Komunitas-Komunitas Anak Muda yang Menghidupi Jogja

 
 
 

Berbagai komunitas anak muda menghidupi dan menggerakkan energi kreativitas Kota Yogyakarta. Ada banyak sekali perkumpulan berdasarkan minat, hobi, dan kesukaan. Komunitas-komunitas itu menjadi tempat untuk mengasah ilmu dan keterampilan. Dari para pencinta yoyo hingga para kutu buku, ada komunitasnya. Ini dia di antaranya:

TAMAN_BUDAYA_1

TAMAN_BUDAYA_1

Komunitas Taman Remaja Taman Budaya Yogyakarta

Di komunitas ini, anak-anak muda Jogja bisa menyalurkan berbagai hobi mereka, tidak dibatasi dan diberi ruang untuk ekspresif, mulai melukis, teater, paduan suara, orkestra hingga tari.

Komunitas ini menjadi tempat bertemunya para remaja yang duduk di bangku SMP dan SMA se Yogyakarta. Seperti namanya, komunitas ini berbasis di Taman Budaya Yogyakarta, Jalan Sriwedari no.1, atau utara Taman Pintar.

Forum Lingkar Pena (FLP) Yogyakarta

Ini adalah komunitas khusus bagi pencinta dunia tulis-menulis. Untuk menjadi anggota komunitas ini, tidak perlu harus menjadi penulis, karena di sinilah para pelajar dan mahasiswa secara khusus dilatih untuk suka dan terlatih menulis. Tak perlu pula menyodorkan cerpen atau novel atau esai untuk bisa diterima di FLP. Yang penting tunjukkan, bahwa Anda memang berminat dan sungguh-sungguh ingin menulis.

Selain mengajak anggotanya untuk bisa menulis, FLP juga kerap menggelar lomba menulis dan resensi. Komunitas ini punya slogan yang cukup heroik: Menggapai Takwa dengan Tinta.

Bagi Anda yang berminat ikut, FLP membuka penerimaan anggota baru setiap 6 bulan sekali. Sekretariat FLP di Jalan Lempongsari Gang Sepat No. 41F, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Atau bisa colek di akun twitter @flpyogya.

KLUB_BUKU_2

KLUB_BUKU_2

Klub Buku Yogyakarta

Seperti terbaca dari namanya, ini adalah komunitas khusus bagian kalian pencinta buku. Apa pun buku yang kalian suka baca, bisa bergabung dengan klub buku ini. Anggotanya tak hanya berasal dari pelajar dan mahasiswa, sebab banyak juga yang sudah bekerja. Di Yogya, dengan banyaknya penerbitan buku dan toko buku, Anda bisa dengan mudah menemukan buku dengan tema yang disukai.

Klub Buku mempunyai aneka kegiatan, yang semuanya terkait dengan buku, seperti bedah buku, resensi bersama, pamer buku, hingga meet and greet. Untuk mencari tahu tentang komunitas para pencinta buku ini, bisa menengok di @KlubBuku_Yogya.

Yoyo Gank Jogjakarta (YOGJO)

Tak hanya para pencinta seni dan buku yang punya tempat di Yogyakarta, para pecinta permainan yoyo juga punya komunitas khusus, yakni YOGJO: Yoyo Gank Jogjakarta. Kalau Anda suka bermain yoyo, tak usah malu untuk bergabung dengan YOGJO.

Apalagi komunitas ini dibentuk dengan tujuan yang mulia, berbagi ilmu dan teknik agar semakin mahir bermain yoyo. Sekilas memang permainan yoyo terlihat sederhana, hanya menaikkan dan menurunkan yoyo tetap berputar. Mungkin dengan bergabung di YOGJO, Anda bisa lebih tahu hal-hal menarik lainnya dari permainan yoyo.

Baca juga: FKY, Spirit Berkesenian dari Kota Budaya

Komunitas ini banyak diisi oleh anak-anak SMP, SMA dan mahasiswa. Anda bisa menemui mereka di akun twitter @yoyogankjogja.

 
 

RELATED ARTICLES