GAIA Cosmo Hotel: Kombinasi Desain Modern-Stylish dan Inspirasi Tradisional

 
 
 

Seperti fashion, tren gaya pada desain ruang dan arsitektur juga terus berulang dan berevolusi namun tetap saja ada yang tak lekang oleh waktu seperti desain yang diaplikasikan di GAIA Cosmo Hotel. Nama GAIA sendiri diambil dari mitologi dewa-dewi Yunani, tepatnya Mother of Earth, disebut juga Dewi Alam atau Dewi Kehidupan. Karenanya, dengan mengambil nama GAIA Cosmo Hotel, kami mengadopsi nature and environment sebagai ide dasar dari desain hotel yang stylish dan fungsional – yang juga terinterpretasi dalam desain logo yang elegan. Sedangkan kata "Cosmo" diambil dari cosmopolitan yang identik dengan spirit modernitas dan gaya hidup urban.

Secara umum, GAIA dirancang untuk memberikan kenyamanan penuh bagi para tamu melalui desain, fasilitas, dan layanan hotel yang berkelas. Kami sengaja memadukan konsep modern dan tradisional yang mewakili karakter Yogyakarta sebagai kota kosmopolitan.

Berbeda dengan tempo dulu, Yogyakarta kini telah berubah menjadi vibrant city, dengan geliat masyarakat multietnis dan ragam budaya luar yang ikut memengaruhinya. Yogyakarta pun tumbuh menjadi barometer modern lifestyletourism, dan global society hub. Meski demikian, di balik modernitas masih ada wajah tradisional yang tetap menjadi identitas Yogyakarta sebagai jantung kebudayaan Jawa dan kemudian menginspirasi desain kami, seperti rumah Joglo, gamelan, dan batik.

Inspirasi lokal ini tertuang dalam sentuhan desain kontemporer yang semakin melengkapi identitas GAIA. Esensi dari sentuhan tradisional pun diambil untuk menciptakan kesan membumi semisal pada pola arsiran garis diagonal seperti pada dinding lobby diambil dari motif batik parang khas Yogyakarta. Meski tidak seutuhnya corak parang, tetapi pattern garis-garisnya sangat memengaruhi desain hotel. Dinding lobby cukup tinggi, sekitar enam meter, dirancang untuk menciptakan kesan luas dan lega. Berbeda dengan hotel pada umumnya yang rata-rata menggunakan elemen batu, kami menonjolkan kombinasi material batu, kayu, dan logam.

Pada bagian kamar, kami menekankan pada konsep peace and warm, untuk menciptakan atmosfer yang kalem dan ringan agar membuat tamu nyaman beristirahat dan merasa betah. Kayu pun dipilih sebagai material paling dominan untuk memberikan kesan natural yang kuat, termasuk untuk furnitur berdesain autentik dan functional. Sedangkan desain ceiling kamar yang berbentuk angular terinspirasi dari bentuk atap rumah Joglo.

Jika bagian kamar identik dengan serenity, desain luar justru menonjolkan kesan energetic and lively. Misalnya, menggunakan paduan material dari berbagai macam bahan dan tidak takut untuk membubuhkan sentuhan warna di tempat-tempat tertentu untuk menghindari kesan monoton yang membosankan. Sedangkan untuk dekorasi interior, kami menggunakan karya-karya seniman lokal Yogyakarta.

Untuk desain di area open kitchen, ada dua service counter units yg bentuknya terinpirasi dari gerobak makanan, inspirasi desain ini menunjukkan bahwa GAIA Cosmo Hotel menghargai nilai-nilai masa lampau dan membangun "nilai-nilai baru" untuk masa depan.

Bagian lobby dan resepsionis sengaja didesain tidak biasa. Pada umumnya resepsionis berada di depan atau menghadap langsung pintu utama, tetapi di hotel urban ini, yang terlihat dari pintu masuk adalah Semeja, restoran bercita rasa Asia yang memadukan masakan lokal dan internasional. Tamu akan disambut dengan harumnya kopi dari kafe dan coffee roaster kami - Inspira Roasters. Meja resepsionis pun ditempatkan pada posisi berada di samping. Desain ini dimaksudkan untuk memudahkan tamu hotel check-in dengan efisien tanpa perlu berdiri mengantre di depan meja resepsionis. Begitu datang, mereka bisa langsung menuju lounge dan dipersilakan duduk sejenak atau memesan minuman dari kafe. Resepsionis kami akan mendatangi tamu hotel dan membantu tamu express check-in tanpa perlu beranjak dari tempat duduk. Bagi calon pengunjung yang mobile dalam keseharian, sistem direct booking dapat mempermudah mereka saat hendak memesan kamar hotel.

Baca jugaCheck In Mudah dan Cepat di GAIA Cosmo

GAIA Cosmo Hotel hadir untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pleasure, termasuk family dan traveler, terutama generasi milenial. Sebagai business hotel, GAIA Cosmo Hotel juga dilengkapi dengan berbagai tipe meeting rooms ballroom, dan auditorium dengan desain modern. Juga terdapat kolam renang, lengkap dengan pool untuk anak dan Naicla skybar and lounge dengan pemandangan kota Yogyakarta.

 
 

RELATED ARTICLES