Belajar Seluk-Beluk Kopi di Kelas Kopi GAIA Cosmo

 
 
 

Kopi seperti sudah jadi salah satu ciri khas GAIA Cosmo. Kita bisa merasakannya langsung sejak dari pintu depan hotel. Karung-karung kecil berisi biji kopi yang didatangkan dari sejumlah daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia menyambut kehadiran tamu dan pengunjungnya.

Tak sampai situ saja, begitu memasuki area lobi, kita pun disambut Inspira Roasters yang membuat kita ingin segera duduk nyaman menyeruput kopi di tengah suasananya memadukan desain modern dengan inspirasi tradisional.

Bicara soal kopi, GAIA kembali memperkuat signature ini dengan menggelar Kelas Kopi, yang merupakan sesi berbagi ilmu tentang seluk-beluk kopi. Lewat kelas ini, GAIA mengajak masyarakat luas untuk belajar bersama tentang beragam hal seputar kopi.

Manager F&B GAIA Cosmo, Angga Adhitya Heryanto menjelaskan, kalau ada banyak hal yang bisa kita dipelajari dari kopi. Ia bukan sekadar minuman, tapi juga kental unsur ceritanya; mulai dari ketika para petani merawatnya, memetik, hingga memanen. "Para ibu dari suku Gayo, Aceh misalnya, mereka sangat teliti soal memetik buah kopi," ujar Angga.

Karena itu, belajar tentang kopi sama juga belajar tentang ragam kebudayaan, sejak dari tanaman kopi itu dirawat dan diolah petani, sampai kemudian di-roasting dan disajikan ke dalam cangkir. Bahkan, meminum kopi pun ada tata caranya, tak bisa asal menyesap saja.

Maka itu Kelas Kopi di GAIA ini digelar, dan rencananya mulai berlangsung pada awal April. Kelas ini bisa diikuti siapapun yang tertarik mengenal kopi lebih dalam, serta menyerap nilai kebudayaan di balik perjalanan tersajinya secangkir kopi. "Jadi ini bukan untuk kelas barista," imbuh Angga.

Nantinya, peserta bakal diajak memahami berbagai detail informasi terkait kopi. Sebagai permulaan misalnya, kelas akan mengulas tentang berbagai kopi di Indonesia. "Negeri ini adalah surganya kopi. Kopi-kopi yang datang dari Amerika dan Eropa sebetulnya adalah kopi dari Indonesia," ungkap Angga.

Di Kelas Kopi GAIA ini juga, peserta bisa merasakan keberagaman itu. Kopi Gayo dari Aceh misalnya, akan menawarkan aroma yang berbeda dengan Kopi Flores, begitu pula dengan kopi-kopi yang berasal dari tanah Jawa, yang memiliki citarasa khas tersendiri.

Usai mengikuti kelas, para peserta akan mendapatkan sertifikat. Maka itu, mari ikuti Kelas Kopi di GAIA; dan untuk selalu mendapatkan update terkait kelas ini, kita bisa mengikutinya di akun Instagram gaiacosmohotel. Karena di GAIA, kopi bukan hanya untuk dijual sebagai minuman, tapi juga tradisi yang mesti dijaga kelestarian dan orisinalitasnya.

 
 

RELATED ARTICLES