDUL._FOTO_ARI_SUSANTO.

PANTAI_POK_TUNGGAL__GUNUNGKIDUL._FOTO_ARI_SUSANTO.

Goa Jomblang dan Grubug menawarkan wisata petualangan susur gua yang memadukan single-rope technique dan trekking. Gua ini menyimpan hutan purba dan fenomena spektakuler yang disebut "cahaya surga" di dalam gelapnya perut bumi.

Di balik ganasnya erupsi dan awan panas, Merapi selalu punya pesona bagi para traveler. Ada banyak cara menikmatinya, dari petualangan lava tour dengan Jeep Willys hingga menikmati sunrise di lereng gunung teraktif di dunia itu.

Sunrise indah juga bisa Anda nikmati dari Punthuk Setumbu, dengan bonus panorama Candi Borobudur di kejauhan yang berselimut kabut pagi. Syaratnya Anda harus berangkat dari Jogja sebelum subuh untuk mencapai bukit yang berlokasi di Kabupaten Magelang ini.

CANDI_RATU_BOKO._FOTO_VIA_YOGYA-backpacker.com

CANDI_RATU_BOKO._FOTO_VIA_YOGYA-backpacker.com

History and Heritage

Ayunda menyukai Candi Ratu Boko, Candi Ijo, Prambanan, dan Borobudur sebagai pilihan wisata sejarah. Tetapi, bukan karena sekadar cerita sejarah saja, lokasi candi-candi ini juga memiliki pemandangan yang memukau.

CANDI-IJO._FOTO_VIA_kotajogja.com

CANDI-IJO._FOTO_VIA_kotajogja.com

Candi Ratu Boko dan Candi Ijo sama-sama menawarkan panorama sunset yang indah. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat candi ini diburu para traveler yang ingin mengabadikan momen tenggelamnya matahari di balik cakrawala Kota Jogja. Sementara Prambanan dan Borobudur adalah dua candi besar yang sudah sangat populer di Indonesia.

Food choice

Sebagai pencinta kuliner, Ayunda menyukai semua jenis makanan. Namun, ia punya rekomendasi tempat makan di Jogja yang layak dicoba, yaitu Gudeg Yu Djum, Nanamia Pizzeria, House of Raminten, dan Angkringan Tugu.

GUDEG-YU-DJUM._FOTO_VIA_gudegyudjumpusat.com

GUDEG-YU-DJUM._FOTO_VIA_gudegyudjumpusat.com

Gudeg Yu Djum adalah legenda kuliner tradisional di Jogja. Rumah makan yang sudah ada sejak 1950 ini menjajakan gudeg dengan rasa gurih-manis yang disajikan dengan krecek yang pedas, ayam, telur, serta tahu dan tempe bacem, dikemas dalam besek dan kendil. Sedangkan Nanamia Pizzeria adalah resto dengan menu tradisional Italia, seperti pizza, panini, zuppe, lassy, insalata, dan antipasti, yang konon menggunakan resep asli dari negeri asalnya.

Baca juga: Sensasi Kuliner Malam di Gudeg Pawon

HOUSE-OF-RAMINTEN._FOTO_VIA_indoturs.com

HOUSE-OF-RAMINTEN._FOTO_VIA_indoturs.com

House of Raminten menawarkan kuliner tradisional yang dikemas dalam menu lucu dan nyleneh. Restonya sendiri juga unik, bergaya tradisional dengan sentuhan kata-kata jenaka khas Jogja. Anda harus sabar, karena resto ini selalu penuh pengunjung yang membuat antrean panjang. “Kami ini semua lulusan ‘SLB’, kalau agak lama harap maklum karena kami kenthir (gila),” begitu tulisan di dindingnya.

Angkringan merupakan warung gerobak dan tenda khas Jogja yang menjual makanan rakyat, dari nasi kucing, gorengan, aneka sate, serta kepala dan cakar ayam. Salah satunya yang populer adalah Angkringan Tugu dengan Kopi Joss, yaitu kopi panas yang dicampur bara arang kayu.

FOTO_1_INSTAGRAM__YUAYUYUK

FOTO_1_INSTAGRAM__YUAYUYUK

Where to stay

Ada banyak sekali pilihan tempat menginap yang seru di Jogja, tapi GAIA Cosmo Hotel menjadi pilihan Ayunda kali ini. Sebagai traveler yang sudah merasakan berbagai servis dan fasilitas hotel di berbagai penjuru, pengalaman menginap GAIA Cosmo Hotel dirasa istimewa karena ia merasakan ambiance of hospitality dan pengalaman menginap yang menyenangkan di butik hotel bintang 4 ini Tidak hanya desain hotelnya yang modern dan keren, tetapi juga kamar yang ditata bagus dan nyaman. Layanannya pun ramah dan memuaskan. Ia juga menikmati beberapa menu di Semeja Asian Kitchen seperti tahu telor, kari ayam, nasi keju, dan iga.

FOTO_2_INSTAGRAM__YUAYUYUK

FOTO_2_INSTAGRAM__YUAYUYUK

“Desain hotelnya benar-benar dipikirinlobby, kolam, kamar. Semuanya bagus. Makanan di Semeja juga enak dan harganya nggak terlalu mahal. Menurut saya, ini hotel di Jogja yang sangat recommended,” kata traveler
yang menghabiskan dua malam di hotel yang berlokasi di Jalan Ipda Tut Harsono 16 ini.

FOTO_3_INSTAGRAM__YUAYUYUK

FOTO_3_INSTAGRAM__YUAYUYUK

Bagaimana menurut Anda, ingin mencoba?

 
 

RELATED ARTICLES