10 Tips Menjelajahi Tempat-tempat Makan di Jogja

 
 
 

Apalah arti wisata kuliner jika perut sudah terlanjur kenyang di pemberhentian pertama. Untuk memaksimalkan acara tur kuliner di Yogyakarta, beberapa tips berikut bisa jadi pegangan!

TIPS_1

TIPS_1

1. Tetapkan Tujuan

Ya, sebelum keluar hotel atau penginapan ada baiknya Anda dan keluarga merancang dan membayangkan ingin menikmati makanan apa. Kalau perlu, buat itinerary sederhana di ponsel Anda.

2. Riset Sederhana

Setelah menetapkan tujuan, sekarang cari tahu soal makanan yang akan Anda buru di Google. Ketik kata kuncinya, misal gudeg di jogja, atau bisa juga anda googling dulu: kuliner jogja.

3. Masuk ke Akun Twitter atau Instagram

Ketik: Kuliner jogja. Sebaiknya gunakan jogja ketimbang yogya, karena orang lebih familier dengan kata jogja.

4. Bertanya pada Kerabat yang Tinggal di Jogja

Ada baiknya tetap bertanya dengan kawan atau kerabat yang tinggal di Yogyakarta. Rekomendasinya kadang jauh lebih menarik dari informasi lainnya.

TIPS_3

TIPS_3

5. Tentukan Prioritas

Ada banyak pusat wisata kuliner di Jogja. Tentukan, Anda mau kemana, atau prioritaskan yang menurut Anda memang menyajikan berbagai kuliner yang lezat. Jangan terlalu ambisius mencicipi semuanya.

6. Tak Usah Khawatir Soal Harga

Hampir bisa dibilang harga rata-rata makanan di Jogja masih termasuk murah, bahkan untuk ukuran restoran yang cukup mewah sekalipun. Jangan membandingkan dengan harga makanan di kota-kota besar lainnya di Indonesia, karena harga makanan di Jogja memang bersahabat.

7. Bawalah Uang Tunai Secukupnya

Tidak semua warung makan punya alat EDC. Kalaupun punya, bisa saja sistemnya sedang off atau sedang dalam gangguan.

8. Selfie is a must!

Unggah foto makanan atau foto diri Anda yang sedang makan di media sosial dan sertakan sedikit ulasan. Ini akan membantu wisatawan yang lain untuk menemukan makanan enak.

9. Pork Alert

Bagi Anda yang muslim, berhati-hatilah karena ada sejumlah gerai makanan dan street food yang menyajikan menu makanan dari daging babi dan anjing. Tapi tak usah khawatir, mereka biasanya sudah memberikan kode di depan warung yakni B1 untuk anjing dan B2 untuk babi. Jika mendengar istilah tongseng jamu/sengsu, itu artinya tongseng dari daging anjing.

10. Sewa Mobil

Untuk berkeliling Kota Yogyakarta memang sebaiknya Anda menyewa mobil, atau kalau Anda jomblo bisa menyewa motor yang banyak tersedia di kota ini. Transportasi publik tak bisa diandalkan untuk menjelajahi berbagai tempat kuliner di Yogyakarta.

[KHUSUS MALIOBORO]

  • Para penjual makanan di lesehan Malioboro sudah menyertakan daftar harga. Jadi, lebih baik lihat dulu daftar harganya, baru bersila dan pesan makanan.
  • Jika sedang di lesehan Maliboro, jangan mudah terbujuk rayuan pedagang, ingat pembeli adalah raja, jadi lihat-lihat saja dulu menunya, atau Anda survei dulu mana yang menyajikan menu dan tempat yang nyaman untuk duduk lesehan.
  • Tetap waspada, jangan sampai dompet atau smartphone Anda raib dari dari kantong atau saku celana. Tapi, Jogja adalah Kota Berhati Nyaman, tetaplah jalan-jalan dan makan-makan dengan hati yang senang!

Baca juga: Wajah Baru Malioboro

Foto: Dok.Qraved.co, Dok. santapjogja.com, Dok.angkringanteras.com

 
 

RELATED ARTICLES