Tren Food Truck di Yogyakarta

 
 
 

Tren kuliner on the road yang diaplikasikan melalui food truck mulai merambah sejumlah kota di Indonesia. Setelah Jakarta dan Bandung, kuliner mobile itu kini mulai populer di kalangan anak muda Yogyakarta. Di Kota Gudeg, food truck pertama kali hadir tahun 2015, antara lain dipelopori oleh Dapur Keliling.

Di tengah-tengah ramainya wisata kuliner Jogja yang menawarkan aneka penganan, food truck mampu menjadi alternatif dan pilihan. Hanya dalam waktu setahun, jumlah food truck sudah mencapai 20 penjaja. Mereka pun membentuk sebuah komunitas, Jogja Food Truck Community.

Tak sekadar menambah pilihan kuliner, food truck mampu memberikan kesan urban, menawarkan sensasi kuliner yang ada di kota-kota Amerika. Antre di depan mobil truk, menunggu makanan sedang dimasak sudah menjadi kebiasaan orang Barat. Kesibukan dan mobilitas yang tinggi, turut membentuk kultur food truck di negara-negara barat.

FOOD_TRUCK_1

FOOD_TRUCK_1

Sebenarnya, secara budaya, konsep berjualan ala food truck ini sudah lama ada di Indonesia. Kita pasti sudah sering menjumpai orang berjualan dengan mobil, tak hanya penganan, tapi juga sandang dan keperluan rumah tangga lainnya. Bahkan, makanan padang dan ramesan juga sudah dijajakan lewat mobil.

Tapi, food truck memang membawa ciri yang berbeda, tren ini tak sekadar menjajakan makanan. Karena itulah, Pemerintah Kota Yogyakarta menyediakan tempat khusus bagi komunitas food truck, Terminal Food Truck di XT Square di seltan kota Yogya. Diharapkan, ini akan menjadi destinasi kuliner baru di Yogya yang memberikan kesan modern dan disukai anak-anak muda.

Baca juga: Destinasi Kuliner Imlek di Jogja

Anggota komunitas food truck sudah beberapa kali menggelar event untuk mengenalkan konsep ini kepada publik. Menu-menu yang mereka sajikan juga beragam dan memadukan cita rasa luar negeri dan nusantara, ada pula yang khusus berjualan minuman. Tidak semuanya menggunakan truk, ada yang menggunakan mobil jenis MPV yang dimodifikasi.

Bagi anak muda, duduk-duduk sambil menyantap makanan di dekat foodtruck telah menjadi gaya hidup. Mereka kini mendapat pilihan alternatif untuk nongkrong. Dengan berpindah-pindah, food truck
menawarkan tempat nongkrong yang berbeda-beda. Ya mungkin berasa di salah satu distrik bisnis di Kota New York.

FOOD_TRUCK_2

FOOD_TRUCK_2

Food truck Station juga bisa ditemukan Komplek Ruko Gatic Square Jalan Perumnas, Depan Goebox Caffe dan Circle K, Depok, Sleman. Yogyakarta, sebuah pusat kuliner baru yang sedang tumbuh di Yogyakarta. Sejumlah gerai makanan juga telah mengembangkan bisnis mereka dengan food truck.
Mereka melayani untuk datang di event-event tertentu.

Visit these food truck!

  • Darling Food Truck

Must-try: Sego Geni Ayam dan Sapi yang menawarkan empat level kepedasan. Beragam salad dengan variasi rasa gurih, asin, segar, manis, asem dan pedas.

  • Chic Chop Food Truck

Must-try: Mie Sapi Lada Hitam, Nasi XO Seafood

  • Rosojowo Food Truck

Must-try: Nasi Pecel, Nasi Brongkos, Batagor

  • es90jogja

Must-try: Berbagai varian ice crushed

  • Waroeng Steak and Shake

Must-try: Beef Steak, Chicken Steak,

Foto: Dok.makankeliling.com, Dok.garassi.com

 
 

RELATED ARTICLES