Wisata Kuliner di Sekitar Timoho

 
 
 

Ingin berwisata kuliner tetapi malas pergi jauh dari GAIA Cosmo Hotel – tempat Anda menginap? Jangan khawatir, ada beberapa pilihan tempat makan yang layak dicoba di sepanjang Jalan Ipda Tut Harsono, Timoho. Beberapa di antaranya hanya berjarak selemparan batu dari hotel.

Berikut ini tempat makan yang barangkali bisa jadi pilihan Anda.

SEMEJA Asian Kitchen

Tak perlu jauh-jauh, pilihan pertama adalah resto SEMEJA di Hotel GAIA. Meski termasuk baru, resto ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mencari tempat makan di sekitar Timoho. Tidak hanya beragam menu fusion dengan cita rasa Asia racikan chef hotel berbintang yang membuat resto ini layak masuk top list tempat-tempat makan enak di Jogja, tetapi juga suasana resto yang bersih dan nyaman, cocok untuk hang out, dan yang tak kalah penting adalah instagramable.

Beberapa ulasan pengunjung di tripadvisor.com menyebut selain kualitas rasa yang pas dengan lidah orang Asia, harga di SEMEJA juga cukup terjangkau. Beberapa menu Nusantara yang direkomendasikan antara lain gudeg, bakmi godog, nasi bakar, nasi liwet, dan nasi kemangi.

Baca juga: Lezatnya Baceman Di Atas Hot Plate

Harga: Rp10.000- Rp115.000

Alamat: Hotel GAIA, Jalan Ipda Tut Harsono No 16

Jam buka: pk.11.00- pk.22.00

Bale Timoho

Sesuai tagline “Guramenya Jogja”, resto seafood yang satu ini terkenal seantero Jogja dengan sajian ikan gurame. Ada 15 macam menu olahan gurame tersedia di sini, dari Gurame Bakar, Gurame Madu, Gurame Crispy, sampai Gurame Lombok Ijo.

Gurame bakar Bale Timoho dan Gurame Asam Manis adalah menu andalan resto ini. Rumah makan ini menggunakan ikan gurame segar untuk menghasilkan rasa daging ikan yang gurih dan kesat. Anda juga bisa memesan aneka menu udang, cumi, kepiting dan kerang.

Menu ikan gurame tersedia dalam ukuran medium dan besar, sehingga Bale Timoho lebih cocok untuk makan beramai-ramai bersama keluarga, kerabat, atau teman. Tempatnya juga cukup luas, dan Anda bisa memilih makan di Joglo, lesehan, atau gazebo.

Harga: Rp20.000-Rp90.000

Alamat: Jalan Ipda Tut Harsono No 58

Jam buka: pk.09.00-pk.22.00

NORWEGIAN_SALMON_ALA_ALIOVE_FUSION_DINING

NORWEGIAN_SALMON_ALA_ALIOVE_FUSION_DINING

Alive Fusion Dining

Alive Fusion Dining adalah resto yang menawarkan Asian and western food . Menu andalannya adalah premium steak dengan daging impor dan Roasted Boneless Chicken’ – ayam tanpa tulang yang dibumbui dan dipanggang dan disajikan bersama potato mash.

Resto ini lebih cocok untuk nongkrong berlama-lama bersama teman, ketimbang hanya sekadar menikmati menu. Konsep penataan resto tiga lantai ini cukup unik dengan gaya vintage country ala western dengan bar di lantai satu dan dua, serta roof top garden di lantai tiga.

Harga: Rp20.000-Rp150.000

Alamat: Jalan Timoho No 49 Baciro

Jam buka: pk.09.00- pk.00.00

BILIK_KAYU_HERITAGE._FOTO_BY_BILIKKAYURESTO

BILIK_KAYU_HERITAGE._FOTO_BY_BILIKKAYURESTO

Bilik Kayu Heritage

Resto yang baru buka pertengahan 2016 ini berbentuk rumah Joglo asli dari Kudus, berusia 200 tahun dan direka ulang sebagai rumah makan. Bangunannya berkonsep tradisional Jawa yang banyak menggunakan material kayu, dengan tambahan gazebo dan perahu kayu yang bisa digunakan untuk makan. Sesuai namanya, bagian dalam terdiri dari bilik jati, bilik akasia, dan bilik sonokeling.

Meski demikian, tak berarti semua menunya Jawa tulen. Justru resto ini lebih banyak menyajikan masakan seafood
berbahan ikan dari perairan laut dalam, seperti kerapu, baronang, kakap, dan bawal laut. Semua ikan segar dibeli langsung dari nelayan Situbondo. Menu andalannya adalah ikan kakatua, udang kipas, dan kerapu sambal dabu-dabu.

Harga: Rp6.000-Rp135.000

Alamat: Jalan Ipda Tut Harsono No 72

Jam buka: pk.08.30- pk.22.00

Cimoll Resto

Jika Anda penyuka masakan khas Sunda dengan sambal dan aneka lalapan mentahnya, mampirlah ke Cimoll Resto. Ada menu nasi liwet ayam kremes, bebek goreng, pepes ikan mas, empal, dan gurame. Menu favoritnya tentu saja nasi timbal dan mi kocok kikil sapi khas Bandung.

Konsep rumah makan ini memang tak seperti umumnya resto Sunda di Bumi Parahyangan dengan konsep saung-saung bambu dan kolam ikan. Tetapi, Cimoll resto ini cukup worth it dari segi rasa dan harga.

Harga: Rp10.000-Rp30.000

Alamat: Jalan Ipda Tut Harsono No 38

Jam buka: pk.09.00-pk.21.00

Kebelet Belut

Yang satu ini adalah rumah makan khusus masakan berbahan belut. Di jepang, belut unagi merupakan kuliner mahal karena kandungan gizinya, tetapi di Indonesia belum populer karena tak sedikit yang jijik melihat bentuknya yang menyerupai ular.

Menunya disajikan per paket, seperti belut bumbu rujak, belut teriyaki, belut sambal ijo, dan belut sambal bawang. Salah satu menu unggulan di sini adalah belut garang asem, yaitu daging belut yang dimasak dengan kuah santan encer dengan potongan bawang, cabe, dan tomat.

Harga: Rp10.000- Rp25.000

Alamat: Jalan Ipda Tut Harsono No 42

Jam buka: pk.10.00- pk.21.00

Foto: Dok.Bilik Kayu Resto, Dok. Bale Timoho, Dok. Alive Fusion Dining

 
 

RELATED ARTICLES