8 Tips untuk Para Job Seekers dari UGM Job Fair

 
 
 

Apakah Anda sempat mengunjungi 21st Career Day UGM di Jogja Expo Center, akhir Februari lalu? Atau sudah sempat melamar pekerjaan di awal tahun ini?

KONSLING_KARIR_DI_CAREER_DAYS._FOTO_VIA_ecc.ft.ugm.ac

KONSLING_KARIR_DI_CAREER_DAYS._FOTO_VIA_ecc.ft.ugm.ac

Bagi Anda yang belum sempat datang, jangan khawatir. Masih ada
kesempatan untuk mengunjungi job fair berikutnya. Cek secara rutin
informasinya di sini.

CAREER_DAYS._FOTO_VIA_ecc.ft.ugm.ac

CAREER_DAYS._FOTO_VIA_ecc.ft.ugm.ac

Jika enggan menunggu, Anda juga bisa langsung apply vacancy secara
online lewat website yang dikelola ECC UGM itu. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuat akun lebih dulu untuk bisa log in dan melamar posisi yang tersedia.

APPLICATION_FORM._FOTO_PIXABAYA

APPLICATION_FORM._FOTO_PIXABAYA

Career Day merupakan event gratis yang digelar untuk mempertemukan langsung antara perusahaan dengan pencari kerja. Job fair ke-21 ini diikuti oleh 57 perusahaan global dan nasional dan dibanjiri lebih dari 16 ribu orang dalam dua hari. Selalu penuh!

FOTO_PIXABAY

FOTO_PIXABAY

Anda bisa mencari informasi tentang posisi karier di perusahaan, job description, kualifikasi yang dibutuhkan, serta informasi salary yang ditawarkan di sini. Nah, kalau tertarik, Anda bisa melamarnya tanpa harus antre berdesakkan, karena semua perusahaan di sini membuka lowongannya secara online di website ECC.

FOTO_VIA_.ft.ugm.ac

FOTO_VIA_.ft.ugm.ac

Informasi jadwal tes juga tercantum di website sehingga Anda bisa menyiapkan diri jika dipanggil wawancara atau tes lainnya. Lengkapi dulu persyaratannya, lalu kirim lamaran via online. Mudah kan?

CAREER_DAYS_3._FOTO_VIA_ecc.ft.ugm.ac

CAREER_DAYS_3._FOTO_VIA_ecc.ft.ugm.ac

Tak hanya fresh graduate, beberapa perusahaan juga membuka lowongan untuk mereka yang sudah berpengalaman. Jadi jika Anda seorang pekerja mid-career yang ingin mencari tantangan baru, tak ada salahnya mengunjungi event ini. Di setiap job fair, ECC juga membuka layanan konseling karier dan konsultasi kesehatan gratis bagi jobseeker.

JOB_SEARCH._FOTO_PIXABAY

JOB_SEARCH._FOTO_PIXABAY

Apa itu ECC?

Sekadar informasi, ECC merupakan pusat pengembangan karier Fakultas Teknik UGM yang memberikan layanan berbasis online sejak 2007. Pada perkembangannya, lembaga ini juga membantu lulusan perguruan tinggi lain untuk mendapatkan pekerjaan, tak terbatas pada alumni UGM saja.

Tak hanya untuk sarjana teknik, jenis karier yang ditawarkan mencakup semua bidang di perusahaan energi, perbankan, otomotif, perkebunan, manufaktur, retail, consumer goods hingga farmasi. Layanan ECC juga beragam, dari job fairsoft-skill trainingcareer workshop, konseling, Friday Indepth, hingga English Club.

Tips untuk jobseeker
Melamar kerja itu gampang-gampang susah bagi fresh graduate. Meski demikian, tak sedikit pelamar yang melakukan kesalahan sepele yang berdampak pada kegagalan dalam proses rekrutmen.

Sri Muliati Abdullah, MA, Psi, Psikolog dan Senior Assessor ECC UGM, memberikan sejumlah tip tentang hal-hal kecil yang perlu diperhatikan saat melamar dan menjalani seleksi kerja.

Penuhi syarat administrasi. Seringkali, pelamar dicoret karena mengabaikan syarat administrasi yang dianggap sepele. “Kadang perusahaan menerima ribuan lamaran, jadi yang tidak memenuhi syarat sekecil apa pun akan dicoret tanpa toleransi,” ujar Sri Muliati.

Bahasa yang baik dan benar. Gunakan pilihan kata yang tepat dan susunan kalimat yang mudah dipahami dalam menulis CV. Hindari kesalahan ejaan dan kalimat yang membingungkan yang akan mengesankan Anda tidak profesional.

Ringkas dan padat. Sesuaikan format CV dengan posisi dan perusahaan yang Anda lamar, apakah gaya formal konvensional atau kreatif. Usahakan sepadat mungkin, tidak lebih dari tiga halaman. Tak semua harus dimasukkan, pilih informasi yang berguna untuk menunjukkan minat Anda terhadap posisi yang dilamar.

Pelajari tes tertulis. Pelajari dulu materi tes tertulis, apakah itu tes keilmuan dan wawasan, psikotes, maupun tes bahasa. Kerjakan secara detail sesuai instruksi perekrut. Jangan sepelekan tes ini, karena banyak pelamar gagal di tahap ini.

Siapkan fisik dan mental. Psikotes dan tes kesehatan dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental pelamar. Kondisi bad mood, lelah, mengantuk, marah, dan emosional bisa berujung pada hasil tes yang kurang memuaskan. Lebih baik jaga asupan gizi dan kebugaran sebelum menjalani tes ini.

Sopan dan formal saat wawancara. Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman tetapi tetap terkesan formal dan sopan sebagai cerminan sikap dan kepribadian Anda dalam bekerja. Jawablah pertanyaan dengan intonasi jelas dan bahasa yang formal. Hindari berbohong! Pewawancara akan tahu Anda tak jujur jika mendapati setiap jawaban yang tidak konsisten.

 
 

RELATED ARTICLES