Epic Coffee, Hangout Seru di Sebuah Warehouse

 
 
 

Yogyakarta, wajah kota ini perlahan mulai berubah, dari yang tradisional menjadi urban dan modern. Berbagai pusat perbelanjaan baru berdiri, menawarkan gaya hidup kosmopolitan.

Kini semakin banyak pilihan untuk tempat hangout di Yogya. Tak hanya "nongkrong" di angkringan atau lesehan di kaki lima, kafe atau kedai kopi kini menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu apalagi coffee culture di Yogya semakin hype belakangan ini.

Bisa dibilang, sekarang ini, menemukan coffee shop di Kota Yogya semudah menemukan angkringan. Dari yang kecil, sederhana hingga yang menawarkan berbagi jenis kopi dari seluruh Indonesia, dari Kopi Gayo, Kopi Toraja, hingga Kopi Bajawa dari Flores.

Nah, jika ingin merasakan suasana kafe di Yogya, Epic Coffee, sepertinya harus masuk dalam daftar Anda. Kedai kopi ini sepertinya ingin menanggalkan kesan tradisionalitas yang begitu melekat pada image Yogya sebagai kota budaya. Bicara soal pemilihan nama "epic", sang owner,
Waskito Aji menjelaskan,“Cerita tentang kopi adalah sebuah epic, epos, great story, mulai dari ditanam, dirawat dan kemudian diolah lalu disajikan dalam secangkir gelas”.

Dari desainnya saja, kafe ini sudah memberikan citra yang sangat urban. Mengusung konsep industrial warehouse, bangunan kafe ini menawarkan tempat yang lapang dengan desain yang atraktif. Warehouse ini sebenarnya adalah showroom furniture. Meski berukuran luas, kafe ini tidak memaksakan diri untuk memenuhi ruangannya dengan kursi dan meja. Sehingga, pengunjung mendapat kesan yang luas dan sejuk.

Jendela kaca dengan rangka besi yang mendominasi mata, high ceiling,
tembok bata, dan lantai bersemen mencipta desain industrial ala
warehouse yang sedang hype, sedangkan penggunaan material kayu untuk
furnitur menambahkan sentuhan hangat pada tampilan desain. Segala
furnitur dan aksesori ruangnya pun dibuat sendiri dan dinamakan Epilog
Furniture.

Begitu masuk, mata kita juga akan tertuju ke papan berbentuk lingkara bertuliskan Let The Coffee Tell The Story. Di papan itu menceritakan perjalanan biji kopi, mulai dari kebun, hingga disajikan di cangkir atau gelas di atas meja.

Di area luar yang berada di samping taman, tersedia pula kursi-kursi yang nyaman. Pada malam hari, saat berada di sini, Anda akan mendapatkan suasana yang menyenangkan, dengan lampu yang temaram.

Kita bisa memesan nachos, churros dan berbagai menu lainnya, tapi karena ini kedai kopi, tentu sebaiknya anda memesan salah satu kopi single origin
dari berbagai pelosok Indonesia mulai Luwak Gayo, Pantan Musara Gayo, Mandheling Peaberry, Sindoro Sumbing Java, Baroko Enrekang, Wolowio Flores, dan Baliem Papua.

Jam Buka: pk. 09.00 – 24.00 WIB

Alamat:

Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 7,5 No. 29 Yogyakarta (dari Monumen Jogja Kembali (Monjali) terus ke utara, di kiri jalan)

Untuk menuju ke Epic Coffe dari GAIA Cosmo tidaklah sulit. Dari GAIA Cosmos ke utara arah Jalan Solo, di pertigaan UIN Sunan Kalijaga ke kiri lurus sampai ke perempatan Tugu. Dari sana belok ke kanan, melalui Jalan Monjali terus ke Jalan Palagan Tentara Pelajar. Epic Coffee berada di kiri jalan.

Foto: Dok. www.cikopi.com (foto 1-3)-(FOTO UTAMA: epic coffee 2), Dok. Epic coffee (Front Side 2 & Garden 2)

 
 

RELATED ARTICLES