Restoran Vegetarian Serba Jamur

 
 
 

Anda seorang vegetarian yang sedang mencari tempat makan di sekitar Yogyakarta? Jejamuran adalah salah satu resto yang layak dicoba. Sesuai namanya, resto ini menyajikan berbagai olahan jamur yang sehat dan lezat seperti jamur tiram, jamur merang, dan jamur kancing.

Resto ini bersih dan luas dengan bangunan menyerupai pendopo khas rumah adat Jawa. Setiap harinya, Jejamuran selalu ramai dengan pengunjung setempat maupun yang datang dari luar kota. Untungnya, meskipun antrean banyak, Anda akan dilayani dengan cepat. Seramai apa pun, pesanan di Jejamuran akan tiba di meja kurang dari 10 menit. Pengelola resto ini juga sangat memerhatikan kepuasan pelanggannya. Ada ruangan kaca luas di tengah rumah makan yang bertuliskan costumer service jika Anda butuh bantuan atau ingin komplain.

Sambil menunggu pesanan, Anda bisa melihat aneka jamur yang dipajang di dalam resto. Di belakang rumah makan juga terdapat lokasi budidaya jamur sebagai penyuplai bahan mentah yang bisa Anda kunjungi. Semuanya dikembangkan sendiri oleh Ratidjo HS, seorang petani jamur yang sudah membudidayakan tanaman itu hampir setengah abad lalu.

Cikal bakal Jejamuran hanya berupa sebuah lapak angkringan jamur yang dirintis tahun 2003. Ide awalnya sebenarnya hanya ingin memanfaatkan panen jamur yang melimpah. Sang istri yang jago memasak; Indaryati, coba membuat resep masakan rumahan berbahan utama jamur. Tak disangka banyak orang yang suka, sehingga Ratidjo memutuskan membuka rumah makan sejak 2009.

“Jejamuran punya harga makanan yang bersaing karena kami bisa memproduksi jamur sendiri. Bagi kami yang penting ada nilai tambah dari hasil panen dan pelanggan puas,” kata Ratidjo.

SATE._FOTO_JEJAMURAN

SATE._FOTO_JEJAMURAN

Jejamuran menyediakan sate jamur, tongseng jamur, rendang jamur, sup jamur, tomyam jamur, pepes jamur, jamur goreng tepung, jamur bakar, dan masakan jamur lainnya. Harganya pun cukup ramah bagi kantong, berkisar belasan ribu per porsi. Aneka jus buah segar juga tersedia sebagai teman menikmati jamur. Semua menu jamur di sini dijamin maknyus, terutama satai jamurnya yang benar-benar menggoyang lidah. Teksturnya mirip daging ayam, dengan siraman bumbu kacang, tetapi lebih lembut. Sate Jamur merupakan menu favorit resto ini.

LADA_HITAM._FOTO_JEJAMURAN

LADA_HITAM._FOTO_JEJAMURAN

Untuk spicy lovers, King Oyster Lada Hitam mungkin cukup menggoda, yaitu jamur king oyster goreng diguyur dengan saus lada hitam yang kental. Coba juga Semur Edan, jamur yang dibumbui semur yang pedasnya luar biasa atau pilihan lainnya, jamur bakar pedas. Tongseng Jamur juga tak kalah sedap. Potongan jamur pengganti daging kambing dimasak bersama bumbu tongseng dengan kuah kuning kental yang menggugah selera.

TONGSENG._FOTO_JEJAMURAN

TONGSENG._FOTO_JEJAMURAN

Menu segar lainnya adalah Sup Jamur dan Tom Yam Jamur. Yang ini lebih enak disantap saat masih panas, apalagi saat hujan. Ada juga pepes jamur yang lembut dan lezat. Resto ini juga menyediakan aneka keripik jamur yang dikemas sebagai oleh-oleh.

Selain rasanya enak, jamur hasil budidaya memiliki banyak kandungan bergizi, antara lain asam amino, mineral, dan vitamin. Jamur juga bermanfaat bagi kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, antimikroba, antiinflamasi, dan penghambat tumor.

Overall, Jejamuran adalah resto vegetarian yang sangat direkomendasikan bagi para pencinta kuliner dari segi rasa, harga, tempat, dan layanan.

Jam buka: Pk 9.00-21.00 (setiap hari)

Alamat:

Jalan Pramuka, Niron

Pandowoharjo, Kabupaten Sleman

Tel: (0274) 868170

Follow this!

Dari Kota Yogyakarta, Anda bisa menyusuri Jalan Magelang. Pada kilometer 11, setelah melewati Pemkab Sleman, Anda akan menjumpai simpang Beran. Belok kanan sekitar 800 meter dan Anda akan sampai di Jejamuran.

Baca jugaLezatnya Baceman Di Atas Hot Plate

 
 

RELATED ARTICLES