5 Days Romantic Adventure in Jogja

 
 
 

Jika Anda merencanakan honeymoon yang seru dan sedikit menantang, sebaiknya pertimbangkan Jogja sebagai destinasi perjalanan. Luangkan waktu selama lima hari dan nikmati petualangan alam bersama pasangan Anda ke spot-spot keren dan romantis. Jangan lupa, bawa outdoor gear dan tentu saja kamera untuk mengabadikan romantic adventure Anda berdua berkeliling Jogja.

Day 1: Gunung Api Purba Nglanggeran

EMBUNG_NGLANGGERAN._FOTO_VIA_gunungapipurba.com

EMBUNG_NGLANGGERAN._FOTO_VIA_gunungapipurba.com

Hiking ke Gunung Api Purba Nglanggeran bersama pasangan mungkin melelahkan tapi akan jadi pengalaman tak terlupakan. Meski hanya sekitar satu jam, jalur pendakiannya cukup menantang, melewati celah batuan andesit yang hanya cukup dilewati satu orang dan menapaki jalur yang sedikit curam dengan bantuan tali. Namun, rasa lelah akan terbayar oleh panorama elok dari atas. Bawalah tenda untuk berkemah di puncak jika ingin berburu sunrise.

Anda juga bisa trekking menuju air terjun bertingkat Kedung Kendang tak jauh dari gunung api, lokasinya di tengah persawahan. Tetapi, air terjun ini mengalir hanya saat musim hujan saja. Atau jika ingin suasana romantis, nikmati panorama sunset di embung Nglanggeran. Saat senja, sinar matahari keemasan terpantul indah oleh air di telaga buatan ini.

  • Alamat: Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul
  • Buka: 24 jam
  • Retribusi gunung api Rp7.000-9.000, embung Rp 2.000, air terjun gratis


Day 2: Goa Jomblang dan Kalisuci

CAVE_TUBING_AND_BODY_RAFTING._FOTO_BY_KALISUCI_CAVE-TUBING_RESORT

CAVE_TUBING_AND_BODY_RAFTING._FOTO_BY_KALISUCI_CAVE-TUBING_RESORT

Goa Jomblang sangat terkenal dengan fenomena spektakuler “cahaya surga” dan hutan purba bawah tanah. Tetapi untuk menyusuri kegelapan ini, Anda harus menuruni goa vertikal dengan seutas tali. Anda akan merasakan sensasi baru caving di perut bumi bersama pasangan.

Lanjutkan petualangan dengan cave tubing di Kalisuci, bermain air, mengapung dengan ban menyusuri sungai di jernih yang mengalir dalam goa karst, menuju kegelapan. Tak perlu khawatir, pemandu akan menemani perjalanan Anda.

  • Alamat: Desa Pacarejo, Semanu, Gunungkidul
  • Buka: Goa Jomblang 09.00-13.00 (kuota 25 orang per trip) tiket Rp 450.000 per orang,
  • Kalisuci:
  • Buka: pk.08.00-16.00
  • Harga tiket Rp70.000

Baca juga: Menelusuri Cahaya Surga di Goa Jomblang

Day 3: Pantai Siung, Timang, dan Krakal

ROCK_CLIMBING_PANTAI_SIUNG._FOTO_VIA_jogjadventuretrip.wordpress.com

ROCK_CLIMBING_PANTAI_SIUNG._FOTO_VIA_jogjadventuretrip.wordpress.com

Ini petualangan paling ekstrem di Gunung Kidul. Pantai Siung dipenuhi karang dengan 250 jalur rock climbing dari tingkat paling mudah hingga sulit yang bisa Anda coba bersama pasangan. Jika bernyali, coba juga hanging bivak, bermalam dengan bergelantungan bersama pasangan di tebing karang.

Tak jauh dari Siung, Anda bisa mencoba gondola tradisional berupa kotak kayu yang dikerek dengan sembilan tali yang menghubungkan Pantai Timang dan Pulau Watu Panjang. Rasakan sensasi bergantung di atas deburan ombak ketika Anda bergerak menyeberangi air laut. Gondola yang minim pengaman ini sebenarnya dipakai oleh nelayan untuk menangkap udang karang.

