Tips Move On Paling Seru: Datang ke Festival Melupakan Mantan di Jogja

 
 
 

Masih jomblo di hari Valentine? Gagal melupakan masa lalumu? Atau kamu baru saja menjalin hubungan baru tetapi terus dihantui kenangan manis barisan para mantan? Let’s move on guys!

Mau tahu caranya menghapus perasaanmu? Datanglah ke Jogja dan buang semua kenangan yang selama ini mengganggumu di Festival Melupakan Mantan setiap 13 Februari, setiap tahunnya.

Festival unik yang digelar Kelompok Manggala Karya Ambuka Jagad (MKAJ) ini tidak merayakan Valentine dengan bunga dan cokelat, tetapi mengajak kamu untuk melupakan mantan.

TINGGALKAN_BARANG_MANTAN._FOTO_VIA_FESTIVALMELUPAKANMANTAN

TINGGALKAN_BARANG_MANTAN._FOTO_VIA_FESTIVALMELUPAKANMANTAN

Idenya sederhana. Dengan mengubur kenangan masa lalu, kamu akan segera lepas dari belenggu hati dan pikiran yang selama ini membuat kamu kurang produktif, kurang kreatif, dan tidak segera melangkah ke depan.

Banyak yang bisa kamu lakukan di festival itu. Salah satunya adalah mendonasikan barang-barang pemberian mantan yang selalu mengingatkanmu akan sosok dia. Tenang saja, barang-barang itu tak akan dibuang atau dibakar kok, tetapi akan disalurkan untuk orang yang membutuhkan.

Apa pun benda itu, bisa kamu sumbangkan di festival ini, entah itu boneka, baju, buku, jam tangan, sepatu, topi, atau bantal empuk yang selalu kamu pakai tidur. Yes, those are now useless relics!

SUMBANGKAN_MANTAN._FOTO_VIA_FESTIVALMELUPAKANMANTAN

SUMBANGKAN_MANTAN._FOTO_VIA_FESTIVALMELUPAKANMANTAN

Festival ini juga memfasilitasi kamu yang ingin berbagi cerita tentang masa lalumu yang hingga kini meninggalkan luka menganga di hati yang belum pulih. Tak selamanya mantan itu meninggalkan kenangan manis kan? Pasti ada di antara kalian yang masih sering sesenggukan di kamar karena ingat mantan yang mendua. Rasanya ingin membuang dia ke laut.

Jika kamu ingin mengekspresikan perasaanmu sekarang, tulis aja di memories wall. Coretanmu di atas kertas tentang kenangan dengan mantan akan ditempel di sini dan akan menjadi karya bersama yang dipajang selama festival.

Tidak hanya tulisan lho, kamu bisa juga buat gambar, lukisan, puisi, cerpen, ilustrasi, apa saja yang bisa kamu kerjakan untuk menggambarkan perasaanmu sekarang terkait masa lalumu, asal bukan foto sang mantan.

MANTAN_SEJARAH._FOTO_VIA_FESTIVALMELUPAKANMANTAN

MANTAN_SEJARAH._FOTO_VIA_FESTIVALMELUPAKANMANTAN

Tahun ini panitia tidak lagi memajang foto karena mendapat saran dari Forum Demokrasi Digital tentang potensi pelanggaran UU ITE terkait privasi di ruang publik dan internet. Mereka lalu mencari cara kreatif dengan mengganti konten dinding kenangan dengan coretan tangan.

Setelah mencurahkan perasaan dan membuang kenangan dengan mantan, kamu diharapkan segera bisa menatap masa depanmu. Sesuai tema festival ini ”Kesah, Nata Gatra Panguripan”, yang secara harfiah berarti pergi untuk menata baris kehidupan. Harapannya, setelah festival ini, kamu bisa segera menata hidup barumu.

TEMPAT_PARKIR_KENANGAN._FOTO_VIA_FESTIVALMELUPAKANMANTAN

TEMPAT_PARKIR_KENANGAN._FOTO_VIA_FESTIVALMELUPAKANMANTAN

Tetapi jika belum bisa move on, cobalah tips di bawah ini:

Unfollow media sosialnya

Kasus cinta yang berakhir dengan pertemanan tidak banyak. Jika kamu orang yang sulit melupakan seseorang, lebih baik unfollow akun media sosialnya. Jangan harap kamu bisa move on jika setiap hari disuguhi foto-fotonya di wall Facebook atau Instagram dan kicauannya yang baper di Twitter, apalagi jika dia pasang foto bersama kekasih barunya.
Nangis guling-guling kan?

Cari teman baru

Ketika putus dari mantan, carilah beberapa teman baru yang menyenangkan. Hindari dulu bertemu dengan temanmu sekaligus teman mantanmu. Sudah bisa ditebak obrolannya kan? Apalagi kalau bukan seputar mantanmu. Ajak teman-teman barumu ini untuk ngopi santai di tempat ngopi yang kece buat jadi background di Instagram.

Buat dirimu lebih sibuk di luar kerja atau kuliah

Tekuni hobimu yang positif, seperti olahraga dan seni, atau kamu bisa bergabung ke komunitas hobi-bisnis. Ini cara ampuh mengisi waktu yang sebelumnya biasa kamu habiskan bareng mantan. Malam minggu ke mana? Ajak temanmu main futsal atau ke gym, jauh lebih sehat daripada merenungi nasib di kamar.

Cari hiburan yang inspiratif

Cobalah membaca buku-buku kisah inspiratif, jangan menonton film roman atau mendengarkan musik yang mellow. Cari hiburan yang mood booster, memberi energi positif dan membuat pikiran optimistis.

Baca juga: Beach Hopping ke Pantai Tersembunyi Ini Bisa Jadi Mood Booster Ampuh

Gabung dengan kegiatan atau komunitas sosial

Sisihkan sedikit uang atau tenagamu untuk bantu mereka yang tak beruntung. Kamu akan sadar banyak orang yang jauh lebih menderita dari kamu. Mereka cacat, mengidap kanker, sakit menahun, dihimpit kemiskinan, tak punya rumah, yatim piatu, dan tak semujur kamu bisa kuliah dan pacaran. Percayalah, kisahmu bukan yang paling menyedihkan. So, bersyukurlah!

Ada yang pernah datang ke festival ini? Jika ada, coba share pengalamanmu dalam kolom comment di bawah ini.

 
 

RELATED ARTICLES