Meramaikan Gaya Hidup Sehat di Pasar Organik

 
pasar-kamisan-maguwoharjo.jpg
 
 

Di tengah-tengah bermunculannya destinasi wisata kuliner baru di Yogyakarta, sekelompok orang menawarkan produk makanan organik. Mereka membentuk komunitas dari sedikit orang dan membangun pasar yang khusus menjual aneka penganan, sayur dan buah-buahan organik.

Mengapa disebut organik?

Sayur-mayur, buah-buahan dan berbagai penganan yang dijual berasal dari kebun yang tidak menggunakan pupuk kimia dan pestisida.

Meski masih melibatkan sedikit orang, mereka sudah bisa membentuk Pasar Organik. Layaknya sebuah pasar, di sinilah produsen, pedagang, dan konsumen bertemu, untuk menjual dan membeli produk-produk organik. Di sini pula Anda bisa bertemu dengan produsen yang menjual langsung penganan olahan mereka, atau pedagang yang menjual kembali berbagai sayuran dari kebun-kebun yang ada di Yogya dan sekitarnya. Tidak seperti pasar tradisional, pasar organik ini tidak buka setiap hari dan hanya buka di tempat tertentu. Dalam sepekan, pasar ini berpindah-pindah tempat setiap hariya.

Apa saja yang dijual di pasar organik?

Kita bisa menemukan berbagai produk, mulai dari buah-buahan dan sayuran organik seperti semangka, melon, sawi, bayam, selada, kacang pancang, kemangi, hingga daun yang sulit dicari seperti rukola, daun basil, daun mint, dan daun ginseng. Selain itu ada juga tempe dan tahu organik yang diolah dari kedelai produksi petani lokal.

Selain sayuran, ada juga nasi merah lengkap dengan sayur dan lauknya, kebab isi sayur, siomay, cilok, pizza, berbagai aneka roti yang diolah dari bahan organik, feta cheese, yogurt, selai mangga, hingga kombucha atau fermentasi teh.

PASAR_ORGANIK

PASAR_ORGANIK

Mampirlah ke sejumlah pasar organik berikut ini jika Anda tertarik:

  • Pasar Kemisan

Sesuai namanya, pasar ini diadakan setiap hari Kamis dan digelar di selatan Stadion Maguwoharjo, Sleman. Pasar ini menempati halaman depan sebuah rumah. Buka antara pukul 09.00 – 13.00 WIB

  • Pasar organik Milas Resto

Pasar ini diadakan setiap hari Rabu dan Sabtu. Menempati halaman Resto Milas yang berada di kawasan Prawirotaman. Milas selama ini terkenal menawarkan berbagai varian menu vegetarian. Pasar ini dibuka antara pukul 10.00 – 13.00 WIB.

  • Pasar organik Demangan

Pasar ini dibuka di halaman Rumah Makan Demangan di Jalan Demangan Baru.

Selain di pasar-pasar tersebut, ada pula sejumlah tempat makan yang menyajikan menu organik. Misalnya Letusee yang menyajikan berbagai menu salad. Semuanya dari sayur-sayuran oganik. Letusee saat ini menempati sebuah bangunan di Pusat Studi Lingkungan Universitas Sanata Dharma di dekat perempatan Gejayan Ring Road Utara.

Ada pula Bumi Langit, yang berada di Desa Giriloyo, Wukirsari Imogiri. Di sini tidak saja menjual aneka produk organik, tapi kita juga bisa melihat perkebunan organik dan pengolahannya. Kita bisa belajar dan praktik langsung seperti apa pengolahan produk-prouduk dari pertanian organik. Ada juga Kebun Roti yang menyajikan aneka roti dari bahan organik. Kedainya berada di pinggir Jalan Selokan Mataram.

Foto 1 (foto utama): fotojogja.com
Foto 2: eatymologist.com

 
 

RELATED ARTICLES