Beach Hopping, Menjelajahi Pantai-pantai Tersembunyi di Gunungkidul

 
 
 

Sudah beberapa tahun ini, Jogja menjelma menjadi surga beach hopping. Lebih tepatnya di Gunungkidul, sebuah kabupaten yang berada di kidul atau selatan Jogja. Pantai-pantai berpasir putih itu berderet sambung-menyambung di sepanjang garis pantai selatan Jawa.

Setiap kelokan, turunan dan di balik bukit-bukit yang menjulang di sepanjang pantai selatan, kita akan bertemu dengan pantai-pantai indah yang tak terduga.

POK_TUNGGAL_1

POK_TUNGGAL_1

Keindahan pantai-pantai berpasir putih itu, seperti menghapus kesan mistis yang selama ini kerap dilekatkan di pantai selatan Jawa. Yang ada adalah, pantai-pantai yang tersembunyi di balik kerasnya karang itu justru menjadi tempat melepas pikiran dan melupakan segala beban kerja.

Baca juga: Menelusuri Cahaya Surga di Goa Jomblang

PANTAI_GREWENG_3

PANTAI_GREWENG_3

Sebenarnya, pantai-pantai yang masuk daftar beach hopping bisa menjadi panjang. Tapi daftar ini hanya memuat pantai-pantai yang relatif belum banyak dikunjungi orang. Karena itu, Pantai Indrayanti atau Pantai Sadranan tidak dimasukkan dalam daftar ini.

Pantai Wedi Ombo
Dikelilingi oleh gugusan karang yang berjajar rapi, kita akan menemukan laguna alami. Di sini kita bisa bersantai di dalam air laut dengan tenang sambil menunggu matahari terbenam. Dari pantai ini kita bisa menyusuri Pantai Greweng dan Sedahan.

Pantai Nglambor
Menjadi buruan para beach hopper karena di sini kita bisa snorkeling. Berendam di pantai dikelilingi ikan-ikan yang cantik. Pantai ini berada di dalam cekungan kecil, dan dilindungi oleh dua pulau karang yang salah satunya menyerupai kura-kura.

Pantai Drini
Pantai ini terbagi dua, ada yang menjadi tempat pelelangan ikan, dan satunya lagi pantai pasir putih yang indah. Pantai pasir putih yang memanjang, membuat mata kita dimanjakana.

Pantai Pok tunggal
Pohon Duras cantik yang menjomblo menjadi ikon pantai ini. Dari sinilah nama pantai ini berasal, pohon (pokok) tunggal. Dibanding pantai-pantai lainnya, Pok Tunggal mempunyai hamparan pasir putih yang luas yang akan memanjakan mata kita. Tebing-tebing yang menjulang di sekitar pantai ikut membentuk pemandangan yang indah.

Pantai jogan
Air terjun yang jatuh dari tebing yang berada persisi di pinggir pantai menjadikan pantai ini istimewa. Airnya mengalir dari balik bukit karst. Anda perlu ekstra hati-hati untuk bisa merasakan air terjun di pinggi pantai. Memadukan gemericik air yang terjun dan deburan ombak.

Pantai woh kudu
Garis pantainya kecil, hanya sebuah cekungan yang menjorok ke darat. Pantai ini lebih sering dijadikan sebagai tempat camping. Mendirikan tenda, menyalakan api unggun dan mendengar hempasan ombak memang menyenangkan di tempat ini.

Pantai Ngandong
Hamparan pasir putih akan memanjakan mata kita. Pantai berada di dalam cekungan, dengan ombak di bibir pantai yang tenang.

Pantai Sedahan
Pantai ini juga asyik buat camping. Berada di balik bukit, berpetualang meyusuri hutan, perbukitan, dan ladang, kita seolah menemukan potongan surga, hamparan pantai dengan pasir putih. Pantai ini baru bisa diakses dari Pantai Wediombo sejauh perjalanan 2 kilometer.

Pantai Greweng
Pantai ini seperti sebuah gerbang menuju ke lepas panati, setelah kita melewai lebatnya hutan dan ladang. Bentuknya kecil memanjang beranda di antara dua tebing yang tinggi menjulang.

Beberapa pantai ada yang berdekatan, terutama di Kecamatan Tepus, Gunungkidul, sebagian bisa dijangkau dengan mobil dan motor, tapi ada beberapa yang harus melalui perjalanan membelah hutan dan perbukitan karst. Dari Jogja, lama perjalanan 2 - 3 jam dengan mobil.

Jadi, apakah ada pantai yang terlewatkan? Sebutkan pantai-pantai favoritmu di comment section di bawah artikel ini.

LINK SUMBER:
sumber foto
Lookjogja.blogspot.co.id
Piknikasik.com
Jogjajalan.com

 
 

RELATED ARTICLES