Embung Nglanggeran, Keindahan Telaga di Kaki Gunung Purba

 
 
 

Embung Nglanggeran, adalah sepenggal keindahan di ketinggian Gunung Api Purba Nglanggeran di Gunungkidul, sebuah kawasan yang sudah ditetapkan sebagai Geopark Gunungsewu.

Ini adalah telaga buatan yang tak sekadar menjadi pemanis kawasan gunung karst yang keras dan kering di sepanjang Gunungkidul, tapi berfungsi sebagai sumber pengairan bagi perkebunan buah yang ada di bawahnya.

Di Jogja, sepertinya, semuanya bisa menjadi indah. Begitu pula dengan Embung Nglanggeran. Kita tak menyangka, bahwa danau buatan ini bisa menjelma menjadi keindahan, layaknya danau-danau yang terbentuk alami di deretan gunung di sepanjang Sabang hingga Merauke.

EMBUNG-NGLANGGERAN-DIY

EMBUNG-NGLANGGERAN-DIY

Datanglah ke Embung Nglanggeran, karena kolam besar di atas gunung ini mampu memberikan lanskap yang indah. Berdiri di pinggir embung, kita akan bisa menyaksikan pemandangan yang indah, langit yang biru, dan hamparan perbukitan yang hijau bersatu di garis horizon.

Di sisi yang lain, pemandangan yang tak kalah eloknya adalah gugusan batu-batu raksasa yang berderet tegak membentuk Gunung Api Purba Nglanggeran. Bebatuan yang tinggi menjulang itu seperti menjadi latar dari sebuah panggung yang memantul indah di air embung yang bergelombang kecil.

Sore hari adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke sini. Segala pemandangan tadi, akan mencapai puncak keindahannya bila kita saksikan menjelang senja, saat matahari akan tenggelam. Jingga sinar matahari berpadu dengan langit yang memberi kontras yang indah. Dan permukaan embung akan memantulkan sinar matahari ini. Selain menjelang senja, panorama Embung dan Gunung Api Purba Nglanggeran di pagi hari juga memancarkan pesonanya.

EMBUNG_3

EMBUNG_3

Saat perjalanan menuju embung, kita akan disuguhi hamparan pohon-pohon buah seperti durian dan kelengkeng. Kontur perbukitan di kawasan Kebun Buah Nglanggeran ini juga kerap digemari oleh para pencinta olahraga ekstrem sepeda gunung.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan bila ingin berkunjung ke Embung Nglanggeran:

Cuaca

Sekarang tidaklah sulit untuk memperoleh informasi soal cuaca. Akun @infoBMKG di Twitter cukup rajin memperbarui informasi soal cuaca, termasuk soal kondisi cuaca dalam 2 – 3 jam ke depan. Pastikan bahwa cuaca sedang bagus saat Anda datang ke sini.

Waktu

Aturlah waktu keberangkatan Anda dari hotel. Untuk memperoleh view angle yang pas saat tiba di di Embung Nglanggeran, sebaiknya Anda berangkat sekitar pukul 15.00 WIB dari pusat kota Jogja.

Kendaraan

Pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi prima, sebab jalan menuju embung cukup menanjak dan sedikit berkelok. Mendekati lokasi embung, batu-batu besar menjulang tinggi di pinggir jalan. Di sisi yang lain, ada jurang yang terjal, karena itu, tetaplah berhati-hati.

Tak perlu khawatir, kendati jalannya tidak begitu baik namun jalan tersebut satu arah. Artinya Anda tidak akan berhadapan dengan kendaraan di sepanjang jalan di Embung Nglanggeran. Pemerintah juga telah menyediakan area parkir yang cukup luas.

Rute

Rute perjalanan menuju ke sini adalah melalui Jalan Jogja –Wonosari. Anda tidak perlu khawatir, karena petunjuk menuju embung banyak terpasang di jalan. Atau, kalau ragu, tidak ada salahnya untuk berhenti sebentar, turun lalu bertanya sambil menyapa warga sekitar.

Cek fisik

Meski tak tinggi-tinggi amat, untuk menuju embung ini kita akan melewati beberapa anak tangga.

Fasilitas

Terdapat saung untuk beristirahat di pinggir embung, Anda bisa beristirahat sejenak, lalu foto-foto dan menikmati pemandangan di sekitar embung.

LINK SUMBER: lookjogja.blogspot.com, tipsjalan.com, gunungapipurba.com

 
 

RELATED ARTICLES