Demangan, Destinasi Belanja dan Kuliner Seru

 
 
 

Anda seorang fashion freak, penggemar indie brands, atau hobi belanja apparel? Yogyakarta punya destinasi baru yang layak dikunjungi, tepatnya di Jalan Cendrawasih, Demangan.

Perkembangan bisnis clothing di Yogyakarta telah ikut mengubah wajah jalan sepanjang 1 kilometer yang dulunya sepi ini menjadi ramai oleh deretan distribution outlet (distro), seperti Jalan Trunojoyo di Bandung. Pemiliknya adalah anak-anak muda kreatif yang mengembangkan brand lokal dan desain milik sendiri.

FOTO_VIA_http2.bp.blogspot.com

FOTO_VIA_http2.bp.blogspot.com

Di jalan ini, Anda cukup berpindah dari satu outlet ke outlet lain jika tidak menemukan produk fashion yang cocok. Karena, rumus umumnya, setiap distro tidak pernah menjual barang yang sama, apalagi produk massal.

Banyak pilihan outlet yang populer di antara anak-anak muda Yogyakarta, di antaranya Nimco, Starcross, Crowd, Sevensouls, Seephylliz, Troystore, Mailbox, dan lainnya. Produk yang mereka jual adalah brand sendiri dengan jumlah terbatas alias limited edition.

httpsclothingjogja.files.wordpress.com_

httpsclothingjogja.files.wordpress.com_

Ada juga distro yang menyediakan sejumlah clothing brand lokal, Nimco Royal Store salah satunya. Anda bisa menemukan sejumlah brand berbeda di sini, seperti Psychogenic, Aeroplane, Raze, Throve, Reckless, Lucky Freak, Naps, dan It’s Rain. Outlet ini menjual produk pakaian pria, denimT-shirt, dan jaket, dengan desain yang tidak pasaran. Ada juga Colour Boom yang berlokasi di Jalan Demangan Baru, ujung timur Jalan Cendrawasih yang juga menawarkan beberapa indie brand seperti Rockmen, Badger, dan Cosmic.

Jika Anda menginginkan produk fashion yang unik, mampirlah ke outlet Seephylliz Old Country Store. Brand asal Yogyakarta ini sudah terkenal di beberapa kota besar, seperti Bandung, Jakarta, Makassar, karena distribusinya sudah meluas ke beberapa daerah. Produk di sini berbeda karena menganut konsep “inside out” – jahitan/keliman di luar, sengaja dibuat terbalik – “unfinished and mess”. Desainnya beragam, mulai dari yang modern, sederhana dan elegan, corak warna-warni, hingga bergaya rebellious dan rock n roll. Desain anti-mainstream ini digemari anak-anak muda kekinian.

httpsclothingjogja.files.wordpress.com

httpsclothingjogja.files.wordpress.com

Seperti Seephylliz, Starcross juga merupakan brand dari Yogyakarta yang sudah berkembang dan mempunyai outlet di Jakarta dan Bandung. Konsep desain produknya adalah “Youth Gone Wild”, karena memang sebagian besar menyasar pasar anak muda perkotaan, meskipun juga menyediakan fashion untuk usia di atas 40 tahun. Distro ini sudah mulai meninggalkan konsep produksi terbatas, karena pelanggannya semakin banyak, dan produk yang dihasilkan khusus most-hunted item / diproduksi sesuai permintaan pasar.

Tak perlu beranjak jauh saat rasa lelah dan lapar menyerang, Anda bisa istirahat dan makan di sekitar Demangan yang dipenuhi jajaran resto yang sama populernya dengan distro.

Salah satu yang paling lama di Jalan Cendrawasih adalah Waroeng Steak and Shake, gerai waralaba steak lokal asal Kota Pelajar yang sudah merambah di berbagai kota. Menunya seputar steak ala Indonesia.

KNOCK_COFFEE._FOTO_VIA_makanjogja.com

KNOCK_COFFEE._FOTO_VIA_makanjogja.com

Anda ingin memilih beragam jenis kuliner di satu tempat? Foodiest tempatnya. Ini semacam foodcourt dengan sajian makanan tradisional populer, seperti gudeg, batagor, nasi goreng, soto, dan sate. Tetapi, Anda harus lebih dulu membeli Kartu Foodiest dan mengisinya dengan nominal uang ,yang akan digunakan untuk transaksi pembayaran makanan.

Masih di ruas jalan yang sama, ada Kedai Bandungan, tempat nongkrong anak-anak muda malam hari. Sesuai namanya, kedai ini menyediakan jajanan khas Kota Kembang, seperti seblak, colenak, bandrek, dan bajigur.

Jika menyukai daging ayam dan bebek, Anda bisa merapat ke Alembana. Resto ini menyediakan tempat yang nyaman dengan makanan enak. Menu utamanya tentu saja ayam dan bebek goreng atau bakar. Tak jauh dari situ ada Calzone Express. Anda bisa menikmati aneka calzone – semacam pizza yang yang ditutup menyerupai pastel.

CALZONE._FOTO_pixabay.com

CALZONE._FOTO_pixabay.com

Tetapi, jika mencari makanan Italia yang lengkap, Il Mondo adalah tempat yang tepat. Resto itu menyajikan aneka kuliner seperti di negeri aslinya, terutama pizza dan aneka pasta. Lokasinya di Jalan Garuda, masih di Demangan. Bagi penyuka kuliner pedas dan bersantan, ada resto Bungong Jeumpa di Jalan Demangan Baru yang menyajikan kuliner khas Aceh yang patut dicoba. Anda bisa memesan kuliner Serambi Mekah yang paling populer yaitu Mie Aceh, selain roti cane, dan kopi Aceh. Yang pasti, mampir ke Demangan membuat perut kenyang dan hati senang!

Baca jugaWajah Baru Malioboro

Foto: Dok. berbagai sumber, dok.makanjogja.com

 
 

RELATED ARTICLES