Destinasi Wisata Jogja Pilihan Travel Blogger Wimbo Prakoso

 
 
 

Ingin berlibur ke Jogja namun masih bingung mau ke mana? Wimbo Prakoso, travel and food blogger asal Jogja memberikan rekomendasi seputar destinasi menarik, makanan enak yang perlu dicoba, dan akomodasi yang keren di Kota Pelajar ini.

Jogja selalu menarik bagi Wimbo karena suasana kotanya yang nyaman dengan pilihan wisata yang beragam. Apalagi, banyak makanan enak dengan harga cukup murah untuk ukuran kota besar.

Instagramable by Nature

(FOTO: KALIBIRU & FOTO GOA PINDUL)

(FOTO: KALIBIRU & FOTO GOA PINDUL)

Tiga tempat wisata yang menurut Wimbo sedang hype di Jogja yaitu Kalibiru, Hutan Pinus Mangunan, dan Goa Pindul. Ketiga tempat ini menarik dikunjungi karena pemandangannya yang eksotis, dan menjadi incaran para pengguna Instagram.

Kalibiru terletak di Kulon Progo, tepatnya di barisan Pegunungan Menoreh, kurang lebih satu jam dari Kota Jogja. Di desa ini terdapat sebuah spot favorit berburu foto sunset dari sebuah pohon menjulang di tepi jurang. Pada bagian atasnya terpasang papan untuk duduk, yang bisa digunakan pasangan, untuk menikmati romantisme senjakala dengan panorama langit jingga di atas telaga yang dikelilingi oleh perbukitan hijau. Tetapi Anda harus bersabar untuk bisa berfoto di atas pohon karena antreannya cukup panjang.

Hutan Pinus Mangunan juga tak kalah cantiknya, apalagi lewat bidikan lensa. Lokasi yang sering dipakai untuk foto pre-wedding ini sebenarnya merupakan hutan pinus reboisasi yang terletak di Mangunan, Bantul, tak jauh dari makam raja-raja di Imogiri. Selain trekking, banyak wisatawan yang menghabiskan waktu di hutan ini dengan bersantai di atas hammock, berayun sembari membaca buku atau tiduran menikmati kesejukan udara.

Goa Pindul merupakan salah satu wisata petualangan cave tubing, menjelajah goa dengan menyusuri aliran sungai bawah tanah menggunakan ban karet. Goa Pindul paling terkenal di Gunungkidul karena lebih ramah untuk segala usia, berbeda dengan Kalisuci yang aliran dan lekuk sungainya lebih menantang. Saat musim libur, sungainya penuh dengan wisatawan yang mengapung.

History & Heritage

(FOTO: MUSEUM ULLEN SENTALU)

(FOTO: MUSEUM ULLEN SENTALU)

Wimbo merekomendasikan penyuka wisata sejarah untuk mengunjungi Museum Ullen Sentalu di Kaliurang, Sleman. Museum ini memiliki koleksi sejarah para perempuan dalam Dinasti Mataram, yaitu para permaisuri dan putri Keraton Solo dan Jogja. Selain desain museum yang unik, suasana museum sangat alami dengan pohon-pohon tinggi dan udara yang dingin karena terletak di kaki Gunung Merapi.

Food Choice

Yogyakarta punya segudang kuliner yang menggoda. Sebagai food blogger, Wimbo menyarankan Anda mencoba street food ala Jogja seperti Bakmi Pak Pele dan Gudeg Permata, restoran Roaster and Bear, dan Semeja Asian Kitchen.

WAFFLE_AT_GAIA_COSMO_HOTEL._FOTO_BY_INSTAGRAM__WIMBOPRAKOSO

WAFFLE_AT_GAIA_COSMO_HOTEL._FOTO_BY_INSTAGRAM__WIMBOPRAKOSO

Baca juga: Menu Breakfast Ala Minute di Semeja Asian Kitchen

Bakmi Pak Pele yang terkenal sebagai warung bakmi Jawa atau bakmi anglo yang enak. Menu yang paling direkomendasikan adalah Bakmi Nyemek alias bakmi dengan kuah kental. Lokasinya di Alun-alun Utara, tepatnya di timur Pagelaran Keraton Jogja. Sedangkan Gudeg Permata, warung lesehan di depan bekas gedung bioskop Permata, menjajakan nasi gudeg basah yang berbeda rasanya dengan gudeg kering Wijilan.

Untuk kuliner café and resto, Roaster and Bear memiliki menu pasta dan cake yang enak. Sementara itu, Semeja Asian Kitchen di GAIA Cosmo Hotel hadir dengan menu-menu Asia yang juga layak dicoba. Menu favorit Wimbo di Semeja adalah waffle yang renyah dengan aneka topping.

Where to Stay?

“Banyak teman-teman dari luar kota sering bertanya kepada saya perihal hotel di Jogja yang lucu, artinya bagus untuk foto-foto. Saya pikir GAIA Cosmo Hotel layak saya rekomendasikan,” kata Wimbo.

Wimbo menyarankan GAIA Cosmo Hotel, karena desain interior hotel ini sangat unik dan khas, belum ada duanya di Jogja. Banyak spot di hotel yang bisa menjadi obyek foto yang cantik untuk dipasang di Instagram.

Selain itu, yang menarik adalah bagian lobby hotel yang dirancang dengan gaya industrial menyatu dengan resto dan coffee lounge, sehingga tamu yang masuk hotel langsung bisa memesan makanan dan minuman. Lokasi hotel di Jalan Ipda Tut Harsono No 16 Muja Muju juga strategis dan mudah dijangkau.

Tertarik dengan berbagai destinasi pilihan Wimbo? Atau Anda sudah pernah mampir ke salah satu destinasi ini? Share pengalaman Anda lewat boks comment di bawah ini.

 
 

RELATED ARTICLES