GONDOLA_PANTAI_TIMANG._FOTO_VIA_jogjadventuretrip.wordpress.com

GONDOLA_PANTAI_TIMANG._FOTO_VIA_jogjadventuretrip.wordpress.com

Ingin bermain ombak? Anda bisa mencoba surfing di Pantai Krakal. Ombaknya cukup bagus terutama musim kemarau, dengan tingkat kesulitan sedang hingga sulit. Sebaiknya Anda memiliki skill menaklukkan ombak minimal dengan level intermediate.

  • Alamat: Pantai Siung dan Timang, Desa Purwodadi, Tepus.
  • Pantai Krakal, Desa Ngestiharjo, Tanjungsari.
  • Buka: 24 jam.
  • Retribusi: Rp10.000 (bayar sekali untuk menikmati semua pantai di Gunung Kidul)

Baca juga: Beach Hopping, Menjelajahi Pantai-pantai Tersembunyi di Gunungkidul

Day 4: Parang Endog dan Parangkusumo

BUKIT-PARANG-ENDOG._FOTO_VIA_yukpiknik.com

BUKIT-PARANG-ENDOG._FOTO_VIA_yukpiknik.com

Mau bermain di udara? Datang ke Bukit Parang Endog. Anda bisa mencoba paralayang, terbang dari atas bukit oleh tiupan angin pantai yang memompa adrenalin. Nikmati pemandangan Pantai Parangtritis dari udara. Anda bisa terbang tandem dengan pemandu jika tidak mahir mengendalikan parasut di udara.

Di Pantai Parangtritis, coba juga balapan ATV melintasi gundukan pasir. Namun, lebih asyik jika berboncengan dengan pasangan sambil menatap mentari sore hari. Coba juga sandboarding bersaing dengan pasangan Anda di atas gumuk pasir Parangkusumo. Anda hanya perlu menuruni bukit pasir dengan papan seluncur menyerupai skateboard. Jika gagal, Anda akan terjerembab di gundukan pasir.

  • Alamat: Pantai Parangtritis dan Parangkusumo, Bantul.
  • Buka: 24 jam
  • Paralayang, pagi –sore, tarif Rp300.000
  • Tarif ATV: Rp50.000
  • Tarif sandboarding Rp 75.000


Day 5: Merapi Lava Tour

PAKET_SUNRISE_LAVA_TOUR._FOTO_VIA_lavatourmerapi.blogspot.com

PAKET_SUNRISE_LAVA_TOUR._FOTO_VIA_lavatourmerapi.blogspot.com

Setelah gua, tebing, pantai, dan air, sekarang giliran main ke gunung. Apalagi jika bukan Merapi. Tetapi, Anda tidak perlu hiking ke puncak, melainkan naik mobil Jeep Willys. Nikmati lava tour offroad berpetualang menyusuri jejak letusan merapi dan awan panas, melewati rumah mendiang juru kunci Merapi Mbah Maridjan, Kaligendol, dan Kaliadem.Jika Anda ingin private tour, tersedia pula paket romantic sunrise lava tour yang dimulai pukul 4.00 dari basecamp Kaliurang.

ROMANTIC_LAVATOUR._FOTO_VIA_lavatourmerapi.blogspot.com

ROMANTIC_LAVATOUR._FOTO_VIA_lavatourmerapi.blogspot.com

Sebagai penutup, akhiri petualangan Anda berdua dengan romantic dinner di Beukenhof Resto di Museum Ullen Sentalu, sembari mengenang keseruan selama di Jogja.

  • Alamat: Kaliurang, Sleman
  • Buka: pk.07.00-16.00
  • Tarif lava tour Rp450.000-650.000 per mobil tergantung paket (1 mobil 4 orang)
  • Jam buka Beukenhof: pk.11.00-17.30
 
 

RELATED ARTICLES