Kegilaan Anak Muda Jogja Membangun Startup

 
 
 

Kreativitas anak muda Jogja seolah tak pernah surut. Energi kaum mudanya untuk keluar dari zona nyaman selalu berlebih. Hidup di kota dengan tradisi yang masih cukup kuat, membuat mereka justru ingin keluar dari tradisi dan menawarkan sesuatu yang baru.

Spirit itu sepertinya berlaku pada hampir semua hal, mulai dari urusan politik, mahasiswa Yogya paling semangat turun ke jalan untuk berdemonstrasi, hingga urusan musik, sastra dan bahkan dalam urusan entrepreneurship.

JOGJA_DIGITAL_VALLEY

JOGJA_DIGITAL_VALLEY

Untuk urusan startup misalnya. Jogja Digital Valley sebuah inkubasi bisnis startup di Yogyakarta mencatat bahwa kota ini ternyata sudah memiliki sekitar 190 startup digital. Setiap tahun, katanya, ada 30 startup yang berdiri.

Karena itulah, Kementerian Komunikasi dan Informatika memilih Yogyakarta sebagai tempat penyelenggara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada pertengahan September ini.

Belasan founder startup di sejumlah kota besar di Indonesia berkumpul di Yogya. Kota ini dianggap mempunyai stok anak muda hebat yang berkualitas, ditambah dukungan jaringan internet, dan biaya operasional yang murah dibanding kota lain.

DOC: KRJOGJA

DOC: KRJOGJA

Meski sebagai generasi milenial yang tak bisa lepas dari gadget dan dekat dengan teknologi, anak-anak muda Yogya ini tetap menjaga rasa peduli kepada sesama. Kita liat saja beberapa startup yang mereka rancang berikut ini.

Pasienia

Aplikasi ini dikembangkan oleh empat mahasiswa UGM. Kerap kali pasien perlu curhat sesama pasien yang pernah atau sedang menderita penyakit yang sama. Nah, Pasienia membantu pasien dan keluarga untuk saling terhubung. Melalui aplikasi ini, mereka berbagi pengalaman, pengetahuan dan informasi.

IWAK

IWAK merupakan startup yang melakukan pemberdayaan budidaya ikan lele. Startup ini didirikan 5 mahasiswa UGM Yogyakarta ini menyediakan
platform yang menghubungkan investor dengan keluarga pembudidaya ikan. Sejak diluncurkan akhir tahun lalu, aplikasi ini sudah banyak diminati. Tercatat, sudah ada 279 Investor yang bergabung dengan 68 kolam telah terpasang.

Fitinline

Lewat aplikasi ini, kita bisa memesan seragam kepada vendor-vendor khusus pembuat pakaian. Aplikasi ini telah bekerja sama dengan ratusan vendor pakaian serta menyediakan berbagai macam bahan baku yang dibutuhkan untuk membuat pakaian.

Makandiantar

Startup ini awalnya memiliki restoran fisik dan memiliki jasa pemesanan makanan secara online. Belakangan, bisnis pemesanan online tumbuh lebih besar

Kulineran

Kulineran.com merupakan katalog yang memuat 105 Resto yang menawarkan 4106 menu makanan.

Ngomik

Ngomik adalah aplikasi penerbitan komik digital di mana pengguna dapat membaca, membeli, serta menerbitkan komik secara mandiri.

 
 

RELATED ARTICLES